25/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Media Test Drive Suzuki Karimun Wagon R GS; City Car Masa Depan Idaman Siapa Saja

Raungan sirine sebuah mobil Patroli dan Pengawal (Patwal) Kepolisian mengiringi start Media Test Drive Suzuki Karimun Wagon R GS, dari markas PT. United Motors Centre (UMC) Jl A. Yani 40-44 Surabaya menuju ke beberapa titik tujuan, sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (17/12/2014). Sebanyak 10 unit city car berwarna putih tersebut perlahan-lahan meluncur beriringan setelah bendera start dilambaikan Director PT. UMC, Prabowo Liegangsaputra, sebagai tanda dimulainya test drive.

Suzuki Karimun Wagon R GS“Saya menyampaikan terimakasih atas kehadiran rekan-rekan media dalam mengikuti acara test drive kali ini. Saya berpesan untuk berhati-hati di jalanan dan menikmati salah satu produksi andalan kami Suzuki Karimun Wagon R GS,” tandas Prabowo di detik-detik melepas rombongan test drive.

Dari masing-masing mobil dikendarai 2 wartawan baik cetak, elektronik maupun online didampingi seorang sales dari PT UMC. Yang menarik pada test drive kali ini, diantaranya para peserta tidak mendapatkan round down. Sehingga benar-benar menjadi sebuah adventure di perkotaan yang sehari-hari memang padat dengan kendaraan, baik sepeda motor, mobil bahkan kendaraan-kendaraan besar lainnya.

Awak media online KabarGress.Com yang berkesempatan mengemudikan mobil kompak ini juga sempat menanyakan ke sales pendamping.“Mbak, rutenya kemana saja ini nanti?” Ternyata apa jawabnya, “Ikuti pengawalan saja mas, karena meskipun kami tahu rutenya tetapi tidak diperbolehkan untuk memberitahu,” jawabnya singkat.

Yang pasti start dimulai dan diakhiri di PT UMC. Sambil mengemudi, KabarGress.Com sempat mengamati kondisi bahan bakar minyak (BBM) pada panel, tidak full memang bahkan hampir habis tetapi pada estimasi jarak tempuh menunjukkan angka 90 km. “Sudahlah, pasti cukup bahan bakarnya,” celetuk Antok, wartawan semobil dengan KabarGress.Com menenangkan dan memberikan semangat.

Alhasil, mobil mengikuti saja kemana arah pengawalan yang ternyata stage pertama menuju Bebek Goreng Harissa terletak di Jl Drs. Ir. H. Sukarno MERR II-C, Pandugo Rungkut. Karena mobil yang kami kendarai urutan nomor 2 dari iring-iringan pengawalan maka masih mudah untuk mengikuti rute. Sedangkan urutan belakang ada beberapa mobil yang tertahan lampu merah di perempatan Panjangjiwo yang memang selalu padat lalu lalangnya kendaraan lain.

Pada stage pertama ini Suzuki Karimun Wagon R GS membuktikan diri sebagai mobil kota yang lincah di kepadatan jalan raya. Ruang kokpit yang lapang dan lega membuat nyaman mengendalikan mobil ini, terlebih dengan panel-panel kemudi yang mudah dioperasionalkan. Power stering juga menambah ringannya bermanuver mendahului kendaraan lain bahkan menerobos sela-sela diantara mobil-mobil lain untuk segera mencapai tujuan.

Setelah memarkir mobil test drive masing-masing, para peserta di lokasi kuliner Bebek Goreng Harissa langsung menyantap sajian menu makan yang sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Selain renyah hingga tulang-tulang bebeknya, sambal pencit yang terasa pedas akan memanjakan lidah siapa saja yang menikmatinya. Di sela-sela acara makan, panitia membagikan sobekan kertas kecil yang ternyata harus diisi para peserta test drive tentang kesannya menikmati bebek goreng Harissa. Dan akhirnya salah satu pesertapun memenangi kontes testimoni dengan mendapatkan hadiah voucher belanja.

