02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Perluas Kerjasama, Gubernur Prefecture Ehime Jepang Temui Pakde Karwo

gub jatim serahkan cindera mata  kepada gub ehime  jepangSurabaya, KabarGress.com – Jatim selalu menjadi primadona bagi investor luar negeri, tak terkecuali Jepang. Gubernur of Ehime Prefecture Mr. Tokohiro Nakamura secara khusus bertemu dengan Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo untuk memperluas kerjasama dan peluang investasi di Jatim. Hal tersebut terlihat pada saat ia melakukan kunjungan kerjanya ke Jatim di Gedung Negara Grahadi, Senin (12/1).

Pakde Karwo sapaan akrabnya mengatakan, kedatangan Mr. Tokihiro Nakamura ke Jatim yakni ingin membangun kerjasama lebih dalam lagi. Saat ini, banyak dari perusahaan Jepang sedang melakukan ekspansi ke Indonesia terutama di Jatim.

Gubernur Soekarwo menyambut baik kedatangangan tim investasi dari Jepang sekaligus akan menjajaki peluang kerjasama di bidang lainnya. “Indonesia dan Jatim, menjadi daya tarik dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Asia. Bahkan, Indonesia masuk urutan ke 16 dari negara G-20. Saya kira, ini adalah negara besar dan Jatim adalah provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Pulau Jawa bahkan melampaui pertumbuhan ekonomi nasional,” terangnya.

Menurutnya, banyak perusahaan Jepang yang telah bekerjasama di berbagai bidang. Akan tetapi, khusus hari ini membahas perluasan kerjasama di bidang industri ekonomi. “Bahkan perusahaan besar seperti Esaki sudah berupaya relokasi dari Jepang ke Pasuruan dengan produknya yang akan diekspor melalui Jatim,” ungkapnya.

Di depan tim investasi Jepang, Pakde Karwo menegaskan akan memberikan empat garansi bagi investor atau government garanted. Kempat hal yang digaransi oleh Pemprov Jatim antara lain kesediaan tanah dan kesiapan infrastrukur, proses perizinan yang cepat dan satu atap, surplus listrik dan kesiapan tenaga pekerja terampil.

Ia menambahkan, Pemprov Jatim akan memberikan garansi kepada investor dalam bentuk kemudahan perizinan. Proses perizinan akan ditangani langsung oleh pemerintah.

Selain itu, di Jatim juga terdapat kelebihan listrik sebesar 2.500-3.000 Mega Watt. Pakde Karwo juga memastikan bahwa Pemprov Jatim akan siap membantu di dalam penyediaan Sumberdaya Manusia (SDM) yang mumpuni, terampil dan kompeten di pasar kerja. “Keempat hal ini yang akan digaransi oleh Pemprov Jatim,” tegasnya.

Sementara itu, Mr. Tokihiro Nakamura mengatakan, Pemerintah Perfektur Ehime akan menjajaki peluang kerjasama dengan pengusaha dari Jatim. “Kami membawa perwakilan dari pengusaha dari perfektur ehime yang bergerak di bidang teknologi lingkungan hidup hingga manufaktur,” ujarnya.

Ia sangat berterima kasih kepada Gubernur Soekarwo yang telah menerima tim investasi dengan baik pemerintah perfektur ehime ke Jatim. Tujuan dari kunjungan ke Jatim adalah guna mencari mitra lokal di Indonesia untuk kemudian mendirikan pabrik yang dapat memenuhi kebutuhan lokal di Indonesia.

Prefektur Ehime memiliki jumlah industri manufaktur terbesar di kawasan Shikoku dengan industri utamanya adalah paperpulp, chemical oill coal, non ferreous metal serta transport and eelectric machinery. (hery)