14/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Pemkot Larang Siswa-Siswi Rayakan Valentine Day

Surabaya, KabarGress.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melarang siswa-siswi memperingati Hari Kasih Sayang atau Valentine Day baik di dalam maupun luar sekolah sebagai upaya pencegahan kegiatan negatif di kalangan remaja.

“Sekolah memang punya keterbatasan waktu untuk memantau. Makanya, surat edaran ini dibuat agar tidak terjadi kegiatan yang malampaui batas,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surabaya M. Ikhsan saat rapat dengar pendapat di ruang Komisi D DPRD Surabaya, Jumat.

Dinas Pendidikan telah mengeluarkan surat edaran dengan Nomor 421/1121/436.4/2015 tentang pelarangan perayaan valentine day di sekolah-sekolah.

Menurut dia, surat edaran itu dimaksudkan dalam upaya menjaga Kota Surabaya agar tidak melakukan kegiatan yang bertentangan dengan norma sosial dan budaya Indonesia. Untuk itu, lanjut dia, pihaknya melarang kegiatan valentine day  baik di dalam sekolah maupun luar sekolah.

“Kami juga mengirim surat edaran kepada seluruh orang tua atau wali murid untuk dapat mengawasi putra-putrinya,” katanya.

Selama ini, kata dia, pihaknya mengaku telah melakukan beberapa program untuk mengantisipasi permasalahan siswa, di antaranya program konselor sebaya. Dimana dalam kegiatan bisa menjadi fasilitas bagi siswa yang ingin curhat terkait permasalahan yang dihadapi.

Selain itu, lanjut dia, berbagai masukan terkait permasalahan siswa terutama berkenaan dengan kegiatan valentine atau hari kasih sayang. “Ya tentunya ada singkronisasi dengan dinas lainya. Kita berharap dengan adanya edaran ini bisa mengantisipasi peringatan hari valentine,” katanya.

Sementara itu, dua anggota Komisi D DPRD Surabaya Ibnu Sobir dan Laila Mufidah memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Surabaya yang sudah mengeluarkan surat edaran tersebut. Menurutnya, surat edaran tersebut sangat bermanfaat buat generasi muda mendatang, khususnya menanggulangi hal-hal negatif yang tidak diinginkan. (tur)