Kemana lagi tujuan berikutnya? Nah, usai makan-makan bebek goreng, panitia baru memberikan pengumuman stage kedua menuju Kedai Sabindo, Jl Simpang Darmo Permai Utara 5 Surabaya. Berarti dari hampir ujung timur kota Surabaya, para peserta test drive harus menempuh perjalanan menuju daerah Surabaya barat yang tentu saja menembus kemacetan lalu lintas yang lebih berat dibandingkan stage pertama.

Kemacetan lalu lintas yang luar biasa memaksa mobil yang dikendarai awak media online KabarGress.Com dengan salah satu awak media cetak tersebut harus tertinggal dan terpisah rombongan yang dikawal polisi. Namun ini justru menjadi kesempatan untuk membuktikan Suzuki Karimun Wagon R GS sebagai mobil kota yang nyaman dikendarai walaupun kondisi jalanan padat merayap meskipun tanpa pengawalan. Ditambah lagi dengan AC yang dingin segar dibarengi iringan alunan lagu-lagu tape mobil dari salah satu stasiun radio lokal, menjadikan perjalanan menuju stage kedua tidak menemui kendala berarti. Tidak terasa capek sama sekali!

Kami tiba di lokasi kedua yakni Kedai Sabindo tidak berselang lama dari mobil yang mendapatkan pengawalan polisi. Di lokasi kedua juga merupakan lokasi kuliner terkenal di kota pahlawan ini. Peserta baru mendapatkan pengumuman dari panitia berupa lomba makan cepat Roti Cobra disanding minuman Teh Tarik dengan berpasangan. Hebohnya, masing-masing pasangan harus dalam kondisi mata tertutup.

Tak pelak, gelak tawa riuh pun pecah tatkala lomba makan cepat dimulai karena dengan kondisi mata tertutup dan saling menyuapi dengan pasangannya, wajahpun terpaksa belepotan dengan Roti Cobra yang memang tidak mudah disendok. Bahkan beberapa peserta pun lebih memilih menyuapi dengan tangan tanpa sendok. Di sesi ini pasangan yang paling cepat menghabiskan menu Roti Cobra pun mendapatkan hadiah sebagai penghargaan atas jerih payahnya.

Suzuki Karimun Wagon R GS SurabayaPenulis komentar terbaikpun seperti di stage pertama juga mendapatkan hadiah sama, yakni voucher belanja. Usai menikmati kuliner disini, kembali panitia mengumumkan tujuan selanjutnya, menuju Plasa Tunjungan IV Surabaya, tepatnya Sushi Tei Restaurant. Mobil test drive diinstruksikan untuk parkir seluruhnya di lantai 5 Plasa Tunjungan.

Perjalanan dari Kedai Sabindo menuju Plasa Tunjungan inilah yang sangat menantang karena kondisi cuaca waktu itu hujan lebat dengan angin yang kencang. Wiper cepat pun harus dinyalakan terus agar pandangan ke jalanan bisa maksimal. Ada kekhawatiran juga melalui rute ketiga kali ini, mengingat di perjalanan terdengar info dari radio lokal jika di jalur tol ada kecelakaan 2 buah mobil tertimpa pohon tumbang karena hujan dan angin yang kencang.

Namun lagi-lagi performa Suzuki Karimun Wagon R GS benar-benar terbukti handal. Meskipun kondisi jalanan licin, lalu lintas padat ditambah cuaca sangat burukpun, mobil kota ini benar-benar nyaman dikendarai. Perjalanan menuju Plasa Tunjungan bisa dilalui dengan selamat dan lancar.

Apa tantangan yang didapat para peserta test drive di stage ketiga? Karena lokasi parkir ditentukan di lantai 5 maka ini menjadi ajang pembuktian Suzuki Karimun Wagon R GS handal di tanjakan dengan medan menantang. Dari pintu parkir hingga mencapai lokasi parkiran yang tentunya lahan terbatas dan sempit, ternyata mampu dilahap Suzuki Karimun Wagon R-GS dengan enteng. Ukuran bodi yang pas sangat menunjang mobil ini pada lahan parkir terbatas.

Para peserta diinstruksikan belanja dengan budget masing-masing Rp150 ribu di Plasa Tunjungan. Untuk peserta test drive cowok harus belanja kemeja dan dasi sedangkan cewek belanja blaser atau dress office yang nantinya dipakai untuk cooking class di Sushi Tei. “Saya biasa pakai kaos, nah ini diminta berkemeja dan berdasi? Wow, lucu penampilan saya nanti, he he he…” ujar Antok sambil bergegas berbelanja.

