31/05/2020

Jadikan yang Terdepan

Wagub Jatim: Segera Dibuka dan Dibangun Jalur Alternatif Batu – Lawang

Gus Ipul melambaikan tangan kepada peserta defile Aksioma  Mts se Jatim di GOR Brantas Kota BatuBatu, KabarGress.com – Wagub Jatim, Drs. Saifullah Yusuf berjanji secepatnya membuka jalan alternatif Batu – Lawang untuk memecah kemacetan yang ada di Kota Batu. Gus Ipul panggilan akrab Wagub Jatim Saifullah Yusuf ini memperkirakan pembangunan jalan alternatif Batu – Lawang dilakukan ketika pembangunan jalan Tol Malang – Pandaan sudah berjalan.

Pernyataan tersebut disampaikan Gus Ipul di depan para wartawan yang mewawancarai seusai acara pembukaan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) Tingkat MTs se Jawa Timur di Stadion Brantas Kota Batu, Sabtu (21/2) siang.

Gus Ipul mengatakan, selain pembangunan jalur alternatif Lawang – Batu, Pemprov. Jatim juga akan melebarkan jalur utama dari Malang menuju ke Batu yakni Jl Ir. Soekarno yang merupakan jalan provinsi. Karena Jl Ir. Soekarno jurusan Malang – Batu ini merupakan satu-satu jalan provinsi yang ada di Kota Wisata Batu ini.

Menurut Gus Ipul, jalan tol Pandaan – Malang ini sangat dinantikan masyarakat yang ada di sekitar wilayah Pasuruan dan Malang serta Batu. Sebab, dengan adanya sarana jalan tol diharapkan bisa membantu pertumbuhan perekonomian Malang Raya serta Pasuruan. Otomatis jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Batu dan sekitarnya akan membeludak bahkan naik secara signifikan.”

Menyadari hal tersebut, maka pemprov membuat program penyelamatan yakni untuk mengurai kemacetan yang akan terjadi selama pembangunan jalan tol Pandaan – Malang dengan membangun jalan alternatif sekaligus melebarkan jalan utama Malang – Batu.

Kemacetan yang terjadi saat ini masih bisa diatasi dengan pengaturan lalu lintas yang baik. Yaitu dengan memaksimalkan jalan tembus atau alternatif sehingga kemacetan masih dapat teratasi dan kelancaran jalan bisa terpenuhi. ”Pembangunan Tol yang menghubungkan Pandaan – Malang sepanjang 37,62 Km ini, ditargetkan pada kuartal pertama Tahun 2015 mulai,” tegas Gus Ipul.

Sebab, bila tol segera dibangun, tambahnya, maka jalan alternatif juga bisa secepatnya dibangun. Karena jalan alternatif diharapkan bisa menyesuaikan dengan jalan tol yang telah ada. “Seperti jalan tembus Batu – Lawang itu, secepatnya dibangun seiring dengan pembangunan tol, kata orang nomer dua di Jatim ini.

Dengan jalan tembus Batu – Lawang serta Lawang tembus Purwosari Kabupaten Pasuruan, maka akses menuju tempat wisata ke Kota Batu akan semakin dekat dan efisien.

Sementara itu, dalam pembukaan Aksioma, Gus Ipul merasa bangga menjadi alumni MTs, karena semakin hari MTs semakin maju, baik dan bertambah baik perkembangannya. Sebab hanya sekolah di Mts lah anak bisa belajar ilmu sekaligus iman serta keterampilan. Karena bila sekolah di sekolahan umum dapat dipastikan pelajarannya lebih banyak pada pelajaran umumnya dari pada keagamaan.

Padahal, kata Gus Ipul, untuk dapat meraih prestasi dalam kehidupan seseorang dibutuhkan tiga hal yang harus dikuasai atau dipunyai dan dipegang yaitu orang tersebut harus beriman, berilmu dan yang ketiga adalah orang tersebut mempunyai keterampilan atau skill. Dan alhamdulillah, ketiga masalah pokok atau tiga hal itu yang diajarkan di sekolah Madrasah.

Untuk itu, jangan malu atau minder sekolah di Madrasah karena dengan sekolah di MTs ini kalian bisa belajar sekaligus berprestasi. Karena sekolah di MTs, pelajaran Iptak dan Iptag tumbuh dan berkembang dengan seimbang, sehingga alumni Madrasah bisa dipastikan anak-anaknya sangat berpotensi dalam berprestasi.

Contohnya, dalam perhelatan dua tahunan seperti yang dilaksanakan kali ini, berbagai pertunjukan kesenian dan olahraga ditampilkan oleh para pelajar madrasah. Aksioma yang diselenggarakan selama empat hari yakni mulai 21 hingga 24 Pebruari 2015 ini diikuti 5.092 peserta yang terdiri dari 988 orang official dan 4.104 peserta untuk 11 cabang seni dan olahgara yang dipertandingkan. (hery)