Pakde Karwo dan Kabasarnas Temui Keluarga Korban Air Asia

gub jatim kabasarnas dan kapolda jatim memberikan semangat  kepada keluarga korban air asia di posko ante mortem mapolda jatimSurabaya, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo beserta Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo menemui keluarga korban penumpang pesawat Air Asia QZ8501 yang jatuh di wilayah perairan Karimata, Pangkalanbun, Kalimantan Tengah akhir Desember 2014 lalu.

Pertemuan itu bertempat di Posko Antemortem, Polda Jawa Timur, Selasa (13/1) sore, Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim dan perwakilan keluarga korban mendengarkan dengan seksama penjelasan dari Kepala Basarnas terkait perkembangan terakhir dan upaya yang akan dilakukan untuk menemukan jenazah penumpang pesawat tersebut.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo menjelaskan, fokus utama pekerjaan tim SAR Gabungan adalah mencari jenazah yang belum diketemukan. Sedangkan pencarian blackbox adalah tugas sampingan. “Jadi keluarga korban saya harap tidak resah, pencarian akan terus dilakukan meski blackbox sudah ketemu. Blackbox hanya tugas sampingan. Fokus utama kami tetap, yakni mencari jenazah yang belum ketemu” jelasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, operasi utama pencarian jenazah memang ada prosedur dan standarnya. Diantaranya, ada awal dan akhir. Jadi operasi utama yang selama ini sudah dilakukan pasti ada batas waktunya karena hal itu sudah diatur dalam Undang-Undang. Meski begitu, operasi-operasi kecil akan terus dilanjutkan untuk menemukan jenazah yang belum diketemukan.

“Artinya, meski operasi utama ini berakhir, kami akan terus mencari jenazah yang masih belum ketemu. Sebab kami juga memperhatikan perasaan keluarga korban, dan kami juga punya optimisime untuk menemukan jenazah-jenazah lainnya” katanya.

Operasi-operasi kecil tersebut, lanjutnya, tetap menggunakan kapal-kapal yang memiliki peralatan yang canggih untuk menemukan objek dibawah permukaan laut yang dalam. Selain itu, penyelam-penyelam dari tim SAR juga akan diterjunkan. “Kami harap pihak keluarga korban untuk bersabar, kami berupaya semaksimal mungkin untuk menemukan jenazah yang belum ketemu” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Anas Yusuf, perwakilan Air Asia, dan para wartawan. (hery)

Leave a Reply


*