03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Graha Natura Raih Penghargaan Perumahan Terbaik di Jatim

* Pencemaran lingkungan bukan hanya berasal dari limbah pabrik, tetapi juga berasal dari limbah rumah tangga. Jika ingin menciptakan kawasan yang sehat dan bersih, kita harus berangkat dari kepedulian di lingkungan terdekat kita

Graha NaturaSurabaya, KabarGress.Com – Graha Natura, kawasan perumahan yang dikembangkan PT Intiland Development Tbk di Surabaya, berhasil terpilih sebagai perumahan terbaik di Jawa Timur (Jatim). Penghargaan sebagai Best Project Development di Jatim ini diperoleh Graha Natura di ajang kompetisi karya properti bergengsi Indocement Awards 2014 yang mengambil tema “Bagusnya Indonesia”.

Direktur PT Intiland Grande, David Hosea, telah menerima tropi penghargaan tersebut pada Selasa (11/11/2014) di Jakarta. “Diperolehnya penghargaan ini menjadi wujud pengakuan terhadap keunggulan konsep pengembangan Graha Natura. Sekaligus menambah jumlah penghargaan yang berhasil diraih Graha Natura, mengingat sebelumnya kawasan perumahan ini juga terpilih sebagai salah satu perumahan terbaik di Indonesia di ajang kompetisi lainnya,” jelasnya.

Wakil Presiden Direktur dan Chief Operating Officer Intiland, Sinarto Dharmawan, mengaku bangga atas penghargaan tersebut. “Kami berharap apa yang kami bangun di Graha Natura dapat menginspirasi banyak pihak untuk bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan lingkungan,” tandasnya.

Graha Natura layak memenangi penghargaan ini karena dinilai berhasil menerapkan prinsip-prinsip sustainable development atau pengembangan berkelanjutan dan green development atau berwawasan lingkungan. Kawasan perumahan seluas 80 hektar di Surabaya Barat ini sukses menerapkan prinsip-prinsip tersebut ke dalam konsep pembangunan infrastruktur dan utilitas lingkungan, pengembangan masyarakat dan komitmen terhadap kelestarian lingkungan.

Indocement Awards merupakan ajang kompetisi dan pemberian penghargaan kepada para developer, kontraktor, arsitek, akademisi, peneliti, mahasiswa dan siapapun yang berhasil menunjukkan kinerja, karya, inovasi serta kreativitas di dunia konstruksi Indonesia. Ajang penghargaan ini digagas dan diselenggarakan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk serta digelar setiap dua tahun sekali sejak 2008.

Salah satu keunggulan Graha Natura sehingga menjadi perumahan terbaik di Jatim karena berhasil memadukan konsep healthy living, technology dan nature. Integrasi ketiga konsep tersebut antara lain diwujudkan dengan menjadikan Graha Natura sebagai kawasan perumahan yang bebas limbah rumah tangga yang dapat mencemari lingkungan.

Komitmen ini diwujudkan dengan membangun sistem pusat pengolahan limbah terpadu atau Integrated Sewage Treatment Plant yang mampu mengolah seluruh limbah cair dan padat dari rumah tangga secara terpusat. Melalui penerapan teknologi ini maka setiap rumah di Graha Natura bebas dari septic tank.

“Pencemaran lingkungan bukan hanya berasal dari limbah pabrik, tetapi juga berasal dari limbah rumah tangga. Jika ingin menciptakan kawasan yang sehat dan bersih, kita harus berangkat dari kepedulian di lingkungan terdekat kita,” ujar Sinarto.

Ditambahkan, Graha Natura juga membangun jaringan infrastruktur serat optik di seluruh kawasan perumahan. Fasilitas ini didayagunakan untuk berbagai kebutuhan komunikasi dan informasi berbasis teknologi tinggi bagi para penghuninya, seperti teleconference, voice over internet protocol, HD television, jaringan internet berkecepatan tinggi, maupun untuk keperluan pengawasan lingkungan rumah secara terpadu berbasis closed-circuit television (CCTV). (ro)