19/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Danrem 084/BJ Buka RAT Primkop Kartika Bhaskara Jaya Tutup Buku Tahun 2014

Danrem 084-BJ Buka RAT Primkop Kartika Bhaskara Jaya Tutup Buku Tahun 2014Surabaya, KabarGress.com – Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad, membuka secara resmi Rapat Anggota Tahunan (RAT) Primer Koperasi (Primkop) Kartika Bhaskara Jaya di Aula Bhaskara Jaya, Selasa (17/2). RAT Primkop Kartika Bhaskara Jaya diikuti oleh 203 orang anggota yang terdiri dari perwira, bintara, tamtama dan PNS Korem 084/BJ.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah kota Surabaya Drs. Hadi Mulyono,MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Drs. Sutardini mengatakan bahwa RAT merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dan hal yang mutlkak harus dilaksanakan. RAT mempunyai arti strategis karena membahas Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Rencana Kerja serta Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi. Pertanggunjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja koperasi dapat diperbaiki dan lebih sempurna lagi. Pastikan Primkop Bhaskara Jaya dikelola secara baik dan profesional, dengan mengedepankan transparansi dan kejujuran serta didukung oleh sumber daya yang menguasai informasi dan teknologi, sehingga dapat berkembang baik dan mensejahterakan anggotanya.

Kemudian Ketua Dekopinda Surabaya yang diwakili Drs. Junaidi mengingatkan bahwa UU No.17 tahun 2012 tidak dipakai lagi karena tidak sesuai dengan prinsip-prinsip perkoperasian di Indonesia dan adanya gugatan UU tersebut di MK yang telah dikabulkan, artinya koperasi Indonesia kembali ke UU No.25 tahun 1992 di mana koperasi harus berazaskan kekeluargaan. Dalam UU No.25 tahun 1992 kekuasaan tertinggi terletak di Rapat Anggota untuk memilih pengurus dan pengawas, berarti secara hirarki kedudukan Pengurus dan Pengawas sejajar dalam struktur organisasi.

Sementara itu Ketua Puskop Kartika Bhirawa Anoraga Letkol Inf Tato Widodo dalam pesan yang dibacakan Kapten Inf Septaria mengharapkan adanya partisipasi dan peran serta peserta rapat untuk bisa memberikan sumbang saran dan pemikiran bagi kemajuan Primkop Kartika Bhaskara Jaya kedepan. Selaku Pembina Teknis berharap seluruh pengurus Primkop Kartika Bhaskara Jaya selalu mengoptimalkan segala potensi yang ada serta mengembangkan berbagai usaha yang diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan anggota. Hendaknya pengurus senantiasa meningkatkan kemampuan, adakan kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait. Maju mundurnya koperasi bukan hanya tanggungjawab pengurus tetapi tanggungjawab kita bersama. Laksanakan tugas pengawasan sebagai kontrol atau deteksi dini dan cegah dini untuk menghindari kesalahan maupun kerugian koperasi.

Selanjutnya Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad, sebelum membuka secara resmi Rapat Anggota Tahunan (RAT) berpesan agar pengurus koperasi hendaknya mau berupaya untuk meningkatkan usaha-usaha dengan melakukan kerja keras yang diikuti dengan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif serta jika diperlukan harus mampu bekerja sama dan bersinergi dengan badan usaha swasta lainnya. Seperti diketahui bersama bahwa persaingan di dunia usaha sangat ketat dan kompettif. Usaha bisnis retail yang begitu pesat dan tumbuh di masyarakat menjadi pesaing bagi perkembangan Primkop Kartika Bhaskara Jaya, oleh karena itu dibutuhkan ketangguhan, keuletan dan kegigihan serta kerja keras, kejujuran dan keterbukaan pengurus koperasi bersama-sama seluruh anggota dalam rangka memajukan koperasi.

Lebih jauh Danrem mengingatkan pentingnya peningkatan sumber daya manusia dalam mengelola manajemen koperasi, diantaranya hendaknya para pengurus bersedia taat azas, tidak ada penyelewengan, penyalahgunaan wewenang dan selalu berperilaku terbuka, efektif dan efisien (good and clean corporate), serta mau mengikuti pelatihan-pelatihan dan keterampilan-keterampilan wira usaha yang diselengggarakan baik oleh Puskop Kartika Bhirawa Anoraga, Dinas Koperasi maupun Dekopinda kota Surabaya.

Acara pokok terdiri dari : pembacaan Quorum Rapat sesuai persyaratan syahnya RAT, Tata Tertib Rapat, Hasil Keputusan Sidang RAPB tahun 2015, Laporan Pertanggungjawaban Keuangan dan Laporan Hasil Pemeriksaan Pengawas. Keputusan yang diambil Quorum Rapat adalah menyetujui pengesahan Hasil Keputusan Sidang RAPB tahun 2015, Laporan Pertanggungjawaban Keuangan, Laporan Hasil Pemeriksaan Pengawas dan SHU dibagikan 100%.

Sebelum acara RAT ditutup, Danrem 084/BJ atas nama Primkop Kartika Bhaskara Jaya menyerahkan bantuan dana kepada Ketua Persit KCK Koorcab Korem 084/BJ. Selanjutnya untuk memeriahkan acara RAT, pengurus Primkop Kartika Bhaskara Jaya telah menyiapkan 27 buah hadiah doorprize dengan hadiah utama Sepeda Gunung Polygon. Kemudian pengurus langsung mengadakan acara pengambilan undian doorprize dan penyerahan hadiah doorprize kepada para peserta RAT yang beruntung. (Pen084/hery)