30/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Gubernur dan Wakil Gubernur Kompak Hadiri Ultah Kaisar Jepang

Gubernur dan Wakil Gubernur Kompak Hadiri Ultah Kaisar JepangSurabaya, KabarGress.com – Gubernur Jatim dan Bude Karwo beserta Wagub dan Ny Hj Fatma Saifullah Yusuf kompak menghadiri resepsi ulang tahun ke-81 Kaisar Jepang Akihito, di Hotel JW Marriot Surabaya, Rabu (10/12) malam.

Suasana peringatan ulang tahun kaisar Jepang tahun ini agak berbeda dibanding tahun sebelumnya, karena dihadiri lengkap gubernur Jatim dan Wakil Gubernur Jatim, masing-masing disampingi isteri. Disamping itu, sebelum masuk ballroom tempat dilangsungkan acara tersebut, di gelar produk-produk perusahaan Jepang yang pabriknya berada di Jatim, seperti yakult, alat music Yamaha, medical, dan lain-lain.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jatim Pakde Karwo mengatakan, pertemuan ini merupakan cerminan salah satubutir dari Pancasila, yaitu saling menghormati dengan kebhinekaan yang ada, hal ini luar biasa.

Menurut pengamatan Pakde Karwo, selama ini Konjend sangat dekat dengan masyarakat Jatim, kerja sama denganmasyarakat Jatim makin hari makin bermanfaat. “Ketikasaya berkunjung ke Jepang beberapa hari lalu, anak muda di Jepang mendapat pesan orang tuanya agar sering berkunjung ke Indonesia, karena dulu orang tuanya pernah di Indonesia dan menyukai durian Indonesia,” ujarnya sambil tersenyum.

Orang tua mereka berpesan, lanjutnya, agar hubunganyang saling menguntungkan antara Jepang – Indonesiakhususnya dengan Jatim agar terus diperkuat, baik di bidang politik, ekonomi, dan keamanan. “Apalagi sebentar lagi menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), maka hubungan selama ini seperti kakak-adik berubah menjadi kerjasama antara sesama saudara yang saling menguntungkan. Kalau Jepang ingin lebih efisien dalam pertarungan ekonomi di Asia Timur dan Asia Tenggara tempatnya hanya di Jatim,” kata Pakde.

Kepada masyarakat ASEAN dan masyarakat dunia,Pakde mengharapkan agar hubungan yang saling menguntungkan ini lebih diperkuat. “Semoga tahun depan keadaan ekonomi dan keamanan lebih baik dalam suasana persaudaraan yang lebih erat,” tambahnya.

Sebetulnya yang memerlukan sistem ekonomi baru, kata Pakde, bukan indonesia tapi masyarakat-masyarakat industri yang memerlukan kawasan yang lebih efisien dengan infrastruktur yang bagus, dan tidak ada pilihan selain Jatim, karena sekitar Jabotabok sudah penuh loadingnya lima hari, pasti yang diperlukan Telok Lamong baru.

“Saya tidak promosi, tapi mengajak berpikir rasional dalam kompetesisi ekonomi, bahwa Jatim tempat yang paling layak untuk membuka industri atau relokasi karenainfrastruktur yang diperlukan tersedia, mulai kemudahan perizinan, terminal modern Teluk Lamong dan ketersediaan lahan. Tetapi kalau relokasi saya tidak mengijinkan kalau limbahnya berat, saya akan pilih limbah yang ringan,’ imbuhnya.

Investasi dan perdagangan di Jatim strategis tidak saja melayani 38 juta penduduknya, tapi juga meliputi 120 juta penduduk yang ada di kawasan Indonesia bagian timur. belum lagi dihubungkan dengan berlakunya pasar tunggal ASEAN 2015, investasi Amerika Serikat di Jatim merupakan cara jitu untuk mengimbangi penetrasi produk China yang semakin hari, makin kuat,

Sementara itu Konjend Jepang di Surabaya Drs. Noboru Nomura dalam kesempatan itu mengatakan senang atas keramahan masyarakat Jatim sehingga warga Jepang di Jatim yang berjumlah sekitar 700 orang merasa aman dan nyaman tinggal di Jatim.

Menurut Konjen yang alumni Universitas Indonesia ini, hubungan Jepang – Indonesia semakin erat dan meyakinkan. Untuk lebih meningkatkan hubungan baik,maka pemerintah Jepang membebaskan visa bagi masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Jepang, hal ini sudah berlaku sejak 1 Desemebr lalu. Sebaliknya Indonesia juga diharapkan menghapus visa bagi masyarakat Jepang yang berkunjung ke Indonesia.

Hadir dalam kesempatan itu Forpimda Provinsi Jatim,Konjend Amerika Serikat, Konjend China, Konsul kehormatan negara-negara sahabat, dan masyarakat Jepang yang tinggal di Jatim, menikmati aneka makanan dan minuman khas Jepang, mulai shake, su shi, shasi mie, dan masih banyak lagi.

Seluruh hadirin dipimpin oleh Ketua Jepang Club JatimNishi bersulang bersama/ toast, sebagai ucapan selamat ulang tahun ke 81 untuk kaisar Jepang Akihito tepatnya jatuh pada 23 Desember, dan peringatan 25 tahun naik tahta, dan 55 tahun aniversary pernikahan. (hery)