02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

USAID PRIORITAS Jatim Tambah 4 Kab/Kota Baru

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas didampingi Mark Heyward saat membuka sosialisasi di Kab Banyuwangi 13 Jan 15Wawali Kota Batu-kiri, saat membuka kegiatan sosialisasi di Batu 16 jan 15salah seorang fasilitator daerah terpilih mendapatkan ucapan selamat dari Bpk. Sudarmaji Sekretaris Dinas Pendidikan Kab Jombang dlm kegiatan Sosialisasi Program pada 14 janSurabaya, KabarGress.Com – USAID PRIORITAS Jatim menambah 4 kabupaten/kota baru. Empat kabupaten/kota tersebut adalah Kab. Banyuwangi, Kab. Jombang, Kab. Lamongan, dan Kota Batu.

Penambahan wilayah baru ini untuk memenuhi kuota nasional di kabupaten/kota mitra USAID PRIORITAS. Sementara pemilihan kabupaten/kota didasarkan pada komitmen pemerintah daerah untuk memajukan pendidikan di wilayahnya, indeks mutu pendidikan, dan indeks prestasi manusia (IPM) dalam bidang pendidikan.

Menurut Silvana Erlina, koordinator USAID PRIORITAS Jatim, empat kabupaten/kota telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi mitra USAID PRIORITAS hingga 2017. “Mereka juga telah menyediakan dana diseminasi khusus untuk mengembangkan program USAID PRIORITAS di wilayahnya masing-masing,” terangnya.

Kegiatan sosialisasi USAID PRIORITAS di Kohor 3 telah dilaksanakan di Kab Banyuwangi (13 Januari), Jombang (14 Januari), dan Batu (16 Januari). Sedangkan Sosialisasi Kohor di Kab. Lamongan akan dilakukan pada 28 Januari.

Di Kab. Banyuwangi, kegiatan sosialisasi dibuka langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Bupati Abdullah Azwar Anas berharap dengan adanya pelatihan dari program USAID PRIORITAS, para guru memiliki motivasi lebih dalam mendidik para siswanya. “Saya harap guru bisa mendapat manfaat lebih untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Bupati Anas.

Di Kab. Jombang kegiatan dibuka oleh Asisten II Setdakab Jombang Ir. Sucipto, sementara di Kota Batu kegiatan dibuka oleh Wakil Walikota Punjul Santoso. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik dengan masuknya Program USAID PRIORITAS di Kota Batu.

Apalagi di tahun 2015 ini, Pemkot Batu telah menganggarkan dana untuk perluasan program ke sekolah non mitra.

Penasihat Tata Kelola dan Manajemen USAID PRIORITAS Jakarta Mark Heyward mengungkapkan, USAID Prioritas bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Banyuwangi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Banyuwangi. “Kerjasama yang kami lakukan lebih fokus memberikan pembekalan dan pelatihan guru serta manajemen sekolah. Guru akan dibekali cara bagaimana mengajar yang bisa membuat murid lebih aktif dan kreatif, suasana kelas yang menyenangkan sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif, “ katanya.

Nantinya, empat kabupaten/kota baru ini akan mendapatkan perlakuan yang sama dengan kabupaten/kota mitra sebelumnya. Yaitu, bantuan teknis berupa pelatihan (ToT) di tingkat provinsi bagi fasilitator daerah terpilih, pelatihan di tingkat kabupaten bagi sekolah-sekolah mitra serta pendam-pingan implementasi kurikulum dan manajemen kepala sekolah sesuai tujuan Program USAID PRIORITAS. Yaitu, meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah melalui pelatihan guru pra dan dalam jabatan; meningkatkan tata kelola dan manajemen pendidikan serta meningkatkan koordinasi antarinstitusi pendidikan di tingkat nasional, provinsi, kabupaten, dan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Batu Dra. Mistin, MM menyambut baik dengan terpilihnya Kota Batu sebagai mitra USAID PRIORITAS. “Saya senang bahwa Kota Batu terpilih menjadi salah satu mitra USAID PRIORITAS kohor 3 dan kami siap menganggarkan dana untuk diseminasi pada tahun pertama kerja sama sesuai komitmen dengan USAID PRIORITAS,” terangnya.

Untuk tahap awal, empat kabupaten/kota telah bersama-sama dengan USAID PRIORITAS menyusun kerangka acuan kerja sama (KAK). Saat ini empat kabupaten/kota telah memilih kecamatan dan calon sekolah yang akan dijadikan mitra. Empat kabupaten/kota tersebut juga telah mengadakan pertemuan antara calon sekolah mitra telah memilih fasilitator daerah (Fasda) sebanyak 15 orang untuk SD/MI dan 15 orang SMP/MTs. “Fasda yang terpilih merupakan putra/putri daerah yang memiliki pengalaman yang mumpuni dalam melatih atau memfasilitasi pelatihan. Nantinya mereka akan menjadi asset daerah dalam pengembangan pendidikan di wilayahnya masing-masing,” terang Silvana. (ro)

Teks foto:

– Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas didampingi Mark Heyward saat membuka sosialisasi di Kab Banyuwangi, 13 Januari 2015.

– Wawali Kota Batu (kiri), saat membuka kegiatan sosialisasi di Batu 16 Januari 2015.

– Salah seorang fasilitator daerah terpilih mendapatkan ucapan selamat dari Sekretaris Dinas Pendidikan Kab Jombang, Sudarmaji, dalam kegiatan Sosialisasi Program pada 14 Januari 2015.

Tentang USAID PRIORITAS

Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS) adalah program lima tahun senilai $ 83,7 juta yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID). Program ini didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia. Program USAID PRIORITAS diimplementasikan di delapan provinsi yaitu Aceh, Sumut, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Papua.