02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Wagub Harapkan Lulusan UNP Kediri Jadi Andalan di Era MEA

Didampingi Walikota Kediri, Gus Ipul Beri Selamat Kepada  Para Wisudawan-Wati Universitas Nusantara PGRI KediriKediri, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf menaruh harapan kepada lulusan Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri agar bisa menjadi andalan bangsa, khususnya Jatim dalam bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Agar bisa menjadi pemenang di MEA, bangsa ini, dan Jawa Timur pada khususnya sangat membutuhkan tenaga-tenaga yang terdidik, berkualitas, dan berkompeten seperti anda semua” kata Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim saat Dies Natalis ke-39 dan Wisuda ke-51 Sarjana Strata 1 dan Diploma 3 UNP Kediri, di kampus UNP Kediri, Rabu (18/2).

Gus Ipul optimis lulusan UNP Kediri dapat menjadi petarung handal sekaligus andalan Jatim di era MEA. Ini karena mereka telah sukses menempuh pendidikan yang mumpuni, baik tingkat Sarjana Strata 1 (S1) maupun Diploma 3 (D3) di kampus yang berkualitas dengan tenaga-tenaga pengajar yang berkompeten.

“Saya optimis anda bisa jadi pemenang. Sebab dari lulusan SMA sederajat, hanya 30 persen yang bisa meneruskan ke S1, dari 30 persen itu, hanya 70 persen saja yang bisa lulus S1. Jadi anda termasuk orang-orang yang hebat. Buatlah bangga bangsa ini” tuturnya.

Ia juga berpesan kepada para lulusan UNP Kediri agar bisa memanfaatkan dan mengimplementasikan dengan baik semua ilmu yang didapatkan di kampus kepada masyarakat. “Kini saatnya anda memberikan pengabdian kepada masyarakat dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat Kami semua menunggu kontribusi anda” ujarnya.

Masih menurut Gus Ipul, apa yang telah diraih oleh para lulusan UNP Kediri tidak terlepas dari peran orang tua. “Tanpa orang tua, anda, saya, dan kita semua tidak bisa sekolah, kuliah, dan berdiri disini dengan kebanggaan masing-masing. Karena itu, orang tua adalah pahlawan paling berjasa dalam hidup kita. Kini saatnya kita membalas budi mereka dengan menunjukkan prestasi dan pengabdian yang terbaik” tuturnya.

Senada dengan Gus Ipul, Rektor UNP Kediri, Dr. H. Samari, SE, MM berpesan kepada para lulusan UNP Kediri untuk tidak cepat berpuas diri. Pasalnya, masih banyak tantangan yang jauh lebih berat kedepan. Baik tantangan mencari pekerjaan, membuka lapangan usaha, dan lainnya.

“Kedepan, anda tidak hanya bersaing dengan lulusan PTN dan PTS dalam negeri saja, tetapi juga dari luar negeri. Ini karena kita sudah memasuki MEA. Jadi, jangan cepat puas dengan ilmu yang anda miliki, teruslah belajar dan memperluas kemampuan diri” pesannya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada wisuda ke-51 UNP Kediri meluluskan sebanyak  2.222 wisudawan-wisudawati dari 5 fakultas (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fak. Ekonomi, Fak. Teknik, Fak. Peternakan, Fak. Ilmu Kesehatan, dan Jurusan dan Vokasi). Prosesi wisuda sendiri terbagi dalam tiga hari yang dimulai pada senin (16/2) hingga rabu (18/2). (her)