PKB Siap Pecah Dengan PDIP

Surabaya, KabarGress.Com – Pecah kongsi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai menghangat seiring dengan dukungannya terhadap bakal calon Wali Kota Surabaya terkuat dan memiliki elektabilitas tinggi di Pilkada 2015.

“Kami siap berpisah dengan PDIP. Ini soal menjaring calon yang kuat. Kalau yang kuat tidak didukung PDIP, ya calon itu akan kita ambil alih,” kata Ketua DPC PKB Surabaya Syamsul Arifin, usai menggelar rapat khusus persiapan Pilkada 2015 di kantor PKB Surabaya, Senin (29/12/2014).

Menurut dia, soal pilkada, PKB tidak berpatokan dengan koalisi partai. “Kita fleksibel untuk perubahan Surabaya yang lebih baik. Artinya kita lebih menekankan kearifan lokal,” katanya.

Saat ditanya siapa calon wali kota terkuat dan elektabilitasnya tinggi itu, Syamsul masih enggan mengatakannya. “Belum saatnya, ini masih proses,” katanya.

Begitu juga saat ditanya apakah calon tersebut adalah Tri Rismaharini yang saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya dan diketahui publik banyak prestasinya, Syamsul tetap enggan membicarakannya.

“Masih dalam proses, tunggu saja sebentar lagi akan diumumkan,” katanya.

Selain itu, Syamsul mengatakan pihaknya akan menjelaskan secara objektif kepada DPW dan DPP PKB mengenai calon yang akan diusung. “Kita usung calon yang menang, bukan calon yang kalah,” katanya.

Soal adanya kabar bahwa PDIP Surabaya tetap mengusung Tri Rismaharini asalkan tetap berpasagan dengan Wisnu Sakti Buana, pihaknya akan meninjau komitmen partai koalisi seperti apa.

“Lucu kalau kita sekadar pendukung tanpa komitmen yang jelas karena kita mengusung pemerintahan bukan mengusung ketua kelompok. Kalau yang diusung PDIP masak wakilnya juga diusung PDIP,” katanya.

PKB sendiri saat ini sudah menyiapkan calon wakil wali kota yang diharapkan bisa mendampingi calon terkuat seperti halnya pengusaha properti di Surabaya juga Wakil Ketua PKB Surabaya Hadi Suwarno.

“Ia tidak diragukan lagi komitmennya dalam membesarkan PKB,” katanya.

Selain itu juga ada Ketua Dewan Syuro DPC PKB Surabaya K.H. Masadi bin Ali dan dirinya sendiri. “Kalau saya belakangan, masih banyak calon yang lain,” katanya. (tur)

Leave a Reply


*