19/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Kodim Bojonegoro Akhiri Program Latorsar

Navrad UTP Dim 08913Bojonegoro, KabarGress.com – Seperti kata pelatih dalam pembinaan latihan, bahwa apa yang diajarkan itu yang dilatihkan, dan apa yang dilatihkan itu yang diujikan. Kodim 0813 / Bojonegoro mengakhiri program latihan perorangan dasar ( Latorsar ) dengan pelaksanaan UTP Umum, yang diselenggarakan selama 3 hari sejak 24 hingga 26 Pebruari 2015 dan pelaksanaannya di pusatkan di Lapangan Tembak Kaliketek Desa Banjarsari Kec. Trucuk Kab. Bojonegoro, serta sesuai dengan  kalender latihan tahun 2015 yang menjadi dasar penyelenggaraannya.

Selama pelaksanaan Latorsar dengan materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan Senjata ringan, 5 Puan Ter, Binwanwil, Binkomsos , Ke Tatalaksanaan Binter dan lain – lain, yang berpedoman pada Buku Petunjuk Umum Prajurit ( BPUP ) dari tingkat kecakapan 1 s/d tingkat kecakapan 7 dimana semua tingkat kecakapan tersebut diperuntukkan bagi para Bintara dan Tamtama, dan BPUP tersebut merupakan buku petunjuk standarisasi yang dikeluarkan oleh Mabesad guna menjamin kesamaan penguasaan materi perorangan.

Kegiatan latihan ini diikuti oleh seluruh prajurit golongan Bintara dan Tamtama, sedangkan bertindak sebagai penguji materi adalah Para Perwira jajaran Kodim 0813 dengan materi UTP yang sudah disiapkan  Staf Operasi yang berpedoman pada Buku Petunjuk Penyelenggaraan UTP Umum. Guna menambah dan meningkatkan keterampilan prajurit satuan komando kewilayahan, maka materi UTP ditambahkan dengan berbagai persoalan yang sering terjadi diwilayah tugasnya, seperti antisipasi penanggulangan bencana, berbicara efektif dalam berpidato dan lain – lain keterampilan yang bersifat aplikatif sesuai tantangan tugas yang dihadapi satuan.

Kegiatan UTP.Umum dibuka oleh Komandan Kodim 0813 / Bojonegoro Letkol Arh Sjahrir Rijadi pada suatu upacara resmi, dalam sambutannya Dandim 0813 / Bojonegoro mengatakan, bahwa kegiatan latihan ini adalah merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata.

Tetapi UTP. Umum ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), sehingga hasil yang di capai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan.

Oleh karena itu, laksanakan kegiatan ini dengan sungguh – sungguh dengan mengerahkan segenap keterampilan dan kemampuan yang dimiliki, serta utamakan faktor keamanan personel dan materiil , sehingga kegiatan UTP Umum dapat merefleksikan motto  “ Prajurit Sejati, Profesional dan di Cintai Rakyat “, demikian dikatakan dengan tegas oleh  orang nomor satu di Kodim 0813 / Bojonegoro di akhir sambutannya. (hery)