24/11/2020

Jadikan yang Terdepan

PDAM Buka Rekrutmen Pegawai

PDAM Buka Rekrutmen PegawaiSurabaya, KabarGress.Com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Surabaya membuka rekrutmen pegawai. Rekrutmen yang akan dimulai sejak 10-20 Februari ini untuk mengisi 206 kursi yang kosong. Hal ini karena sejak tiga tahun terakhir sekitar 205 pegawai pensiun. Rinciannya, tahun 2013 sebanyak 55 orang, 2014 sejumlah 78, dan 72 pada 2015 tahun ini.

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya Ashari Mardiono memastikan dalam rekrutmen pegawai ini tidak ada unsur Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Proses seleksi nanti akan dilakukan dengan ketat dibawah kendali pengawas internal PDAM. Keluarga dewan pengawas (Dewas), dan direksi PDAM dilarang keras mengikuti seleksi.

“Keluarga Dewas dan Direksi tidak boleh jadi pelamar, kalau toh jadi pelamar nanti langsung gugur,” ujarnya, Senin (9/2).

Ashari menjelaskan, selain keluarga dewas dan direksi, suami atau istri karyawan juga dilarang mendaftar. Tujuan pengetatan proses seleksi ini untuk memperoleh pegawai yang profesional, kompeten dan memiliki kualifikasi tinggi. Sehingga, keberadaan pegawai baru nanti bisa meningkatkan jumlah pelanggan. Jumlah pelangan PDAM Surya Sembada sampai saat ini sebanyak sekitar 526 ribu.

“Seluruh proses rekrutmen di PDAM bebas biaya, jika ada yang melakukan praktek pungli (pungutan liat) dengan menjanjikan dapat diterima sebagai pegawai PDAM mohon dilaporkan ke satuan pengawas internal,” ujarnya.

Ashari mengungkapkan, proses seleksi nanti melibatkan pengawas internal PDAM. Selain itu juga akan bekerjama sama dengan pihak eksternal untuk melakukan pengawasan. Harapannya, proses rekrutmen pegawai 2015 bisa berjalan dengan transparan, obyektif, bebas KKN, dan lancar. Proses rekrutmen nanti akan berjalan dengan cukup ketat.

“Tahun lalu jumlah pelamar mencapat 17 ribu orang,” tandasnya.

Panitia rekrutmen 2015 Neni menambahkan seleksi dibuka untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Diploma 3 (D3) dan Sarjana (S1). Pelamar yan lolos seleksi nantinya akan ditempatkan di kantor pusat Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPAM) Karang Pilang, IPAM Ngagel, dan Instalasi Sumber Air (ISA) luar kota.

“Pendaftaran secara online melalui www.pdam-sby.go.id, informasi kualifikasi pendidikan juga bisa dilihat di web PDAM,” jelasnya.

Rekrutmen ini dibuka untuk warga negara indonesia (WNI). Usia minimal adalah 18 tahun. Sedangkan maksimalnya disesuaikan dengan tingkat pendidikan. Untuk SMK maksimal berusia 25 tahun, D3 berusia 30 tahun, sedangkan untuk tingkat S1 maksimal berusia 35 tahun. (tur)