Karena hanya diberi waktu 30 menit saja, para peserta test drive segera mencari toko untuk mendapatkan keperluan sesuai permintaan panitia. Ketika kembali ke lokasi cooking class, tampak para cowok yang tampil keren dengan kemeja baru plus dasi yang serasi. Pun peserta cewek tidak kalah tampil cantik-cantik setelah berburu pakaian di salah satu mall terkenal di Surabaya ini.

Di sesi ini, para peserta mengikuti workshop singkat tentang membuat nuget dari udang, memasak hingga menyajikan makanan tradisional Jepang, yakni sushi. Suasana menjadi heboh tatkala lomba membuat sushi dimulai. Dengan berpakaian khas chef, para peserta test drive dituntut menjadi koki handal dadakan. Keringatpun bercucuran mempraktekkan workshop singkat yang diberikan tim Sushi Tei. Disini para pemenang yang mampu menyajikan sushi dengan baik juga mendapatkan hadiah voucher belanja.

Perjalananpun berlanjut setelah panitia test drive mengumumkan rombongan harus menuju salah satu lokasi kuliner yang tidak perlu diragukan lagi ketenarannya, yaitu Zangrandi Ice Cream, Jl Yos Sudarso. Setelah berfoto bersama, rombongan test drive juga melewati tantangan jalanan sempit menurun tajam dari parkiran lantai 5 Tunjungan Plasa. Mobil Suzuki Karimun Wagon R GS sangat lincah di medan menurun dan berbelok tajam seperti ini.

Sambil menikmati dinginnya es krim (ice cream), para peserta dibawa imajinasinya ke suasana masa lampau yang klasik. Itu yang dirasakan saat mengunjungi Zangrandi, restoran es krim tempo dulu yang terletak di pusat kota Surabaya.

Usai menikmati lezatnya es krim, rombongan media test drive harus kembali ke UMC. Hujan yang masih belum reda dengan kondisi kemacetan jalanan pada setiap sore hari karena banyak pekerja pulang kantor, menjadikan tantangan tersendiri. Namun Suzuki Karimun Wagon RGS benar-benar mampu membuktikan diri sebagai mobil kota yang murah, irit dengan tampilan mewah yang patut dimiliki setiap profesional maupun keluarga.

 

Karimun-Wagon-R-GSLebih Jauh Tentang Suzuki Karimun Wagon R GS

Karimun Wagon RGS dikembangkan berdasarkan empat konsep dasar, yakni kabin yang luas dan terbuka, multi guna, praktis, dan irit BBM. Diperkenalkan perdana pada 18 September 2014 di event ‘The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Acara peluncuran produk Karimun Wagon R GS dilakukan serentak di 35 kota di seluruh Indonesia.

Penambahan varian baru Karimun Wagon R ini hadir 10 bulan setelah Suzuki Indonesia memperkenalkan Karimun Wagon R, mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau (Low Cost Green Car/ LCGC)/Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Bahan Bakar & Harga Terjangkau (KBH2) pada Nopember 2013. Didisain khusus bagi pasar Indonesia, Karimun Wagon R telah diterima dan disambut secara antusias masyarakat Indonesia dan konsumen Suzuki, khususnya keluarga muda dan moderen. Karimun Wagon RGS hadir dan tampil dengan ‘muka’ baru yang segar untuk melengkapi jajaran varian Karimun Wagon R yang telah ada saat ini.

Untuk menjawab meningkatnya tingkat permintaan dan beragam kebutuhan keluarga modern Indonesia akan kendaraan yang SUPER (Spacious, Useful, Practical, Efficient, Reasonable), maka PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus mengembangkan KARIMUN WAGON R sebagai kendaraan ideal untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan biaya perawatan murah, ramah lingkungan, dan hemat bahan bakar, maka menjadikan mobil ini memiliki keuntungan lebih yang sesuai dengan taglinenya “Lebih dari cukup”.

