Gubernur Jatim Launching ‘Jalin Matra’

menantandatangan MoU jalin matra dgn para bupati salah  satunya dgn bupati gresikSurabaya, KabarGress.com – Gubernur Jatim Pakde Karwo launching / meluncurkan program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera atau Jalin Matra, di gedung negara Grahadi Surabaya, Selasa (16/12). Launching ini sebagai tanda secara resmi dimulainya gerakan percepatan dan perluasan penanggulangan kemiskinan di Jatim melalui program Jalin Matra, yang akan dilaksanakan mulai Tahun 2015 sampai 2019.

Pakde Karwo dalam kesempatan itu menjelaskan, program Jalin Matra memiliki tiga kegiatan unggulan, yaitu program Jalin Matra bantuan Tumah Tangga sangat Miskin (RTSM), Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) dengan sasaran kepala rumah tangga perempuan, dan program Jalin Matra Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2).

Anggaran yang disediakan untuk tiga kegiatan ini tahun 2015 sekitar Rp100 miliar. Untuk bantuan RTSM ditargetkan sejumlah 42.857 RTSM. Pada th 2014 sudah dilaksanakan pilot project dengan sasaran 2.961 RTSM, dan tahun 2015 direncanakan 11,219 RTSM. Kriteria rumah tangga sasaran antara lain belum pernah mendapat program jalin kesra.

Sedangkan bantuan untuk PFK sebenarnya terdaapt 152.343 Kepala Rumah Tangga Perempuan tapi yang tidak memenuhi kriteria rumah tangga sasaran sebanyak 76.060 KRTP, jadi targetnya hanya tinggal 76.283 KRTP dengan kriteria usia produktif dibawah 65 tahun dan memiliki anggota rumah tangga. Tahun 2014 telah dilaksanakan pilot project bagi 3.309 kepala rumah tangga perempuan dan tahun 2015 direncanakan 14.655 kepala rumah tangga perempuan. Tujuannya, membantu mendorong ketahanan sosial ekonomi kepala rumah tangga perempuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar, dan memotivasi berusaha ( need for achivement ) dan kemampuan ( litle skill) dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya.

Sementara target PK2 sasarannya 1.000 desa dan 1.000 BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Tahun 2015 direncanakan pilot project dengan sasaran 147 desa. Jalin Matra ini, lanjut Pakde, merupakan sustain & change program “Jalan lain menuju kesejahteraan masyarakat” (Jalin Kesra) yang sudah berlangsung sejak 2009 – 2014, dari jumlah RTSM sebanyak 1.330.696 (hampir miskin), 1.256.122 (miskin) dan 493.004 (sangat miskin) selama crash program unggulan sudah tereksekusi 309.807 RTSM atau 66 % dari target 493.004, sisa layak eksekusi 163.039 RTSM dan tidak layak eksekusi 20.158 RTSM. Jalin kesra mewujudkan keluarga sejahtera, sedangkan Jalin Matra fokusnya pada mewujudkan keluarga mandiri dan sejahtera, dan akan dilakukan pendampingan dari perguruan tinggi.

Dalam kesempatan itu Pakde Karwo mengharapkan kepada para isteri bupati/ walikota yang menjadi ketua Tim penggerak PKK Kab/ Kota hendaknya program PKK dalam membantu masyarakat kurang mampu terus dilanjutkan. Hal ini sangat penting mendukung tugas suami sebagai bupati/ walikota yang dirasakan kepekaannya sangat tinggi terhadap kelompok masyarakat miskin.

“Menghadapi problem harga lombok/ cabai yang melonjak akhir-ahir ini, maka mulai sekarang harus dibiasakan ibu-ibu kalau membuat sambal tidak perlu lombok fresh tapi lombok bubuk, supaya harga lombok/ cabai tidak terlalu tinggi. Karena kalau musim hujan lombok banyak yang busuk, sedangkan permintaan pasar tetap tinggi sehingga harga lombok di pasar melonjak,” tambahnya.

Sementara kepada Bupati/ Walikota diminta lebih memperhatian UMKM karena 95 % menyerap tenaga kerja, dan membantu masyarakat kurang mampu dengan memberikan bantuan modal dengan bunga rendah, hal itu untuk menghindari bank thithil.Pakde Karwo menjelaskan,“Keluarga sasaran diberikan modal kerja sebesar Rp2,5 juta, dan melakukan pendampingan kultural supaya lebih bersemangat. Pendekatan dilakukan secara musyawarah, mufakat, dan kewargaan/ penguatan partisipatoris.

Dalam rangkaian acara, Pakde Karwo melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Bupati/ Walikota se Jatim tentang pendampingan dan pengaloaksian dana program Jalin Matra Provinsi Jatim tahun 2014 – 2018. Selain itu juga penandatangan kesepakatan bersama antara Kepala Bapemas Prov Jatim dengan Rektor Unair, Rektor Unibraw dan Rektor Univ Negeri Malang, tentang penganggaran, pendampingan, penelitian, pegkajian da pengabdian pada masyarakat dalam pelaksanaan program Jalin Matra.

Dalam kesempatan itu Pakde Karwo juga menyerahkan bantuan program Jalin Matra secara simbolis kepada beberapa kepala rumah tangga sasaran. Acara Launching program Jalin Matra dihadiri sekitar 250 orang, antara lain para Ketua Tim Penggerak PKK Kota, Bupati/ Walikota, Kepala Bappeda, Kepala Bappemas se Jatim, Rektor, Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Jatim, pimpinan media massa dan LSM Peduli Kemiskinan. (hery)

Teks foto: Penantandatangan MoU jalin matra dengan para bupati, salah satunya dengan Bupati Gresik.

Leave a Reply


*