05/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Wagub Minta Paklina Tingkatkan Profesionalisme

Wagub Minta Paklina Tingkatkan ProfesionalismeSurabaya, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf memintaAsosiasi yang tergabung dalam Persatuan Kontraktor Listrik Nasional (Paklina) Jatim meningkatkan profesionalisme kinerjanya, terutama menghadapi pasar bebas Asean 2015. “Pasar bebas Asean 2015 mempertarungkan barang dan jasa yang tidak dapat dibendung. Untuk itu, semua anggota Paklina harus meningkatkan profesionalisme guna menghadapi gempuran dari tenaga kerja asing masuk ke Jatim,” ungkapnya saat meresmikan Kantor Paklina Jatim, Jl. Tales II No. 33 Surabaya, Rabu (19/11).

Peningkatan profesionalisme dan kualitas anggota Paklina bisa berbagai bentuk kegiatan. Salah satunya, mengadakan pelatihan peningkatan kemampuan sekaligusmenggelar bimbingan teknis untuk mengasah skill,pengetahuan anggota. “Dengan adanya kantor baru, setiap anggota diharapkan meningkatkan kemampuan dan kualitasnya guna membekali diri secara positif,” pintanya.

Pemprov Jatim mengapresiasi, kontribusi dari Paklina. Karena, keberadaanya mampu mengorganisir pengusaha dan pekerja guna memudahkan segala kepentingan masyarakat di bidang kelistrikan. Jika dahulu semua dikendalikan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN), namun saat ini untuk instalasi hingga pengawasan bisa dikerjakan oleh pihak ketiga, salah satunya adalah Paklina.

Secara khusus, diresmikannya kantor Paklina diharapkan mampu memotivasi pada setiap anggotanya.Selain itu setiap anggota bisa saling bertukar pikiran, pengalaman dan berbagi pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya. “Semoga setelah diresmikannya kantor ini, memberikan dampak positif bagi kinerja seluruh anggota sehingga turut berkontribusi bagi pembangunan di Jatim,” imbuhnya.

Sementara itu, Dewan Pembina Paklina Jatim, AbdulHalim Iskandar mendukung penuh awal berdirinya Paklina. Dimanapun juga, sebuah institusi maupun organisasi jika ditopang oleh kebijakan politik mudah eksistensinya. “Saya mendoakan, keberadaan kantor ini dapat membawa keberkahan. Hubungan emosional tidak akan terbentuk jika tidak bertemu secara tatap muka. Semoga di kantor ini, kekerabatan kebersamaan bisa terjalin dengan baik sehingga berdampak bagi kemajuan Jatim,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD Paklina Jatim,Lilik Suhartoyo mengatakan, Paklina merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang kelistrikan. Saat ini anggotanya sebanyak 409 orang dan tersebar di 38 Kab/Kota.

Paklina Jatim, berdiri pada tahun 2010 merupakan salah satu asosiasi dari BUMN khususnya PLN disamping Akli atau Aklinas. “Kami laporkan, sebagian besar anggotakami telah menjalankan proyek-proyek strategis di berbagai daerah. Peresmian kantor ini, merupakan bentuk iuran dari anggota dan kami fungsikan untuk mengadakan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan mutu setiap anggota,” pungkasnya. (eri)