Sampai saat ini, SIS telah mengembangkan 4 (empat) model di jajaran Karimun Wagon R, yakni GA, GL, GX, dan DILAGO (Limited Edition), untuk memberikan konsumen sebuah pilihan model untuk memenuhi kebutuhan berkendaranya, selera individu dan gaya hidup. Dengan hadirnya Karimun Wagon RGS, Suzuki telah mengembangkan varian yang ada untuk memenuhi permintaan pasangan/keluarga muda dan urban akan sebuah mobil yang gaya dan terkini dimana sesuai gaya hidup mereka.

Dengan perkembangan ‘muka’ baru yang berbeda dan sejumlah penambahan baru terkini, Karimun Wagon R GS menawarkan keseimbangan sempurna antara penampilan dan performa, bentuk dan fungsi, keanggunan dan kegunaan. Hal-hal tersebut dapat memperluas pangsa pasar Karimun Wagon R terhadap target pengguna dan pembeli, yaitu pasangan/keluarga muda dan urban.

 

Desain Eksterior

Karimun Wagon R merupakan mobil kompak dengan bentuk kotak dan stabil. Untuk menjadikan tampilan yang lebih gaya dan segar maka bentuk Karimun Wagon R GS diperhalus dari model Karimun Wagon R yang sudah ada saat ini. Desain baru ini memberikan ‘muka’ Karimun Wagon R yang berbeda dan gaya, dengan buritan garis yang diperhalus pada desain depan bumper baru yang mengintegrasikan lampu kabut/fog lamp yang dinamis dengan chrome garnish, stylish straight-line reflector grille, dan projector headlamps yang kilau dan ekspresif sinarnya. Logo Suzuki ‘S’ disematkan di tengah ‘wajah’ agar terlihat ekspresi karakter yang kuat dan kontemporer.Untuk menambah lekuk garis yang stylish maka Karimun Wagon R GS hadir tanpa roof rail yang terintegrasi.

Sentuhan halus yang sama memberikan desain baru pada bumper belakang, dan posisi logo ‘Garuda’ yang khas yang terletak di tengah bagian pintu bagasi seperti yang ada di jajaran model Karimun Wagon R. Karimun Wagon R GS tersedia dalam 6 warna menarik yang sesuai dengan pengguna berjiwa muda: Pearl White, Silky Silver, Graphite Grey, Cool Black, Radiant Red, dan Burgundy Red.

 

Desain Interior

Walaupun bentuk luar Karimun Wagon R GS terlihat kompak, namun bentuk kotak yang proporsional dan tinggi membuat model Karimun Wagon R dapat mengoptimalkan ruang yang ada di dalamnya/bagian interior dapat mengakomodir 5 orang dewasa dengan nyaman, bahkan pada saat berkendara jauh.

Nuansa premium black/hitam pada bagian interior Karimun Wagon R GS memberikan kesan stylish dan berkelas.Warna hitam digunakan secara elegan, terutama di kain pelapis/upholstery pada tempat duduk Karimun Wagon R GS.Ventilasi AC pada Dashboard mobil didesain dengan sentuhan berwarna hitam, yang menampilan chrome bezel. Penggunaan aksen chrome pada pegangan pintu mobil, dan aksen silver pada stir mobil membuat interior mobil menjadi semakin elegan dan gaya.

Karimun Wagon R GS memiliki sejumlah kompartemen di dalam interiornya, seperti kantong dan juga nampan yang terletak di jok depan mobil. Lalu, pintu belakang yang terbuka dengan lebar, memudahkan penumpang ketika hendak meletakan koper.Dengan jarak 725mm dari dasar ke atas permukaan/tanah, koper yang besar dan berat dapat dimuat secara lebih mudah.Untuk dapat membawa koper yang besar dan berukuran panjang, ruang bagasi secara cepat dapat diperluas dengan melipat tempat duduk belakang mobil.

 

Mesin dan Performa

Karimun Wagon R GS menggunakan mesin generasi terbaru Suzuki, K10B, DOHC. Mesin 998 cc, 3-silinder dan 12-valve engine ini memiliki daya maksimum/output maximum dari 68PS/6,200rpm dan torque 90N・m/3,500rpm. Mesin ini berimbang dengan transmisi manual 5-percepatan, membuat sensasi berkendara lebih nyaman dan “hidup”, ditambah pula dengan bahan bakar yang efisien dan baik.

