03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Tahun ke-42, Campina Meluncurkan Logo Baru yang Modern dan Fresh

Foto 1Surabaya, KabarGress.Com – PT Campina Ice Cream Industry (Campina), perusahaan es krim ternama di Indonesia pada 42 tahun eksistensinya memperkenalkan logo baru perusahaan di Pabrik Campina Surabaya pada Kamis (27/11). Peluncuran logo baru yang modern dan fresh ini sebagai implementasi prinsip perusahaan untuk selalu tampil up to date.

Direktur Campina, Samudera Prawirawidjaja mengungkapkan, “Di tahun ke-42 ini kami dengan bangga memperkenalkan logo baru Campina untuk memberikan penyegaran di mata dan hati para pelanggan setia kami. Logo baru ini memberikan penegasan terhadap nilai-nilai perusahaan dikarenakan Campina selalu berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk yang berkualitas kepada konsumen.”

Foto 3Logo baru ini menampilkan tiga warna es krim yang memperlihatkan berbagai pilihan varian es krim dari Campina, mangkok emas yang melambangkan kesungguhan dalam menyajikan es krim terbaik seperti ketika masih membuatnya di rumah, bulatan merah yang melambangkan cita-cita yang tinggi, pita yang melambangkan kualitas produk, dan tidak ada sudut yang tajam yang melambangkan kelembutan.

 

Potensi Pertumbuhan Bisnis Es Krim di Indonesia Masih Besar

Dalam kesempatan ini, Samudera mengungkapkan bahwa potensi pertumbuhan konsumsi es krim di Indonesia masih besar. “Saat ini konsumsi es krim di Indonesia sebesar 0,6 liter per kapita per tahun, angka ini masih jauh lebih rendah dibanding negara-negara tetangga seperti Malaysia sebesar 2,1 liter per kapita per tahun, Singapura sebesar 5,5 liter per kapita per tahun, dan Australia sebesar  17,6 liter per kapita per tahun. Ke depannya, kami bermaksud menyusul ketinggalan pertumbuhan es krim kami bahkan bila memungkinkan melebihi pertumbuhan bisnis es krim negara tetangga,” jelas Samudera.

Foto 5Dalam menyambut potensi bisnis yang masih sangat besar tersebut, Campina selalu berkomitmen untuk memberikan produk yang berkualitas kepada konsumen melalui pemantauan ketat kualitas produk yang dihasilkan, inovasi produk, pemilihan bahan baku terbaik dan proses produksi yang telah berstandar ISO.

Dalam setahun, Campina meluncurkan sekitar 5-6 produk baru. Tujuannya adalah untuk menciptakan excitement kepada konsumen. Saat ini Campina memiliki 70-80 varian produk dari sisi bentuk dan rasa.

Samudera mengungkapkan bahwa dengan masih besarnya potensi pertumbuhan konsumsi es krim, Campina masih akan fokus untuk memenuhi permintaan es krim dalam negeri. “Kami fokus di dalam negeri dahulu. Dalam waktu dekat Campina juga akan memperluas kapasitas produksi dan melakukan ekspansi pasar di luar pulau Jawa. Kami akan mulai dengan membangun kantor cabang di beberapa kota-kota besar di Indonesia,” ungkap Samudera.

 

Factory Tour dan Kepedulian Campina terhadap Lingkungan

Foto 6Acara peluncuran logo baru ini sengaja dilakukan di dalam pabrik karena Campina ingin menginformasikan bahwa Campina sangat membuka diri kepada masyarakat. Campina memiliki kegiatan Factory Tour yang rutin dilakukan sejak tahun 2009. Kegiatan ini diperuntukan bagi masyarakat yang ingin melihat proses produksi es krim dan juga berbagai hal yang ada di dalam pabrik Campina. Samudera mengatakan bahwa permintaan terhadap kegiatan ini tinggi, terutama dari sekolah-sekolah untuk memperkenalkan manufaktur es krim kepada para siswa. Lebih dari 100.000 pengunjung telah mengunjungi pabrik Campina, terutama dari siswa sekolah dasar.

