05/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Api PON Remaja I Disemayamkan di Grahadi

Disaksikan Para Atlit Remaja, Asisten Bidang Kesra  Sekdaprov Jatim Sulut Obor PON Remaja 1 Jawa Timur di Gedung Negara  GrahadiH.M. Asyhar Selaku Asisten Bidang Kesmas Sekdaprov Jatim  Menerima Api PON Remaja 1 Dari Wakil Ketua III PB PON RemajaSurabaya, KabarGress.com – Obor Api PON (Pekan Olahraga Nasional) Remaja I Tahun 2014 secara resmi diserahterimakan dari Wakil Ketua III Pengurus Besar (PB) PON Remaja. Sucipto kepada Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Sekdaprov Jatim DR. H.M. Asyhar,di Halaman Gedung Negara Grahadi, Minggu (7/12) sore.

“Meskipun diguyur hujan, namun prosesi penyerahan api berlangsung khidmat.. Saya mewakili Provinsi Jawa Timur untuk menerima dan menyalakan api yang selanjutnya disemayamkan di Gedung Negara Grahadi,” tutur Asisten Kesmas Setdaprov Jatim DR. H.M. Asyhar saat Prosesi Penyerahan Obor Api PON Remaja I.

Dengan dinyalakannya obor api ini, maka pelaksanaan PON Remaja I Tahun 2014 yang berlangsung di Jatim secara resmi pembukaan dilakukan pada Selasa (9/12) malam di DBL Arena Surabaya.

Proses pengambilan dan penyalaan obor api diambil dari api abadi di Hutan Kayangan Api, Desa Sedangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (7/12) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Prosesi pengambilan api abadi dilakukan oleh Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hatono yang selanjutnya diserahkan dan dibawa Sucipto menuju Grahadi. Obor api selanjutnya dibawa menuju Grahadi menggunakan mobil pick up dengan dikawal puluhan atlet balap sepeda. .

Wakil Ketua III PB PON Remaja, saat serah terima obor api, Sucipto mengatakan, tanggapan masyarakat dan pemerintah daerah sangat positif terhadap pelaksanaan PON Remaja I Tahun 2014. Ini terlihat ketika prosesi awal pengambilan api dihadiri semua pejabat pemerintah daerah Kabupaten Bojonegoro seperti Wabup Bojonegoro, Ketua DPRD Bojonegoro, dan Forpimda Kab. Bojonegoro, SKPD di lingkungan Pemkab Bojonegoro, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat Bojonegoro.

Antusiasme ini juga terjadi di Kabupaten Lamongan. Rombongan pembawa obor disambut Bupati Lamongan beserta Forpimda dan masyarakat yang ikut mendoakan kontingen Jatim. Di Kabupaten Gresik, rombongan pembawa api disambut Bupati, Wakil Bupati, Sekda, camat, dan masyarakat Gresik. (hery)