20/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Clariant Indonesia Raih Pencapaian Penting melalui Program “Adopsi Sekolah (School Adoption)”

  • Program “Adopsi Sekolah Clariant” memberikan manfaat bagi banyak guru dan ratusan pelajar Indonesia di wilayah Tangerang dalam waktu enam bulan
  • Clariant menegaskan komitmen penuh dalam keberlangsungan pengembangan masyarakat sekitar

Foto2_Clariant School Adoption Program_Closing Celebration_1Foto3_Clariant School Adoption Program_Opening Ceremony_1Foto1_Clariant School Adoption Program_Certificate of appreciation presented to Sekolah Dasar Negeri (SDN) Uwung Jaya,Kec.Cibodas,Tangerang_1Singapura, KabarGress.Com – Clariant, perusahaan terkemuka dalam bidang kimia khusus, telah sekali lagi meraih pencapaian penting di bidang pengembangan masyarakat sekitar melalui program tanggung jawab perusahaan (corporate social responsibility) terbarunya – bernama “Adopsi Sekolah Clariant” di Tangerang, Indonesia. Bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation, program “Adopsi Sekolah Clariant” yang diluncurkan pada bulan Juni 2014 fokus pada peningkatan profesionalisme guru. Melalui pelatihan dalam kelas dan on-the-job training, Clariant membantu para guru dalam mengedukasi pelajar demi masa depan yang lebih baik.

Sebanyak total 25 guru dari sekolah-sekolah sekitar bergabung dalam program pelatihan yang diselenggarakan selama 6 bulan dan terdiri dari tiga sesi yang berbeda sejak Agustus. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan paradigma baru bagi para guru dalam mengajar dan pengetahuan mengenai manajemen kelas. Selain itu, mereka juga mengikuti dua sesi pelatihan dan mentoring untuk memastikan bahwa mereka benar-benar mengerti serta dapat mengimplementasikan materi yang didapatkan di program pelatihan tersebut. Diperkirakan bahwa lebih dari 700 pelajar akan dapat memperoleh manfaat dari program pelatihan guru ini.

“Saya sangat bahagia melihat bahwa kerjasama kami dengan Putera Sampoerna Foundation dalam pelaksanaan program pendidikan yang sangat bagus ini kembali berjalan dengan sukses. Hal ini sejalan dengan filosofi Clariant terkait dengan keberlangsungan dan keinginan kami untuk bersama-sama tumbuh dengan masyarakat sekitar – masyarakat dimana lokasi pabrik Tangerang kami telah berada untuk bertahun-tahun lamanya“ demikian dikatakan Hans Herrel, Country Head Clariant di Indonesia.

Laporan atas program “Adopsi Sekolah Clariant” menunjukan bahwa para guru yang mengikuti program ini menunjukkan peningkatan di semua aspek belajar-mengajar, seperti diperlihatkan dalam penilaian dan pengamatan dalam kelas. Terdapat beberapa peningkatan khususnya mengenai pemahaman para guru terhadap materi terkait penggeneralisiran masyarakat sosial (stereotyping) dan intimidasi sosial (bullying). Aspek lain yang menunjukan peningkatan positif termasuk dalam cara para guru memberikan penghargaan, motivasi dan keahlian bertanya serta metode pengajaran.

“Dalam kesempatan ini, tim Pengembangan Sekolah Putera Sampoerna Foundation ingin mengucapkan terima kasih kepada PT Clariant Indonesia yang telah memilih Putera Sampoerna Foundation sebagai mitra dalam program pendidikan ini. Bersama, kita dapat membuat perbedaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masyarakat sekitar” demikian dikatakan Ari Kunwidodo, Direktur Putera Sampoerna Foundation.

Dengan rekam jejak yang sukses dalam mendukung inisiatif-inisiatif pendidikan di Tangerang, Clariant sebelumnya telah ikut mensponsori beberapa program pendidikan, termasuk Program Beasiswa Clariant yang telah berlangsung sejak 2007 dan telah diterima oleh ratusan murid sekolah di berbagai tingkatan.

Secara global Clariant telah berhasil mencapai keberlangsungan dalam strategi bisnisnya. Selain dari program-program strategis perusahaan, Clariant juga berkomitmen kepada inisiatif-inisiatif keberlangsungan eksternal seperti the Responsible Care Global Charter, the Global Product Strategy, dan the United Nations Global Compact.

Hal tersebut dan usaha-usaha keberlangsungan lainnya dari Clariant telah sekali lagi menempatkan Clariant dalam Indeks Keberlangsungan Dow Jones (Dow Jones Sustainability Index (DJSI)), salah satu dari indeks keberlangsungan paling terpercaya, di bulan September 2014. Keberhasilan Clariant masuk ke dalam indeks tersebut menjadikan Clariant sebagai bagian dari 10 persen teratas perusahaan-perusahaan ternama dunia di industri kimia terkait dengan kinerja keberlangsungannya. (ro)

Teks foto:

– Siswa-siswi sekolah dasar di Tangerang tengah menampilkan kesenian marching band pada penutupan Program Adopsi Sekolah yang diselenggarakan oleh Clariant Indonesia. Clariant Indonesia bekerja sama dengan Poetra Sampoerna Foundation dalam pelaksanaan program tanggung jawab sosial korporasi (corporate social responsibility) bernama Program Adopsi Sekolah.

– Guru-guru peserta Program Adopsi Sekolah dari Clariant Indonesia tengah berfoto bersama pada upacara pembukaan. Clariant Indonesia bekerja sama dengan Poetra Sampoerna Foundation memberikan pelatihan manajemen kelas dan pemahaman anti-bullying kepada guru-guru di Tangerang sebagia bentuk tanggung jawab sosial korporasi (corporate social responsibility) melalui Program Adopsi Sekolah.

Country Head Clariant Indonesia, Hans Herrel, menyerahkan sertifikat pada perwakilan guru SDN Uwung Jaya, Cibodas, Tangerang.