26/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Kawan Lama Abdi Bangsa Gandeng Habitat for Humanity Indonesia Bangun 25 Rumah Layak Huni

kawan lamaSurabaya, KabarGress.Com – Kawan Lama Abdi Bangsa, sebuah yayasan di bawah naungan Kawan Lama Group untuk menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility), secara konsisten menjalankan kegiatan sosial di berbagai bidang. Kali ini menggandeng Habitat for Humanity Indonesia menyelenggarakan program sosial RUPIAH UNTUK RUMAH yang bertujuan membangun 25 rumah layak huni bagi keluarga berpenghasilan rendah di Surabaya, Bali, Yogyakarta, Bandung, Medan dan Batam.

Kegiatan CSR RUPIAH UNTUK RUMAH ditandai dengan pembangunan 20 rumah layak huni di RW 5 Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegalsari, Surabaya, Sabtu (13/12/2014) oleh sekitar 100 relawan Member, Karyawan, serta Rekanan dari Kawan Lama Retail Group yang terdiri dari ACE Hardware dan INFORMA. Kegiatan ini dihadiri Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia, James L. Tumbuan, Group Marketing Director of Kawan Lama, Nana Puspa Dewi serta didukung Lenmarc Mall.

RUPIAH UNTUK RUMAH adalah kegiatan tahunan dari Kawan Lama Abdi Bangsa yang melibatkan karyawannya dari semua anak perusahaannya di seluruh Indonesia untuk berbagi dengan komunitas dimana toko-toko ACE & INFORMA berada. Selain itu, program ini juga melibatkan pelanggan ACE dan INFORMA dalam pelaksanaannya dengan menggunakan sistem round up kembalian untuk mengumpulkan donasi, yang selanjutnya digunakan untuk pembangunan 25 rumah bagi keluarga pra sejahtera di enam kota di Indonesia, yakni 20 rumah di Surabaya dan 5 rumah lainnya di Bali, Batam, Medan, Yogyakarta serta Bandung.

Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia, James L. Tumbuan menyatakan Habitat for Humanity Indonesia sangat mengapresiasi kepedulian institusi bisnis seperti Kawan Lama Retail dan Yayasan Kawan Lama Abdi Bangsa dalam pembangunan masyarakat berpenghasilan rendah yang membutuhkan tempat tinggal layak huni. “Rumah layak huni yang merupakan program inti Habitat for Humanity Indonesia merupakan mata rantai penting dalam upaya mengurangi tingkat kemiskinan. Karena rumah layak huni adalah tempat awal keluarga mendidik anak-anak, membangun kesehatan, hingga penanaman nilai-nilai sosial,” tandas James.

Selain itu, James juga menjelaskan program RUPIAH UNTUK RUMAH yang salah satunya memberi kesempatan kepada customer ACE HARDWARE dan INFORMA untuk berpartisipasi melalui pengumpulan kembalian pembelanjaan berarti keterlibatan masyarakat luas dalam mewujudkan kepedulian sosial. Ini merupakan pelaksanaan komitmen perusahaan dalam tanggungjawab sosial dan kesejahteraan masyarakat di lingkungannya. Disebutkan pula, program Kawan Lama Retail dan Yayasan Kawan Lama Abdi Bangsa ini merupakan kontribusi sangat penting dalam kampanye Habitat for Humanity Indonesia: AKU BANGUN INDONESIAKU 2014-2018 yang bertujuan membantu 60 ribu keluarga berpenghasilan rendah untuk bisa tinggal di rumah layak huni dan lingkungan sehat.

Sementara itu, Group Marketing Director of Kawan Lama, Nana Puspa Dewi, mengatakan salah satu hak asasi manusia (HAM) yang paling mendasar adalah memiliki tempat tinggal yang layak. Hal tersebut melatarbelakangi Kawan Lama untuk bergerak melalui kegiatan sosial RUPIAH UNTUK RUMAH dengan membangun 25 unit rumah layak huni bagi warga pra sejahtera di enam kota di Indonesia. “Surabaya menjadi kota pertama program ini dimulai,” tandasnya.

Selain program RUPIAH UNTUK RUMAH, di tahun 2014 ini Kawan Lama juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan CSR lainnya seperti PROGRAM JENDELA DUNIA yaitu sumbangan furnitur di Yayasan Tunggadewi yang dikelola Anissa Pohan, Trees For Tomorrow yaitu pembagian 1 juta pohon pelindung dan buah untuk pelanggan Kawan Lama Retail Group, ACE Peduli Bersih Indonesia yaitu aksi pembersihan 27 landmark/simbol kota yang ada di 24 kota di Indonesia, Belanja Bersama Yatim, yaitu program yang bekerjasama dengan PKPU, mengajak sebanyak 250 anak yatim berbelanja kebutuhan sekolah, serta Rumah Belajar Informa yaitu program hasil kerjasama dengan Reach Out Foundation pimpinan Judith Soeryadjaya melalui pembangunan ruang belajar di 6 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar. (ro)

Teks foto: Penyerahan bantuan secara simbolis program RUPIAH UNTUK RUMAH.