Dikenal ringan dan output yang kuat/powerful, mesin K10B menggabungkan metal timing chain sehingga memperpanjang kualitas dari mesin mobil dan tentunya menghemat biaya servis. Penghalusan yang dapat membuat mesin mobil terasa ringan dan efisiensi bahan bakar, serta, juga dilengkapi dengan plastic intake manifold, dan mengadopsi multi-point fuel injection.

Untuk membantu pengemudi untuk dapat mengemudi lebih ekonomis, mobil ini terdapat sebuah in-meter gearshift indicator (GSI) untuk menunjukkan pengemudi kapan waktu baiknya untuk mengganti gigi/persneling yang mana merupakan perlengkapan standarnya.

 

Keamanan dan Keselamatan

Karimun Wagon R GS dirancang dengan menggabungkan fitur keamanan dan juga keselamatan, sehingga penumpang akan merasa tenang ketika mengendarai mobil ini. Fitur keamanan pada mobil ini diantaranya Sistem Immobilizer yang menggunakan signal dari kunci elektronik sebelum mesin ECU (Engine Control Unit) bekerja. Sistem Keyless Entry menjadi pelengkap dari fitur mobil ini.

Mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari bahaya kecelakaan yakni adanya sabuk pengaman/ seat belt 3-point ELR (Emergency Locking Retractor), yang secara otomatis mengunci dan menahan penumpang ketika terjadi hantaman/ tabrakan secara tiba-tiba. Lalu, Karimun Wagon R GS juga dilengkapi pula dengan child proof rear door locks pada pintu belakang mobil.

 

Suzuki 3S: Sales, Service, Spare parts

Saat ini, PT. SIS tengah mempersiapkan perluasan program after sales service nya, yaitu 3S (Sales, Service, Spareparts) bagi Karimun Wagon R. Selain memperluas ketersediaan layanan tersebut dan juga penjualan Karimun Wagon R di seluruh wilayah Indonesia, Suzuki tengah memperluas penjualannya dengan memiliki sebanyak 6.200 wiraniaga/sales force yang tersebar di seluruh Indonesia, serta membangun jaringan penjualan sebanyak 260 outlet 3S&1S yang telah memenuhi kualitas Suzuki.

Selain itu, Suzuki tengah memperkuat divisi After Sales-nya dengan meningkatkan persediaan spare parts Karimun Wagon R pada bengkel Suzuki (Beres S) di Indonesia, serta meningkatkan pelatihan/training yang berkualitas dan handal bagi para mekaniknya.Kedua hal tersebut dilakukan Suzuki sebagai bentuk komitmen demi meningkatkan layanan 3S-nya sehingga konsumen Suzuki, termasuk pemilik Wagon R dan seluruh produk Suzuki lainnya dapat dengan mudah menikmati layanan servis yang diberikan oleh Suzuki.

Melanjutkan keberhasilan peluncuran Karimun Wagon R, maka perkenalan varian terbaru, hadirnya Karimun Wagon R GS ini merupakan bentuk komitmen dari Suzuki Indonesia pada pasar otomotif di Indonesia yang akan datang. Selama 40 tahun lebih eksistensinya, Suzuki dikenal sebagai salah satu brand otomotif terdepan di Indonesia, terutama akan slogan globalnya “Way of Life”. Slogan tersebut mengekspresikan “Excitement” yang dihasilkan dari nilai inti brand Suzuki, yakni “Spirit, Straightforward, Sporty and Value”.

Sebagai brand otomotif yang sudah eksis dan terpercaya di pasar Indonesia, Suzuki secara aktif terus mengembangkan nilai-nilai intinya sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, serta mengembangkan jaringan diler sehingga dapat menjangkau ke seluruh pelosok Tanah Air. (Toro)

Teks foto:
– Roti Cobra, menu di Kedai Sabindo siap dinikmati para peserta Media Test Drive Suzuki Karimun Wagon R GS.
– Deretan Suzuki Karimun Wagon R GS parkir di Plasa Tunjungan Surabaya.
– Suzuki Karimun Wagon R GS sebagai mobil kota dengan kabin yang luas dan terbuka, multi guna, praktis, dan irit BBM.