Kapten Suwanto Ngaku “Dandim” Selamatkan Sandera

Kapten Arh SuwantoGresik, KabarGress.com – Piawai, untuk mengatasi masalah genting, Kapten Arh Suwanto(49), yang menjabat sebagai Perwira Seksi Personalia (Pasipers) Kodim 0817/Gresik ini kepada Fuad Ahmad (34) pelaku penyanderaan terhadap siswa SD Zahriani Putri Agustin (9) di Makodim 0817 / Gresik Rabu (17/12) mengaku sebagai Dandim.

”Awalnya, pelaku tidak percaya dengan pengakuan saya itu,” kata Suwanto. Namun, dengan penjelasan yang runtut serta meyakinkan, pelaku yang berasal dari Lombok Barat, ini pun akhirnya mempercayainya. Kemudian antara Suwanto dan Fuad bernegosiasi selama 3 jam di ruangan Kapten Suwanto.

”Selama negosiasi, tangan kiri Fuad tetap mendekap korban dan tangan kanan menempelkan pisau ke leher korban,” imbuhnya.

Untuk melindungi keselamatan Zahriani, Kapten berkumis tebal putra asli Gresik 49 tahun silam ini berupaya keras membujuk Fuad supaya bersedia melepaskan korban. Namun upaya yang dilakukan Bapak dari dua putra, Armawan (20) dan Firman Maulana (12) dari perkawinannya denga Ny Kumayah ini pun, tetap dengan sabar berupaya membujuk pelaku agar melepaskan Zahriani.

Suwanto lulusan Secaba PK tahun 1988 yang baru menjabat sebagai Pasipers bulan Maret 2014, dikenal sebagai prajurit TNI AD yang lurus serta memiliki dedikasi tinggi. Sebelum menjabat sebagai Pasipers, Kapten Suwanto pernah menjabat sebagai Danramil 0817/17 dan Danramil 0817/10 wilayah Kodim Gresik.

Dalam kesehariannya Kapten Suwanto adalah orang yang tegas dan sabar serta sangat peduli terhadap anggota dan bawahannya.

Dari apa yang telah dilakukan Kapten Suwanto dalam negosiasi sampai pembebasan korban dari tangan pelaku akhirnya berakhir happy ending karena Rani korban penyanderaan dapat diselamatkan. Meskipun tangannya Kapten Suwanto terluka pada saat merebut pisau yang dibawa Fuad Ahmad dan terpaksa pihak kepolisian melepaskan timah panasnya ke tubuh Fuad karena bisa mengancam jiwa Kapten Suwanto yang sebelumnya di dahului dengan tembakan peringatan dan tidak di gubris oleh pelaku.

Prestasi Kapten Arh Suwanto tersebut mendapatkan apresiasi langsung berupa penghargaan dari Pangdam V/Brawijaya selaku atasannya. (hery)

Teks foto: Kapten Arh Suwanto.

Leave a Reply


*