24/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul Sebut Peserta IOX Gila

wagub jatim berpose dengan peserta offroad ekspedisi yang  juga mantan kapolri roemanhadiSurabaya, KabarGress.com – Wagub Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf menyebut peserta Indonesia Off-road Expedition (IOX) Adventure Club di ajang Indonesia Off-road Expedition-Java 2015 merupakan kumpulan orang gila. Hal tersebut disampaikannya saat menerima para peserta IOX – Java 2015 di depan Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan 110, Surabaya, Minggu (22/2).

Tentunya, ungkapan “gila” yang dimaksud Gus ipul sapaan akrab Wagub Jatim itu bukan gila dalam arti sesungguhnya, akan tetapi berat medan yang dilalui peserta IOX Java 2015 mulai dari Jakarta menuju Surabaya. “Medannya pasti sangat berat, hanya para profesional dan orang yang luar biasa yang bisa melaluinya. Makanya,peserta IOX Java 2015 itu kumpulan orang gila,” ujarnya dibarengi gelak tawanya.

Ia mengatakan, dengan adanya IOX Java 2015 selain mengenalkan olahraga off-road akan tetapi juga menunjukkan keagungan Tuhan dengan memberikan keindahan yang ada di alam Indonesia. Oleh sebab itu, jangan sampai keindahan seperti itu dirusak oleh tangan manusia. “ IOX Java 2015 turut serta mengenalkan potensi wisata yang ada di Indonesia, yang mana sebagian besar jalurnya adalah pegunungan dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan off-road, “ tuturnya.

Dengan adanya IOX Java 2015, menurutnya, menjadi sebuah inspirasi bagi masyarakat Jatim untuk lebih mencintai Indonesia. Salah satunya adalah dengan menjaga dan mempertahankan kondisi tanah air agar bisa dinikmati oleh anak cucu kelak.

IOX Java 2014 merupakan ajang keempat kalinya yang diselenggarakan oleh IOX Adventure Club. Pada tahun 2015, telah berlangsung pada tanggal 7 -22 Februari 2015. Titik start yang dilakukan akhir pekan lalu ini diikuti 350 peserta, di mana 280 orang dengan 95 kendaraan 4×4, 16 Dirt Bike, dan 18 Service Car dengan 39 crew. Akan tetapi dengan berbagai rintangan di jalan, hanya sekitar 96 kendaraan yang bisa sampai di titik finish tepatnya di Surabaya.

Event off-road ekspedisi terbesar di Indonesia ini berangkat melalui rute Jakarta – Karawang – Purwakarta – Subang – Kuningan – Cacaban – Pekalongan – Batang – Curug Sewu – Kendal – Semarang – Kedung Ombo – Randublatung – Bojonegoro – Gresik – Surabaya.

Mereka melakukan perjalanan selama 16 hari dan tentunya akan menguji fisik, mental, skill mengemudi, dan uji kendaraan.

Tempat yang disambangi adalah beberapa ikon kota, baik sejarah budaya dan perjuangan, mulai dari Monas, Tugu Muda, dan Tugu Pahlawan. Tidak cukup mengusung tema sejarah budaya dan perjuangan, IOX-JAVA 2015 ini akan melakukan kampanye potensi cagar budaya, flora dan fauna, sejarah, serta keunggulan potensi dari wilayah daerah yang dilewatinya. “IOX-JAVA kali ini akan mengusung pula tema pelestarian alam dengan melakukan penanaman pohon di silang Monas dan di Randublatung,” kata Ketua Panitia IOX Adventure Club, Sri Hascaryo.

Tak mau ketinggalan, ajang ini ternyata juga diikuti off-roader dari Vietnam, Thailand, Malaysia dan Belanda yang ikut ambil bagian dalam gelaran ini. (hery)