31/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Turnamen Bulutangkis Berhadiah 1 Juta Dolar US Kembali Digelar

Axiata Cup_1Jakarta, KabarGress.Com – Axiata Group Berhad (Axiata), salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Asia, bekerjasama dengan Badminton Asia Confederation (BAC) dan Total Sport Asia (TSA) kembali menggelar Kejuaran Bulutangkis tahunan, Axiata Cup 2014, dengan total hadiah sebesar 1 juta dolar US. Penyelenggaraan Axiata Cup yang telah memasuki tahun ketiga ini akan dilaksanakan di Jakarta dan Malaysia 27 November – 7 Desember 2014. Di Jakarta, turnamen akan berlangsung di Britama Arena Sports Mall, Kelapa Gading di Jakarta. Menurut rencana, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dijadwalkan akan membuka turnamen ini.

Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan mengatakan, “Sebuah kebanggan bagi Axiata dan XL bisa kembali menyelenggarakan event tahunan bergengsi ini. Ditahun ketiga penyelenggaraannya, kami ingin membuktikan kepedulian kami pada cabang olahraga paling populer di Asia ini. Melalui kejuaraan ini, kami berharap bulutangkis akan semakin populer di dunia, selain tentunya bisa mendorong lahirnya atlet berbakat di setiap negara peserta. Tentu saja, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kami berharap tim Indonesia bisa memenangi turnamen ini nanti.”

Kejuaraan bulutangkis Axiata Cup 2014 akan menampilkan 8 tim dari 6 negara peserta melalui babak penyisihan mulai 27 November hingga 3 Desember 2014. Tim yang lolos dari babak penyisihan akan bertanding pada babak semi final dan final di Kuala Lumpur Badminton Stadium (KLBA) Cheras, Malaysia, 6-7 Desember 2014. Format pertandingan masih sama dengan tahun lalu di mana setiap negara akan bertanding di empat kategori, yaitu: perorangan pria dan wanita, ganda pria dan campuran.

Tim Bintang Eropa, yang berada di peringkat ke lima tahun lalu, siap bertanding lagi dengan tim Bintang Asia di kejuaraan ini. Bergabung dengan mereka juga pemain papan atas dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura dan Filipina. Dipastikan setiap negara peserta akan mengirimkan pemain-pemain terbaiknya. Dari Indonesia antara lain akan tampil Hendra Setiawan peringkat ke-2 dunia, Muhammad Ahsan (2), Tommy Sugiarto (5), Markis Kido (8), Gideon Markus Fernaldi (8), Simon Santoso (19), Tontowi Ahmad (4), Liliyana Natsir (4), Riky Widianto (11), Richi Puspita Dili (11), dari Malaysia ada Hoon Thien How (10), Tan Wee Kiong (10), Chong Wei Feng (26), Singapura ada Chayut Triyacart (31), Chen Jiayuan (58), Philipina ada Ronel Estanislao (69), Philip Joper Escueta (69) . Sementara itu Thailand akan diperkuat Ratchanok Intanon (7), Boonsak Ponsana (11), Sudket Prapakamol (7), Saralee Thoungthongkam (7), Vietnam ada Nguyen Tien Minh (17), Vu Thi Trang (53). Sementara itu Tim Bintang Eropa dan Asia akan diperkuat oleh Vladimir Ivanov (21), Kirsty Gilmour (21), Hu Yun (8), Tai Tzu Ying (8), Kahsyap, Parupalli (17). (ro)