05/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Adknowledge, Axiata Bentuk Usaha Patungan (joint venture) untuk Masuki Industri Iklan Digital di Asia

* Yang menguntungkan seiring dengan peningkatan belanja iklan serta perubahan perilaku konsumen

 

  • Joint venture ini akan membantu para pelaku bisnis untuk meningkatkan penyampaian iklan dan hasil atas investasi (return on investment) guna menciptakan kesadaran atas brand, pelibatan dan penjualan kepada pengguna ponsel yang diperkirakan mencapai sekitar dua miliar
  • Pada tahun 2015, belanja iklan digital akan mencapai US$154 miliar di dunia, dengan wilayah Asia Pasifik menempati peringkat kedua terbesar setelah Amerika Utara, karena adopsi smartphone yang cepat dan perubahan perilaku konsumen
  • Kemitraan ini meningkatkan rencana ekspansi Adknowledge serta memperkuat bisnis iklan mobile Axiata di wilayah Asia Pasifik

 

Jakarta, KabarGress.Com – Adknowledge, Inc., sebuah perusahaan teknologi periklanan terkemuka yang berbasis di Amerika Serikat, telah menandatangani aliansi strategis dengan Axiata Digital Advertising, anak perusahaan dari salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Asia, Axiata Group Bhd. Perusahaan patungan yang baru dibentuk ini, Adknowledge Asia Pacific Pte Ltd, akan mendorong rencana ekspansi Adknowledge di wilayah Asia Pasifik, sementara bagi Axiata hal ini akan memperkuat bisnis iklan mobile mereka untuk kawasan Asia Pasifik.

Adknowledge akan bekerjasama dengan para pelaku bisnis, agensi iklan dan pengembang aplikasi (developers) di Asia Pasifik untuk menyediakan strategi-strategi periklanan yang lebih baik agar dapat meningkatkan kesadaran atas brand, penjualan, dan penginstalan aplikasi melalui pemasaran video digital, mobile dan media sosial.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Axiata Digital guna membawa lebih banyak solusi iklan digital bagi brand dan konsumen. Dengan teknologi, pengalaman dan keahlian kami, kami akan mengubah cara pengiklan berhubungan dengan target konsumen mereka di kawasan Asia Pasifik yang semakin mobile dan berkembang pesat,”kata CEO Adknowledge, Inc. Ben Legg. “Adknowledge memiliki kemampuan yang tak tertandingi untuk menjangkau konsumen melalui video – di YouTube dan melalui iklan video tradisional – maupun melalui media sosial dan platformmobile lainnya,” tambah Legg.

Melalui kemitraan ini, Adknowledge akan meningkatkan industri iklanmobile di Asia Pasifik dengan cara membawa solusi-solusi inovatif ke dalam pasar – yang kurang mengganggu dan lebih intuitif – mengubah iklan menjadi layanan yang lebih kontekstual daripada tawaran-tawaran bisnis biasa.

Target pasar dalam waktu dekat adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Hong Kong dan India dengan rencana untuk melakukan ekspansi bisnis ke beberapa negara Asia Pasifik lainnya dalam waktu 18 bulan ke depan.

“Adknowledge telah berkecimpung di industri ini selama lebih dari satu dekade dan telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan dan agensi iklan terbesar di dunia,” kata Presiden dan CEO Group Axiata Jamaludin Ibrahim. “Dengan lebih dari dua miliar pengguna ponsel di wilayah Asia Pasific, kami yakin kemitraan ini akan memastikan bahwa konsumen akan melihat iklan yang lebih relevan dan tepat sasaran. Ini berarti pengalaman yang lebih baik bagi mereka, serta belanja iklan yang lebih efisien, cerdas bagi para pelaku bisnis dan agensi iklan,”ujar Jamaludin Ibrahim.

Kemitraan ini hadir pada saat dimana industri iklan digital tengah berkembang pesat.(booming). Menurut eMarketer, kawasan Asia Pasifik menempati peringkat kedua terbesar dalam pembelanjaan iklan digital di seluruh dunia, dengan prediksi belanja iklan digital sebesar US$47 miliar di tahun 2015. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan perangkat pintar (smart devices), konsumen akan lebih banyak menghabiskan waktu mereka secara online, yang tentunya akan mendorong pertumbuhan yang lebih cepat di industri iklan digital. (ro)