02/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Wagub Dampingi Kunjungan Kerja Wapres di P3GI Pasuruan

wagub jatim dampingi wapres jusuf kalla meninjau pusat  penelitian perkebunan gula di kota pasuruan (1)Pasuruan, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf mendampingi Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla saat melakukan kunjungan kerja dan peninjauan Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia di Jalan Pahlawan No. 25, Kota Pasuruan, Sabtu (6/12).

Tepat pukul 11.30 WIB, rombongan Wapres Jusuf Kalla yang lekat disapa JK disambut Walikota Pasuruan H, Hasani, Dirut PT Research Perkebunan Nusantara (RPN) Didiek Hajar Gunadi, Plt Direktur P3GI Triantari MSc, dan sejumlah pejabat di lingkungan P3GI.

Usai memberikan sambutan positif dan hangat kepada seluruh karyawan di kantor penelitian yang sudah berdiri sejak 1887 silam tersebut, JK kemudian diajak untuk meninjau ke sejumlah ruangan dan laboratorium yang ada P3GI.

Sementara itu, Plt Direktur P3GI Triantari menyampaikan, P3GI menjadi satu-satunya lembaga penelitian di Indonesia yang khusus meneliti tentang gula dan pemanis, mulai dari sektor on-farm, off-farm hingga konsep kebijakan dan tata niaga. Karenanya, kinerja industri gula Indonesia tidak terlepas dari peran P3GI.

Ia menjelaskan, sebagai pusat peneliti gula satu-satunya P3GI saat ini dikelola oleh swasta. Hal itu merupakan hal yang tidak tepat, karena status swasta yang mengelola aset negara. Disamping itu kendala lain yang dihadapi P3GI diantaranya regenerasi SDM terhambat sejak 10 tahun terakhir, pendapatan saat ini adalah hasil riset 5-10 tahun yang lalu, dan pendapatan P3GI tidak mencukupi untuk operasional lembaga.

Lebih lanjut disampaikan, saat ini kantor tempat bekerjanya itu memiliki hutang Rp60,5 milyar. “Dana sebesar itu selama ini digunakan untuk melakukan berbagai penelitian dan pengembangan tebu dan gula,” paparnya di hadapan Wapres JK.

Ditambahkan, pihak P3GI membutuhkan dana pertahun yang cukup besar untuk mendukung penelitiannya sebesar Rp45 milyar. Sedangkan pada kenyataannya dana yang dikucurkan untuk revitalisasi industri gula tidak dapat diakses P3GI. “Beberapa solusi sudah kami siapkan agar bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat,” imbuh Triatari.

Keinginan P3GI yang utama terangnya, adalah mengembalikan status P3GI, sehingga bisa menjadi bagian tak terpisahkan dari industri gula nasional. Yang terpentign pemerintah dan stakeholder bisa memberikan dana secara reguler. “Dengan demikian riset P3GI bisa menjadi lembaga riset non profit oriented (BLU),” harapnya.

Mendengar informasi tersebut, Wapres JK sempat kaget karena P3GI ternyata dikelola pihak swasta. Permasalahkan yang sudah disampaikan akan segera diselesaikan melalui Kementrian Pertanian. “Nanti dalam pendanaan langsung koordinasi dengan Menteri Pertanian,” tegasnya sambil menunjuk Mentan.

Hadir dalam kesempatan tersebut adalah, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Kabupaten Pasuruan Achmad Mawardi.

Tepat pukul 12.30 WIB, JK yang didampingi Gus Ipul beserta rombongan mengakhiri kunjungannya dan menuju Singosari Malang untuk peninjauan selanjutnya. (hery)