PLN Distribusi Jatim Akan Perluas Jangkauan Ketersediaan Energi Listrik

PT PLN DISTRIBUSI JATIMSurabaya, KabarGress.Com – Sepanjang 2014, PT PLN (Persero) Distribusi Jatim mengklaim berhasil mencapai 90% dari target-target yang ditetapkan. Diantaranya, jumlah pelanggan yang berhasil disambungkan tahun lalu mencapai 544.512 pelanggan, atau melampaui target sejumlah 512.000 pelanggan. Untuk realisasi pertumbuhan harga jual listrik hanya menyentuh 6,33% atau lebih rendah dari target 8%. Sedangkan total penjualan listrik pada 2014 mencapai 30,5 juta GWH, dengan total jumlah pelanggan 9,4 juta pelanggan, dimana 2,8 juta diantaranya telah beralih ke sistem prabayar.

Dikatakan General Manager PLN Distribusi Jatim, Ida Bagus Gede Mardawa Padangratha, tahun ini PLN Distribusi Jawa Timur akan berinvestasi Rp1,29 Triliun untuk membangun sejumlah infrastruktur di beberapa daerah guna memperluas jangkauan ketersediaan energi listrik di wilayah kerjanya selama 2015.

“Besaran investasi itu akan dialokasikan untuk penguatan jaringan mencapai Rp148,8 miliar, dana pemasaran Rp766,9 miliar, dana untuk pengurangan susut Rp85,4 miliar, Rp395 miliar untuk program pendamping yang diperoleh dari bantuan ADB, dan lainnya,” terang Mardawa, di kantornya, Jumat (9/1/2015).

Pembangunan infrastruktur, lanjutnya, seperti membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 510 Kilometer dan membangun 2.200 gardu. Selain itu, membangun jaringan tegangan rendah sepanjang 782 Kilometer. “Berbagai upaya tersebut merupakan langkah bisnis kami untuk melayani masyarakat lebih baik. Saat ini orang yang butuh listrik itu maunya energi itu ada dan dipasang cepat sedangkan ketika listrik padam diharapkan bisa nyala segera,” ujarnya.

Secara umum, menurut Mardawa, pada 2015 pihaknya optimistis dengan segala tindakan pembangunan infrastruktur itu dapat mencatatkan jumlah pelanggan baru mencapai 540.000 pelanggan. Dari jumlah tersebut ditargetkan bisa menambah daya sambungan mencapai 1.256 MVA. (ro)

Teks foto: General Manager PLN Distribusi Jatim, Ida Bagus Gede Mardawa Padangratha. Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Distribusi Jatim, Budi Pangestu, serta Deputi Manager Distribusi dan Bina Lingkungan PT PLN (persero) Distribusi Jatim, Pinto Raharjo.

Leave a Reply


*