19/09/2020

Jadikan yang Terdepan

KPK Umumkan 27 Nominasi Festival Film Antikorupsi 2014

Jakarta, 3 Desember 2014. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan 27 nominasi Festival Film Antikorupsi (Anti Corruption Film Festival/ACFFest) 2014 pada Rabu (3/12) di Gedung KPK, Jakarta. Pengumuman dilakukan oleh Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja, Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) Alex Komang, dan Ketua Dewan Juri Arturo GP.
Para nominator itu antara lain:

nominator 1nominator 2nominator 3

Untuk kategori Film Pendek Dokumenter Umum, dewan juri menetapkan bahwa tidak ada nominasi karena tidak memiliki kriteria kualitas yang ditetapkan. Sementara itu, dewan juri yang terdiri dari Arturo Guna Priyatna, Alex Komang, Wahyu Aditya, Totot Indrarto, Vivian Idris, Ary Nugroho, Dedie A. Rachim dan Nanang Farid Syam akan mengumumkan para pemenang setiap kategori pada Malam Penganugerahan ACFFest 2014 di Taman Budaya Yogyakarta, Jalan Sriwedari No. 1, Yogyakarta pada Kamis (11/12).

Pada ACFFest 2014 ini, terdapat peningkatan jumlah peserta dari penyelenggaraan sebelumnya, dari 181 menjadi 333 peserta yang terbagi dalam enam kategori film yang dikompetisikan, yakni Film Pendek Fiksi Pelajar, Film Pendek Fiksi Umum, Film Pendek Dokumenter Pelajar, Film Pendek Dokumenter Umum, Film Pendek Animasi, serta Video Jurnalisme Warga (Citizen Journalism) bagi kalangan pelajar, mahasiswa, guru, pegiat antikorupsi dan film-maker di seluruh Indonesia.

Jumlah cakupan wilayah para peserta pun kian luas, mulai dari Aceh, Karo, Asahan, Tarakan, Makassar, Palu, Manado, Pare-Pare, Denpasar, Malang, Yogyakarta hingga Jakarta. Film yang diikutsertakan dalam festival ini diproduksi pada rentang 1 Januari 2013 hingga 15 November 2014 yang bertemakan kejujuran, kepedulian, keadilan, kemandirian, tanggung jawab, kerja keras, kesederhanaan, keberanian dan memiliki muatan pesan antikorupsi yang kuat.

Sebelumnya, ACFFest 2014 yang mengangkat tema “Face The Fact, Act Today” ini telah resmi dibuka oleh Ketua KPK Abraham Samad di Jakarta pada 27 Agustus 2014. Kemudian roadshow dalam rangka movie day digelar pada 27 Agustus hingga 27 September 2014 dan dihadiri lebih dari lima ribu orang. Festival ini merupakan kegiatan tahunan pencegahan korupsi melalui medium kreatif yang digagas dan dilaksanakan KPK bersama dengan Management System International (MSI) dan didukung oleh USAID. (ro)