03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Ratusan Siswa Tuntut Jaminan Lingkungan Hidup

tanam-mangrove-7tanam-mangrove-2Surabaya, KabarGress.Com – Ratusan siswa sekolah dasar negeri (SDN) Jajar Tunggal 3 Surabaya minta kepastian jaminan masa depan lingkungan mereka.

Aksi para siswa itu dilakukan dengan menggelar poster dan menanam ratusan bibit mangrove di Kawasan Konservasi Mangrove Wonorejo, Rungkut, Kamis (25/11/2014).

Dalam aksi penyelamatan lingkungan itu, para siswa dibimbing Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) Indonesia untuk lebih mengenal tentang fungsi dan pentingnya keberadaan mangrove untuk kawasan pesisir Surabaya.

Muhammad Khoirul Rijal Sekretaris KJPL Indonesia yang memimpin pelaksanaan kegiatan mengatakan, dengan adanya aksi dari para penerus generasi bangsa itu, diharapkan pemerintah dan semua pihak sadar, kalau keberadaan mangrove di pesisir Surabaya sangat penting.

“Untuk itu kami berharap, aksi perusakan mangrove yang terus terjadi di kawasan pesisir Surabaya Timur bisa segera dihentikan, dengan ketegasan dari pemerintah dan penegak hukum,” tegas Rijal.

Selain itu, Rijal juga menyesalkan dengan adanya aksi pembabatan mangrove yang masih terus terjadi di Kawasan Wonorejo, Medokan Ayu dan Gunung Anyar yang dilakukan beberapa pengembang perumahan dan perusahaan swasta lain.

“Kalau pemerintah khususnya Pemkot Surabaya dan polisi serius menegakkan hukum lingkungan, maka para pelakunya harus dipidanakan,” ujarnya.

Gerakan tanam mangrove yang digagas KJPL Indonesia akan terus berlangsung sampai tercapainya kerapatan hutan mangrove seperti awal sebelum terjadinya perusakan.

Revitalisasi kawasan konservasi mangrove di Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) itu, terus dilakukan KJPL Indonesia dengan menggandeng semua pihak, mulai dari para pelajar, mahasiswa, masyarakat, perusahaan dan lembaga lain yang memang punya komitmen dan kerelaan melakukan perbaikan lingkungan pesisir.

“Kami akan terus menggelar aksi ini dengan melibatkan semua pihak sebagai bentuk nyata bahwa kami tidak sekedar berteori dan berwacana, tapi kami turun langsung bersama masyarakat kapanpun,” papar Rijal.

Ditambahkan Rijal, aksi tanam mangrove yang digelar ratusan siswa SDN Jajar Tunggal 3 Surabaya itu juga sebagai aksi nyata memperingati Hari Pohon Se-Dunia yang diperingati setiap 21 November. [KJPL]