15/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Aktivis Lingkungan Belanda Berbagi Ilmu di Rumah Inspirasi Ecoton

Rod berbagi ilmu peningkatan pemanfaatan sungaiSuaka Ikan Kali SurabayaGresik, KabarGress.Com – Sebagai tindaklanjut Rakor Suaka Ikan Kali Surabaya pada akhir November 2014 lalu, Ecoton yang merupakan motor dari gerakan Suaka Ikan Kali Surabaya kembali menggelar workshop.

Dalam workshop yang digelar di rumah inspirasi di kawasan Wringinanom Gresik pada hari Rabu (03/12/2014) ini membahas beragam program yang akan dilaksanakan pada 2015.

Yang menarik, dalam workshop ini hadir Rob Koudstal, salah satu aktivis lingkungan asal Belanda yang berbagi ilmu tentang negoisasi dan management strategi.

“Negoisasi adalah upaya untuk mempertemukan dua kepentingan antara dua pihak yang berbeda tujuan tanpa harus mengalahkan satu sama lain namun sama sama untung,” papar Rod.

Agar proses negoisasi berjalan lancar, Rod menyatakan bahwa harus terjadi komunikasi yang lancar sehingga terjadi pemahaman akan apa yang sebenarnya dibutuhkan kedua belah pihak.

Rod lantas mencontohkan sebuah jeruk yang diperebutkan dua orang. Si A bertubuh besar dan si B bertubuh kecil. Bisa jadi solusinya jeruk dibagi 2. Si A yang bertubuh besar mendapatkan 3/4 bagian dan si B yang bertubuh kecil mendapatkan 1/4 bagian.

“Padahal ternyata setelah terjadi komunikasi, Si A ternyata hanya membutuhkan kulit jeruk untuk membuat selai sedangkan si B membutuhkan jeruknya untuk membuat jus. Jadi setelah terjadi komunikasi yang transparan, si A dan si B saling mendapatkan apa yang dibutuhkan,” tegas Rob.

Sementara untuk masalah suaka ikan, Rob mengharapkan pemerintah dan masyarakat bisa duduk bersama dan mengidentifikasi masalah yang ada di wilayah sungai.

Beberapa agenda yang akan digelar pada 2015 mendatang adalah inventarisasi pemanfaatan lahan bantaran sungai di kawasan Suaka Ikan Kali Surabaya, Pemantauan Kualitas Air sungai serta pertemuan forum kemitraan pengelolaan kawasan suaka ikan Kali Surabaya. (ro)