19/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Bangga Kontingen Jatim Raih Juara Umum PON Remaja I

Pakde Karwo Bersama Gub Jateng Ganjr Pranowo Berfoto  Bersama Para Kontingen Pemenang PON Remaja 1 Tahun 2014 JatimSidoarjo, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo bangga atas keberhasilan kontingen Jatim meraih juara umum di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I Tahun 2014 yang digelar di Jatim (9-15 Desember 2014). Rasa bangga itu disampaikan Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim saat menutup PON Remaja I Tahun 2014 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (16/11) malam.

Pakde Karwo mengatakan, kesuksesan Jatim menjadi juara umum dalam multievent olahraga remaja pertama di Indonesia itu merupakan buah kerja keras seluruh pihak, baik pemerintah, KONI, pihak kepolisian, TNI, wasit, pelatih, atlet, dan masyarakat yang ikut mendukung even ini dengan tertib, aman, dan lancar.

“PON Remaja berjalan dengan sukses dan luar biasa… Jatim juga luar biasa.. kontingen Jatim berhasil menjadi juara umum.. saya memberi apresiasi khusus kepada panitia yang bekerja dengan solid dan para atlet yang bekerja keras meraih kemenangan, serta masyarakat yang menyambut antusias even ini” ucapnya dengan sumringah.

Secara khusus, Pakde Karwo juga berterima kasih kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang hadir secara langsung menyaksikan penutupan PON Remaja I. Sebagai informasi, provinsi Jateng akan menjadi tuan rumah PON Remaja II pada 2017. “Kami akan datang ke Jateng pada 2017” kata Pakde Karwo.

Di depan para kontingen dari 34 provinsi se-Indonesia , Pakde Karwo berpesan agar para atlet yang mengikuti PON Remaja I harus terus dijaga, diperhatikan, dan dibina secara berjenjang dan berkelanjutan. Sebab mereka merupakan bibit unggul bagi dunia olahraga nasional.

“Anak-anak remaja yang turun dalam ajang ini akan jadi pejuang olahraga di tingkat dunia. Masa depan mereka sangat cerah, teruslah berjuang menjadi atlet yang profesional, ingatlah, siapa yang bekerja keras, dia akan menjadi pemenang. Pemerintah akan selalu mendukung para atlet olahraga” katanya.

Pada kesempatan itu, Wagub Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf yang juga menjadi Ketua Umum PON Remaja I mengatakan, peserta PON Remaja I sebanyak 2.568 atlet dari 34 provinsi, terdiri atas 15 cabor, dan 133 jenis nomor yan dipertandingkan. “Kami mohon maaf jika selama penyelenggaraan terdapat kekurangan, semoga penyelen duggaraan ini bisa mendukung kemajuan dunia olahraga nasional” tuturnya.

Jatim menjadi juara umum PON Remaja I setelah sukses meraih total 36 medali emas, 29 perak, dan 16 perunggu. Jumlah tersebut mengungguli provinsi DKI Jakarta yang menduduki peringkat kedua dengan raihan total 34 medali emas, 22 perak, dan 18 perunggu.

Sementara bertengger di peringkat ketiga adalah Provinsi Jateng dengan raihan total 13 emas, 9 perak, dan 14 perunggu.

Pesta kemenangan Jatim kian lengkap setelah cabang olahraga (cabor) sepakbola berhasil meraih emas usai mengandaskan Jateng di partai puncak dengan skor 4-2 pada sore hari (15/12) sebelum penutupan PON Remaja I. Sedangkan penghargaan lain yang dibagikan pada malam hari itu adalah Trofi Fair Play Team yang disabet kontingen Sumatera Barat.

Closing Ceremony PON Remaja I berlangsung meriah, diawali dengan penampilan marching band PT. Semen Indonesia di tengah lapangan, kemudian disusul dengan 600 pelajar asal SMK 2 Sidoarjo, SMA 3 Sidoarjo, dan SMA Gabungan Krian yang menampilkan tarian “Akulah Sang Juara” yang mengkolaborasikan tarian asli Indonesia, diantaranya tari dayak dan tari kecak. Penampilan selanjutnya adalah 800 pelajar Jatim yang menampilkan tarian modern bertajuk “Togheter For The Future” serta disusul aksi belasan cheerleaders.

Setelah suguhan hiburan, dilaksanakan penyerahan trofi untuk tiap cabor dan juara umum, kemudian penyerahan secar