26/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Wagub Optimis Pramuka Jatim Jadi Teladan Pramuka Indonesia

wagub jatim hadiri east java  scout challange 2015 di  grati pasuruan sabtu malam 21 pebruari (1)Pasuruan, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf optimis pramuka Jatim akan menjadi teladan bagi pramuka di Indonesia. Ini karena kegiatan pramuka di Jatim benar-benar digarap serius oleh pemerintah dengan menggandeng pihak swasta, salah satunya adalah kegiatan East Java Scouts Challenge 2015. Hal itu disampaikan Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim saat membuka East Java Scouts Challenge 2015 Kwartir Cabang Pramuka Kab. Pasuruan di Pusat Latihan Tempur Marinir Grati, Pasuruan. Sabtu (21/2) malam.

Pria yang juga menjadi Ketua Kwarda Jatim itu mengungkapkan, melalui East Java Scouts Challenge 2015, pramuka di Jatim seolah dibangkitkan kembali melalui promosi yang menarik, kegiatan-kegiatannya juga dikemas secara variatif, modern, dan menghibur. Sehingga meninggalkan kesan bahwa pramuka adalah kegiatan ndeso.

“Kita buktikan bahwa pramuka bukan lagi kegiatan yang ndeso, hanya belajar tali-menali atau baris-berbaris. Pramuka juga bisa lebih modern, menarik, dan menghibur. Karena itu, ikutilah kegiatan ini dengan baik, kita tunjukkan bahwa pramuka Jatim bisa menjadi teladan bagi pramuka Indonesia” katanya.

Gus Ipul menambahkan, pramuka mengajarkan dan membentuk generasi muda menjadi seseorang yang berkarakter, pintar, berakhlak, tangguh, sekaligus terampil. Generasi itulah yang dibutuhkan bangsa ini di masa depan. “Bukan tidak mungkin, diantara anak-anak yang hadiri disini, akan ada yang menjadi Wakil Gubernur, Gubernur, bahkan Presiden Indonesia di masa depan” tuturnya.

Masih menurut Gus Ipul, East Java Scouts Challenge 2015 diikuti sebanyak 200 ribu peserta dari 38 kabupaten/kota se-Jatim, dimana masing-masing kabupaten/kota diikuti sebanyak 2.000 peserta. Dari 2.000 peserta tersebut, hanya dipilih 6 regu terbaik dari perwakilan kab/kota yang akan memasuki babak final. Di final nanti, akan dipilih 2 regu terbaik (putra dan putri) sebagai pemenang yang akan diberangkatkan ke Amerika untuk mengikuti jambore pramuka internasional.

“Terima kasih kepada PT. DBL Indonesia yang bekerjasama dengan pemerintah untuk menyelenggarakan acara ini. Semoga pramuka Jawa Timur semakin maju dan bisa menjadi percontohan bagi pramuka Indonesia” ujarnya.

Senada dengan Gus Ipul, Direktur Utama PT. Jawa Pos Koran, Azrul Ananda mengatakan, salah satu alasan pihaknya menyelenggarakan acara East Java Scouts Challenge 2015 adalah karena ingin membuat pramuka ngetrend kembali. “Dulu saya belum tuntas ikut pramuka, melalui acara ini, saya ingin adik-adik bisa menuntaskan pramuka” kata Kak Azrul, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, pihaknya mendukung penuh East Java Scouts Challenge 2015. “Kami juga siap apabila ditunjuk sebagai tuan rumah Final. Saya optimis, salah satu peserta finalnya adalah perwakilan dari Pasuruan” katanya. (hery)