02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Legenda Gunung Bromo Dibuat Motion Comic

Legenda Gunung BromoSurabaya, KabarGress.Com – Rudhi Soegiarto mahasiswa Program Studi Multimedia Fakultas Teknik Universitas menuntaskan tugas akhir dengan membuat motion comic legenda Gunung Bromo Jaka Seger dan Rara Anteng. Karya Rudhi ini hanya bisa dinikmati pada android. Tugas akhir ini dipublikasikan pada Rabu (25/2/2015), di Seminar Room Gedung International Village Kampus Tenggilis Universitas Surabaya jalan Raya Kalirungkut Surabaya.

Penghargaan mengenai cerita rakyat asli Indonesia mulai pudar. Latar belakang ini yang membuat mahasiswa asal Probolinggo mengangkat kisah Legenda Gunung Bromo. Gunung Bromo adalah salah satu wisata gunung terbaik di Indonesia, terutama di Jawa Timur. Gunung yang dihuni oleh masyarakat Suku Tengger ini menyimpan banyak misteri baik dari segi sejarah dan ditambah dengan kehidupan masyarakat Tengger.

Menurut Rudhi, pengembangan media publikasi untuk cerita rakyat Gunung Bromo inipun tidak berkembang dengan baik. Selama ini hanya berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, buku cerita, dan film pendek.

Motion comic buatan Rudhi ini mengangkat kisah lahirnya Roro Anteng sampai bertemu Jaka Seger. Jaka Seger dan Rara Anteng menikah dan karena lama tidak dikaruniai anak, merek berdua berdia kepada Yang Kuasa untuk dikaruniai anak dan berjanji akan mempersembahkan salah satu keturunannya untuk Gunung Bromo. Anak ke 25 bernama Jaya Kusuma terlahir dengan sangat sempurna dibandingkan saudara lainnya. Namun Jaka Seger harus menepati janjinya dengan menyerahkan Jaya Kusuma kepada Yang Kuasa.

“Ingin berbuat sesuatu saja dengan apa yang saya punya. Kebetulan cerita rakyat ini sudah lama sekali tidak terdengar lagi apalagi usia kuliah begini hehehe. Jadi membangkitkan kecintaan kembali terhadap cerita nusantara yang tak kalah seru sengan komik luar negeri”, ungkap Rudhi.

Dalam pembuatan motion comic yang menghabiskan waktu 3 bulan pengerjaan, Rudhi menggunakan program Adobe Flash. Dengan menggunakan format .apk , pria kelahiran 1991 ini menggakui tidak semua android dapat mengakses comic motion buatannya. Adapun syarat android adalah RAM minimal 1 giga, prosesor 1,6 giga Hz, serta space memory 60 mega.

“Untuk sementara bisa di masukkan ke playstore atau android market supaya masyarakat bisa menikmati aplikasi ini. Besar harapan saya Rudhi melanjutkan cerita rakyat Indonesia lainnya supaya cerita asli ini tidak makin pudar”, ungkap Andre S.T., M.Sc. selaku pembimbing. (Ro)