Pabrik Campina sendiri menerapkan konsep eco friendly yang sudah berjalan selama 5 tahun untuk ikut serta mengurangi pemanasan global demi kelestarian lingkungan. Campina memiliki kebun sayur percontohan, menerapkan konsep kantin vegetarian bagi seluruh karyawan, dan mengelola sampah makanan di pabrik menjadi kompos. Selain itu beberapa program ramah lingkungan yang diterapkan adalah dengan mengurangi penggunaan lampu dan memanfaatkan penerangan sinar matahari, suhu AC dijaga pada 24° C, dan memakai mesin hand dryer angin di toilet bukan tisu.

Foto 7Selain di dalam pabrik, Campina juga melakukan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus pada lingkungan. Salah satu program unggulan CSR Campina adalah program Budidaya Jamur Tiram. Campina memberikan pelatihan bagi masyarakat penerima program, mulai dari pendirian rumah jamur, proses budidaya, sampai dengan pelatihan untuk mengolah hasil panen.

Campina juga aktif berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan peduli lingkungan seperti kegiatan pelestarian Taman Hutan Raya di Bandung, penanaman 1000 pohon di Banda Aceh, bermitra dalam membangun Eco Learning Camp untuk pendidikan lingkungan hidup anak-anak bersama Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup dan menjadi soponsor Surabaya Green & Clean. Dengan kepeduliannnya terhadap lingkungan, Campina mendapat peringkat Biru pada penghargaan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

“Terima kasih kepada konsumen es krim Indonesia yang telah menyertai kami selama 42 tahun kami hadir. Campina memang memiliki passion yang besar di industri es krim. Semoga ke depan Campina dapat terus memberikan produk-produk yang digemari konsumen dan menjadi bagian dari keceriaan keluarga Indonesia,” tutup Samudera. (asmu’i subiyantoro, sh)

Teks foto:

– Hendro Hadipranoto (Direktur PT. Campina Ice Cream Industry), Maria Selena (Puteri Indonesia 2011), Samudera Prawirawidjaja (Direktur PT. Campina Ice Cream Industry) dan Adji Andjono (National Sales & Marketing Manager PT. Campina Ice Cream Indusri) yang sedang melakukan press conferences.

– Adji Andjono (National Sales & Marketing Manager PT. Campina Ice Cream Indusri) yang sedang memberikan penjelasan kepada para tamu dan undangan.

– Maria Selena (Puteri Indonesia 2011)

– Hendro Hadipranoto (Direktur PT. Campina Ice Cream Industry) Maria Selena (Puteri Indonesia 2011) (Kiri) dan Samudera Prawirawidjaja (Direktur PT. Campina Ice Cream Industry) dan Adji Andjono (National Sales & Marketing Manager PT. Campina Ice Cream Indusri) (Kanan) sedang melakukan seremoni peluncuran logo baru Campina.

– Hendro Hadipranoto (Direktur PT. Campina Ice Cream Industry), Maria Selena (Puteri Indonesia 2011), Samudera Prawirawidjaja (Direktur PT. Campina Ice Cream Industry) dan Adji Andjono (National Sales & Marketing Manager PT. Campina Ice Cream Indusri) dengan logo baru campina.

 

Sekilas Tentang PT Campina Ice Cream Industry (Campina)

logo campinaCampina didirikan pada tahun 1972 oleh Bapak Darmo Hadipranoto beserta istri, yang mulai membuat es krim Campina di garasi rumahnya yang terletak di Jl. Gembong Sawah, Surabaya. Campina dipasarkan awalnya dengan sepeda keliling menemui para pelanggannya. Seiring dengan tantangan yang dihadapi, Campina kemudian berinvestasi dalam pengembangan teknologi.

Pada tahun 1985, pabrik Campina direlokasi ke Rungkut, Surabaya. Dengan mesin-mesin modern untuk mengimbangi permintaan yang semakin meningkat, serta didukung sumber daya manusia yang ahli dalam pengembangan es krim dan sudah teruji secara internasional, Campina melebarkan sayapnya dan terbang semakin tinggi. Saat ini, Campina telah menjadi salah satu pemain besar dalam industri es krim di Indonesia yang selalu berkomitmen untuk memberikan produk-produk yang digandrungi oleh konsumen es krim.

Dalam 42 tahun perjalanannya, Campina selalu melayani keluarga Indonesia dengan penuh semangat. Campina tetap bertahan di hati keluarga Indonesia sebagai es krim yang istimewa disajikan dalam setiap suasana, dengan mutu dan kenikmatan cita rasa khas yang tetap terjaga selama beberapa generasi. (***)