02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

International Career Day (ICD); Guide to be a Global Minded Professional Youth

Surabaya, KabarGress.Com – Akhir tahun 2014, AIESEC International bekerja sama dengan United Nations (UN) menyelenggarakan sebuah survey online global dengan sasaran anak-anak muda di seluruh dunia. Survey ini dinamakan Youth Survey. Youth Survey bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan keadaan anak-anak muda di seluruh dunia terkait dengan jiwa kepemimpinan dan pandangan tentang masa depan mereka. Setelah kurang lebih satu bulan pelaksanaan, salah satu hasil dari Youth Survey adalah masih kurangnya bimbingan karir yang bisa membantu anak-anak muda untuk memilih karir di masa depannya.

Anak muda mengalami “lack of direction” dan tidak punya gambaran akan karir dan masa depan mereka. Anak muda cenderung mengikuti tren ataupun pengaruh luar tentang hal-hal apa yang harus dipilih dan tidak dipilih tanpa mengetahui apa sebenarnya potensi dan bakat yang ada dalam dirinya.

Dari fakta tersebut AIESEC Surabaya sebagai organisasi kepemudaan yang fokus pada kepemimpinan dan pengembangan diri ingin membuka wawasan pemuda tentang “fenomena” tersebut. Oleh karena itu, pada 7 Maret 2015, bertempat di Gedung Robotika ITS Surabaya, pukul 07.30-15.30 WIB, GIP Fair AIESEC Surabaya akan mengadakan acara bertajuk International Career Day (ICD) dimana acara talkshow tersebut bertujuan untuk membuka wawasan anak-anak muda Surabaya tentang opportunities yang bisa diambil untuk jenjang karir mereka. Talkshow ini akan menghadirkan para eksekutif dan kepala divisi dari berbagai perusahaan nasional di Indonesia serta peluang pemuda serta masyarakat Indonesia untuk memasuki dunia kerja di luar negeri mengingat pada tahun 2015 ini Indonesia telah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN atau Economic ASEAN Community (EAC).

Para pembicara yang akan mengisi acara talkshow International Career Day (ICD) adalah para pekerja profesional yang telah lama berkecimpung dalam dunia kerja dan berpengalaman dalam bidangnya serta para pemuda hebat yang telah berkecimpung dalam dunia Internasional. Adapun para pembicara tersebut adalah sebagai berikut :

Para Professional :

1. Faiq Bawal, Technical Director LNG Plant Project PT. Medco Energi

2. Alhamkam Hamnisur, East Indonesia Commercial Director PT. Schneider Indonesia

3. Hartono, Senior Manager of Quality Management PT. Garuda Indonesia Para Pemuda :

1. Daphne Bruyere, National Director Outgoing Exchange Corporate AIESEC in Indonesia 2. Triputri Syarifah, Project Engineer ExxonMobil Cepu Ltd. (nama ExxonMobil tidak boleh dipublikasikan secara cetak, kalo mau dipublikasikan secara cetak ditulis “Triputri Syarifah, Project Engineer Multinational Oil and Gas Company)

3. Merry Elizabeth HiLo Youth Ambassador.

International Career Day (ICD) adalah serangkaian event yang diadakan sehubungan dengan adanya program Global Internship Program (GIP) AIESEC Surabaya dimana AIESEC Surabaya memberikan kesempatan bagi para mahasiswa yang ingin magang ke luar negeri dengan harapan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tentang dunia kerja di luar negeri sehingga dapat meningkatkan kemampuan, ketrampilan, dan profesionalisme para mahasiswa setelah melakukan magang di luar negeri.

Sebelumnya AIESEC Surabaya juga telah mengadakan “Professional Youth Competition” dimana merupakan sebuah kompetisi bagi mahasiswa S1 mulai dari semester 5 ke atas, S2, S3 dan fresh graduate dengan usia kelulusan maksimal 2 tahun untuk dapat melakukan magang (internship) di salah satu perusahaan luar negeri. Professional Youth Competition (PYC) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan AIESEC Surabaya dengan tema tahun ini adalah “Achieving your Successful Career”.

Professional Youth Competition (PYC) telah mengadakan serangkaian seleksi hingga nantinya didapatkan satu orang peserta yang akan diberangkatkan untuk magang atau intership dengan mendapatkan fasilitas pembebasan biaya administrasi sebesar 3,5 juta rupiah dan biaya hidup di tempat magang tersebut sesuai kurun waktu yang telah disepakati.

Proses seleksi dilakukan melalui empat tahap yaitu pada seleksi awal berupa seleksi administrasi bagi peserta yang telah mendaftar secara online dalam rentang waktu 15 Desember 2014 – 23 Januari 2015, kemudian dilanjutkan dengan penyaringan peserta menjadi 40 besar untuk mengikuti sesi interview dan Focus Group Discussion (FGD). Pada proses interview telah dilakukan pada tanggal 30 Januari 2015 – 1 Februari 2015 dan seleksi Focus Group Discussion (FGD) pada tanggal 7 Februari 2015. Kemudian peserta akan disaring menjadi 5 besar finalis yang nantinya akan mengikuti seleksi Video Campaign, dimana para finalis diberi tugas untuk mempromosikan dirinya melalui video yang diunggah ke website video sharing youtube yang telah dibuat oleh panitia. Sistem penilaian video yang mendapat dukungan terbanyaklah yang layak mendapatkan.tiket internship ke luar negeri dan pengumuman pemenang Professional Youth Competition (PYC) akan dilakukan bersamaan dengan acara AIESEC Surabaya selanjutnya yakni International Career Day (ICD) pada 7 Maret 2015.

Acara Professional Youth Competition (PYC) ini telah banyak menarik minat dan mendapatkan respon positif dari para mahasiswa di Surabaya dan sekitarnya. Acara ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk melakukan magang kerja di luar negeri dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tentang dunia kerja di luar negeri sehingga dapat meningkatkan kemampuan, ketrampilan, dan profesionalisme para mahasiswa setelah melakukan magang di luar negeri.

Talkshow ICD ini akan mengerucut kepada satu kesimpulan tentang pentingnya bimbingan karir untuk membimbing anak-anak muda dalam menentukan karir. Selain itu, kesempatan-kesempatan untuk mengembangkan diri secara professional maupun personal haruslah disebarluaskan agar tidak ada lagi anak muda di Surabaya khususnya yang akan mengalami “lack of direction”. Seperti salah satu program focus AIESEC yakni International Internship Program. International Internship Program (IIP) atau yang dulunya dikenal dengan sebutan Global Internship Program (GIP) adalah program magang kerja secara professional di perusahaan internasional di luar negeri selama 6-12 bulan. Perusahaan internasional ini telah berkerjasama dengan AIESEC di seluruh dunia dan membuat komitmen untuk menyediakan kesempatan bagi anak-anak muda untuk merasakan atmosfir bekerja di luar negeri dengan tujuan untuk meningkatkan global mindset serta entrepreneurial outlook dalam diri anak-anak muda di seluruh dunia termasuk Indonesia.

International Career Day 2015 merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Tentunya AIESEC Surabaya berharap agar acara ini memberikan dampak positif dan viral untuk seluruh lapisan anak-anak muda Surabaya. (ro)