15/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Clariant Akan Tampilkan Solusi Kelembaban untuk Permebelan pada IFEX 2015

· Produk Container Dri® II sebagai pengering kargo dirancang khusus untuk menyerap kelembaban dari udara selama pengiriman.

· Diproduksi secara lokal dengan konfigurasi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pasar mebel di Indonesia.

Singapura, KabarGress.Com – Clariant, perusahaan terkemuka dalam  bidang kimia khusus, akan menampilkan produk-produk pengering andalannya dan produk pengering kontainer yang diproduksi secara lokal yaitu Container Dri® II yang ditujukan khusus untuk pasar mebel di Indonesia selama berlangsungnya International Furniture Expo 2015 (IFEX 2015) yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 – 15 Maret 2015 di Jakarta International Expo, Indonesia.

Indonesia adalah eksportir mebel terbesar ke-13 di dunia dan terbesar ke-4 di Asia dan oleh karena itu produk-produk yang dibuat di Indonesia semakin populer di luar negeri. Di pasar  permebelan, Indonesia diberkahi dengan banyak sumber daya alam yang menyediakan pasokan bahan baku yang kuat, seperti kayu, bambu, rotan dan kayu jati. Dengan terbentang luasnya hutan tanaman, Indonesia mempunyai kapasitas untuk memenuhi kebutuhan bahan baku di sektor permebelan.

Dikarenakan ukuran dan berat barang, produk-produk mebel yang dibuat di Indonesia yang ditujukan untuk pasar luar negeri kemungkinan akan menempuh perjalanan jauh sampai berminggu-minggu lamanya. Saat pengiriman, kelembaban yang tidak dapat dikendalikan dan juga pengembunan dapat dengan mudah merusak kondisi fisik dan kualitas mebel. Jamur, korosi, pembusukan dan perubahan pada bentuk mebel hanya sebagian dari kerugian yang ditimbulkan oleh kelembaban selama pengiriman, baik dengan menggunakan kontainer, kereta api, kapal tongkang atau truk.

Portofolio produk Clariant Container Dri® II menawarkan varian pengering kontainer komprehensif yang memberikan perlindungan serba guna terhadap dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh kelembaban dan pengembunan selama transportasi antar-moda. Tersedia dalam berbagai bentuk kemasan, produk-produk industri terkemuka ini secara agresif dapat menyerap uap air hingga tiga kali bobot barang, dan dapat mengubah uap air tersebut menjadi gel kental yang tidak tumpah atau tidak menetes, mengurangi tingkat kelembaban relatif  hingga di bawah 40 persen.

Produk ini dapat mengurangi suhu titik embun yang menyebabkan “hujan kontainer”, menjaga kargo tetap aman dan kering sampai dengan 90 hari. Hal tersebut terutama sangat berguna saat dibutuhkan ruang luas untuk menghilangkan uap embun; tingkat kelembaban yang tinggi yang terjadi karena iklim, kondisi kargo atau penyimpanan; atau jika kontainer tidak ditutup dengan rapat sehingga udara luar masuk dan menimbulkan kelembapan.

“Kami telah memulai produksi jajaran produk Container Dri® II di fasilitas kami di Indonesia sejak tahun lalu. Hal ini memungkinkan pelanggan lokal kami di Indonesia memperoleh ketersediaan produk ini dengan segera dalam berbagai bentuk dan ukuran yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan performa produk terbaik di pasar. Mengingat pasar ekspor mebel di Indonesia terus berkembang, saya percaya bahwa permintaan akan produk-produk pengering kontainer kami akan terus berdatangan” demikian disampaikan Mengwhee Toh, Head of Sales untuk Clariant CPD Asia, BL Adsorbents, BU Functional Minerals.

IFEX 2015 adalah pameran permebelan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 7000 pembeli internasional dari 110 negara diharapkan ikut berpartisipasi. Tim penjualan Clariant dan ahli-ahli teknis dari Unit Usaha (Business Unit) FM Cargo & Device Protection, SEA&P akan siap dan berada di stan yang berlokasi di #B-008C, Hall B Jakarta International Expo selama 4 hari pameran untuk memberikan penjelasan rinci kepada pengunjung yang ingin mengetahui produk-produk Clariant. (ro)