16/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Bangun Kekuatan Kolektif, Puluhan Asosiasi Pengusaha Jatim Deklarasikan FORKAS

FORKAS JATIMFORKAS JATIM DEKLARASISurabaya, KabarGress.Com – Puluhan asosiasi pengusaha Jatim membangun kekuatan kolektif dengan mendeklarasikan Forum Komunikasi Asosiasi (FORKAS) Pengusaha Jatim, bertempat di Hotel Bisanta Bidakara, Jumat (9/1/2015).

Ketua FORKAS, Isdarmawan Asrikan, mengungkapkan diantara tujuan deklarasi forum ini untuk membangun kekuatan kolektif dalam rangka melakukan advokasi kebijakan yang kontraproduktif bagi iklim usaha dan investasi.

“Kami menyadari bahwa pelaku usaha merupakan instrumen penting bagi pertumbuhan ekonomi, penyediaan lapangan kerja, penyerapan tenaga kerja, meningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu dukungan pemerintah mutlak dibutuhkan,” tandas Isdarmawan Asrikan, yang juga Ketua Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) ini.

Tampak ikut dalam deklarasi; Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Asosiasi Mebel Kayu Rotan Indonesia (AMKRI), Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI), Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo), Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restauran (APKRINDO), ISWA, APRISINDO, AP5I, API, APKI (Kulit), GAEKI, GINSI, INSA, ORGANDA dan APBMI.

Kemudian PHRI, APKI (Kertas), FORDAUKM, FORKOMBIS, APJ, CASA GRANDE JATIM, ASEPHI, IWAPI, INTAKO, ASMINDO, GPP serta APPBI DPD JATIM.

FORKAS menginginkan bahwa dalam menjalankan kegiatan usaha dibutuhkan adanya kepastian hukum dan usaha di semua bidang yang mencakup perizinan, kelancaran arus barang, ketenagakerjaan maupun yang lainnya.

Terpilih sebagai Sekretaris FORKAS, yakni Nur Cahyudi, yang juga dikenal sebagai Ketua AMKRI, Johan Suryadarma sebagai Penasehat dan Alim Markus sebagai Pelindung.

“FORKAS meminta kepada pemerintah dalam setiap penyusunan kebijakan yang menyangkut seluruh aspek kegiatan usaha harus membuka ruang partisipasi publik seluas-luasnya dengan melibatkan pelaku usaha sebagai stakeholder utama,” ujar Nur Cahyudi.

FORKAS juga secara tegas menolak setiap kebijakan menyangkut masalah hubungan industrial yang tidak melibatkan asosiasi pengusaha yang diberikan mandat oleh undang-undang. (Ro)

Teks foto:

– Ketua FORKAS, Isdarmawan Asrikan (kiri), Johan Suryadarma sebagai Penasehat (nomor 2 dari kanan), serta Sekretaris FORKAS, yakni Nur Cahyudi (kanan), memberikan keterangan pers terkait deklarasi FORKAS Pengusaha Jawa Timur.

– Suasana pertemuan puluhan asosiasi pengusaha Jawa Timur, di Hotel Bisanta Bidakara Surabaya, Jumat (9/1/2015).