ABB Berikan Pelatihan Kelistrikan di Universitas Kristen Petra Surabaya

Surabaya, KabarGress.Com – Sebagai bentuk pelaksanaan tangung jawab sosial perusahaan, khususnya di bidang pengembangan sumber daya manusia ABB melaksanakan pelatihan materi kelistrikan bagi mahasiswa Program Studi Teknik Elektro di Universitas Kristen Petra Surabaya. Dalam pelatihan ini, ABB memberikan pembelajaran mengenai produk kelistrikan bertegangan rendah dan pelatihan sistem perangkat lunak Doc Cat secara menyeluruh.

“Pelatihan ini merupakan bagian dari program campus roadshow yang dilakukan ABB sejak 2014 yang sebelumnya telah dilakukan di Universitas Trisakti, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Diponegoro”, ungkap Manpalagupta Sitorus Country Communications Manager ABB di Indonesia.

Di 2015, BB Indonesia kembali melaksanakan program ini di beberapa kampus antara lain Insititut Teknologi Sepuluh Nopember dan Univeristas Kristen Petra, Surabaya.

“Kami menyambut positif inisiatif ABB ini, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar langsung dari para insinyur ABB, yang akan berguna dalam menjembatani teori yang mahasiswa dapat di universitas dengan dunia kerja nyata yang menanti mereka”, ungkap Murtiyanto Santoso, Ka-Prodi Teknik Elektro Univeristas Kristen Petra, Surabaya.

Pelatihan yang diberikan ABB meliputi pelatihan tentang sistem perangkat lunak doc cat adalah sistem kalkulasi yang berfungsi untuk membuat desain single line diagram hingga anggaran pembuatan panel listrik pada hari hari ini Kamis, 5 Februari 2015 mulai pukul 14.00 WIB di Ruang Konferensi IV, gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra. Doc Cat biasa digunakan oleh para konsultan dan insinyur untuk mendukung proses kerja mereka.

Selain itu, Doc Cat juga berguna untuk membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir yang berhubungan dengan perhitungan panel dan single line diagram. Komitmen ABB terhadap pengembangan pengembangan sumber daya manusia tidak hanya ditunjukan melalui inisiatif-inisiatif knowledge sharing seperti pelatihan dan kuliah umum. “Di ABB, kami percaya bahwa pendidikan adalah salah satu aspek dasar dari sebuah masyarakat yang maju dan pilar utama dalam membangun masa depan bangsa,” terang Manpalagupta.

ABB telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa Program Studi Teknik Elektro di sejumlah perguruan tinggi rekanan ABB di Indonesia, Brazil, China, India, Mexico, Malaysia, Polandia, Turki dan Vietnam. ABB saat ini menjajaki kemungkinan kerja sama lanjutan dengan perguruan-perguruan tinggi tersebut. ABB adalah pemimpin di bidang teknologi energi dan otomatisasi, yang berperan dalam membantu industri dan utiliti dalam meningkatkan kinerja dan pada saat yang sama mengurangi dampak terhadap lingkungan. Saat ini ABB di Indonesia hadir di tiga belas lokasi termasuk dua buah pabrik, empat buah workshop untuk servis dan bermitra dengan sejumlah channel partner dan distributor yang tersebar di seluruh Indonesia. (ro)

Leave a Reply


*