05/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Dharma Wanita Bakti Sosial Donor Darah

Surabaya, KabarGress.com – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Setda Provinsi Jatim Ny Hj Chaerani Yuliati Akhmad Sukardi, MSimenggerakkan pengurus dan anggotanya rame-ramemelakukan bakti sosial donor darah.

Baksos donor darah yang diikuti 60 orang ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun DWP ke 15 ini dilaksanakan di PMI Unit Donor Darah (UDD) cabang Surabaya Jl Embong Ploso Surabaya, Selasa (25/11)

Dalam pelaksanaan Baksos donor darah yang merupakan salah satu program DWP Setda Prov Jatim bidang sosial budaya ini merupakan bukti kepedulian DWP terhadap sesama.

Dalam kesempatan itu isteri Sekdaprov Jatim dengandidampingi Wakil Ketua Ny Sukardo dan Ny Idrus, serta para isteri Kepala Biro di lingkungan Setda Prov Jatim memberikan perhatian yang besar dengan senyum ramah mengajak dialog ringan saat ibu-ibu anggota DWP dalam proses pengambilan darah. Bahkan seluruh pendonor diberi tali asih sebagai ucapan terima kasih sudah mendonorkan darah dengan tulus dan ikhlas. Hal itu berarti telah menyumbangkan sesuatu yang sangat berharga, karena satu tetes darah sangat  berarti untuk kehidupan manusia.

Kegiatan Baksos Donor darah yang dimotori oleh DWP ini tidak hanya untuk pengurus dan anggota DWP saja yang donor, tapi juga diikuti karyawan/ karyawati yang badannya sehat, berat badan cukup.

Sementara itu, dr. Dhoni Ario salah satu dokter operasional pada UDD PMI Kota Surabaya yang memeriksapara donor darah mengatakan, sangat disayangkan tidak semua anggota DWP berhasil donor darah. Banyak ibu yang sudah niat donor tapi karena HB kurang tinggi sehingga tidak memenuhi syarat untuk donor darah. Standar untuk bisa donor12,5.

“Tapi tidak apa-apa yang penting ada kemauan dan niat ibu-ibu Dharma Wanita untuk peduli sesama melalui donor darah. Memang HB normal diatas 10 untuk orang biasa, tapi untuk donor harus lebih dari normal yaitu 12,5. Kebanyakan ibu HB-nya kurang tinggi karena ada yag sedang haid, atau malam sebelumnya kurang istirahat, atau kurang makanan zat besi. Yang perlu dipersiapkan bagi pendonor sehari sebelumnya harus istirahat yang cukup, harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti, sayuran,  telur, daging, dan ikan,” jelasnya.

Bagi para pendonor, lanjut dokter, tidak perlu takut sakityang diakibatkan penularan penyakit  Karena untuk alat suntik menggunakan sekali pakai dibuang / disposible.

Dijelaskan oleh dokter Ario, dengan melakukan donor darah banyak manfaatnya, selain beramal untuk orang lain, badan mungkin lebih sehat karena setelah diambil darahnya350 cc, manusia bisa kembali keadaan semula dalam satu atau dua hari kalau istirahat cukup dan makan gizi cukup dan mengandung zat besi.

“Dalam tubuh kita terjadi produksi/ pergantian darah secara otomatis. Darah kita yang sudah rusak kebanayakan dibuang lewat kotoran. Nah, daripada dibuang sia-sia dimanfaatkan donor untuk menolong sesama seperti untuk orang yang sakit yang membutuhkan daerah, kecelakaan, demam berdarah, dan lain-lain,” tambahnya.

HUT ke-15 DWP yang diperingati tgl 7 Desember mengambil tema ” DWP tanggung jawab kita semua : Tantangan perempuan di era globalisasi”. Peringatan HUT DWP pada semua tingkat kepengurusan, baik di Instansi Pemerintah Provinsi Jatim, maupun Kab/ Kota akan diisi dengan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing, terutama  program unggulan yang ingin mengembangkan sasaran pelaksanaan program untuk anggota, keluarga dan masyarakat. Dengan demikian peranan DWP sebagai mitra strategis Pemerintah dalam pelaksanaan program-program kemasyarakatan bisa teraktualisasi dengan optimal.

Salah seorang pendonor Ny. Ilham (DWP Biro Umum)mengatakan,”Saya untuk pertama kali mendonorkan darah, karena anak saya sudah biasa donor, saya jadi termotivasi untuk ikut mendonorkan darah. Tahun lalu sudah pernahmau donor tapi tidak memenuhi HB sehingga tidakmemenuhi syarat untuk donor. “Alhamdulillah tahun ini saya berhasil donor,” ungkapnya didepan ibu-ibu pengurus DWP yang menemaninya.

Dalam rangkaian acara HUT ke-15, selain baksos donor darah, cek kesehatan pup smear gratis (19/11), juga akan dilaksanakan santunan penddikan, dan bantuan kesehatan untuk anggota yang sakit. (hery)