08/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Berikan Pelayanan Terbaik, Jatim Kembali Raih Penghargaan

Gubernur Jatim Pakde Karwo menerima penghargaan pelayanan  administrasi terpadu di Kecamatan (PATEN) terbaik dari Mendagri  (3)Jakarta, KabarGress.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali mendapat apresiasi berupa trophi penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia atas peran sertanya dalam mewujudkan sistem pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) yang baik kepada masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada acara rapat peresmian hasil-hasil pelaksanaan pembangunan bidang pemerintahan umum di aula Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri kemarin(12/2).

Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur karena di pandang Pemerintah Provinsi Jawa Timur mampu mewujudkan pelayanan kepada masyarakat secara baik dan cepat serta menciptakan sebuah inovasi untuk mendekatkan pelayanan pemerintah melalui sistem pemrosesan dokumen terpadu dalam satu tempat atau loket di tingkat kecamatan yang merupakan salah satu agenda prioritas Presiden Republik Indonesia.

Pada kesempatan yang sama di hadapan seluruh para tamu dan undangan, Tjahjo Kumolo juga memuji Gubernur Jawa Timur atas pengelolaan BUMD yang terbaik di seluruh pemerintah Provinsi se-Indonesia dan berharap agar provinsi-provinsi lainnya untuk mau belajar kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam pengelolaan BUMD.

Seusai menerima penghargaan, Gubernur Jawa Timur yang juga akrab di panggil Pakde Karwo ini mengatakan, “fokus pelaksanaan reformasi di Jawa Timur antara lain aspek tata laksana, organisasi, sumber daya manusia (SDM) aparatur, peraturan perundangan, pengawasan, akuntabilitas, mind set and culture, dan pelayanan publik.

Khusus untuk aspek pelayanan publik, komitmen pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat besar. Bukan hanya P2T saja yang menjadi andalan Jatim, tetapi ada beberapa komitmen andalan lainnya, yaitu pembentukan zona integritas/wilayah bebas korupsi pada lima satuan kerja perangkat daerah (SKPD), pembentukan komisi pelayanan publik, dan pembuatan Perda 8 tahun 2011 tentang pelayanan publik.

Pakde Karwo menambahkan, “pihaknya telah melakukan upaya terkait yang diantaranya fasilitasi Raperda dan klarifikasi Perda Kab/Kota terkait dengan pelayanan publik, gelar pameran pelayanan publik, lomba pelayanan publik percontohan, supervisi inovasi pelayanan publik SKPD. “Gelar pameran pelayanan publik diselenggarakan setiap dua tahun sekali, agar setiap SKPD berkompetisi dalam memberikan pelayanan terbaik”

Penyelenggaraan PATEN ditujukan untuk mewujudkan Pemerintah Kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan mampu menjadi simpul bagi Kantor/Badan/Dinas pelayanan terpadu di Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di bawah koordinasi dan binaan Camat selaku penanggung jawab penyelenggaraan.

Sampai saat ini penerapan PATEN telah di implementasikan di 105 kabupaten/kota pada 1005 Kecamatan. Pada acara ini telah dilakukan peresmian penyelenggaraan PATEN di 67 Kecamatan pada 5 Kabupaten di 4 Provinsi yang telah memenuhi persyaratan sebagai tempat penyelenggaraan PATEN yang dimana salah satunya adalah Provinsi Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut, Mendagri Tjahjo Kumolo mengingatkan bahwa syarat negara bisa maju jika memperhatikan 4 hal, yaitu partai politik kompak, perencanaan pembangunan berorientasi jangka panjang, pembangunan infrastruktur tidak ditunda-tunda dan pejabat daerah maupun pusat tidak ragu-ragu mengambil keputusan meskipun tidak populer. “sepanjang kebijakan itu untuk kepentingan rakyat dan sangat dibutuhkan rakyat, saya akan mendukung dan mensetujui,” tambah Tjahjo Kumolo.

Gunakan mendukung kebijakan tersebut, Tjahjo Kumolo saat ini sedang melakukan revisi dan pembenahan peraturan menteri agar tidak tumpang tindih. “Kita juga melakukan koreksi dan pembetulan terhadap raperda yang diajukan oleh daerah. Jumlahnya ratusan untuk dilakukan koreksi, bahkan ada yang dikembalikan untuk dibenahi,” lanjutnya. (hery)

Teks foto: Gubernur Jatim Pakde Karwo menerima penghargaan pelayanan administrasi terpadu di kecamatan (PATEN) terbaik dari Mendagri.