Lingkungan Tentukan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Lingkungan Tentukan Kualitas Kesehatan MasyarakatSidoarjo, KabarGress.com – Lingkungan  membawa  peranan sangat  penting  dalam  kehidupan  keluarga dan lebih luas lagi adalah kehidupan bermasyarakat. Karena lingkungan sangat menentukan bagi kualitas kesehatan masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Bude Karwo sebutan lekat Ibu Nina Soekarwo  Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Jatim saat membuka Sosialisasi dan pencanangan Kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan Kab/Kota se Jatim di Hotel Utami Sidoarjo, Rabu (19/11).

Menurut Bude Karwo, sebetulnya banyak  faktor yang dapat mempengaruhi derajad kesehatan  manusia, yakni  selain istirahat yang cukup  dan asupan gizi yang dikonsumsi setiap hari, adalah faktor lingkungan  sebesar 45 persen, faktor keturunan sebesar 50 persen, faktor perilaku sebesar 35 persen juga faktor pelayanan kesehatan  yang hanya 15 persen.

Untuk itu, lanjutnya, PKK selalu berupaya bagaimana caranya  agar lingkungan yang ada disekitar kita tidak rusak  dan  bisa tetap terjaga dengan baik.  Untuk menjaga hal tersebut, maka ibu- ibu PKK terus bersibergi dan bekerjasama dengan  instansi terkait  dengan membuat program  penghijauan  penanaman sejuta  pohon  disetiap ruas jalan atau dilahan kosong. Dengan begitu, maka  lingkungan yang disekitar kita bisa hijau dan tanahpun terjaga kesuburan    serta  sumber air tidak kering atau mati.

Selanjutnya  Bude mengatakan, kerja keras dan upaya   tak kenal lelah yang dilakukan oleh ibu-ibu  PKK  Kab/Kota se  Jatim, maka usaha itu  telah  menghasilkan prestasi yang luar biasa  yakni  berhasil   menyabet  Juara  Umum tiga kali dalam tiga tahun  berturut- turut Jawa Timur menjadi juara Umum Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Nasional. Predikat Juara Umum tiga kali berturut- turut ini hanya diraih oleh Provinsi Jawa Timur, oleh karena itu, tahun ini Jatim tidak diperkenankan mengikuti lomba yang sama di Tahun 2015 mendatang.

Meski Jatim tidak boleh mengikuti lomba Tingkat Nasional, tambahnya, namun Jatim tetap mengadakan lomba dimaksud untuk tingkat Jawa Timur. “ Jadi semua Kab/Kota se jatim yang jumlahnya 38 itu wajib mengikuti Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan 2014 dengan tema melalui  Kesatuan Gerak PKK- KB-Kes kita satukan langkah menyonsong Keluarga Sehat, Aman dan Sejahtera,” tegasnya

Tujuan tetap diadakan lomba ini adalah supaya ada kelanjutannya karena banyak provinsi lain yang dating ke Jatim untuk mengadakan studi banding dengan sasaran ke daerah yang menjadi pemenang tingkat prov. Atau tingkat nasional. Untuk itu, jangan sampai setelah menjadi juara, terus daerah tersebut stakenan tidak membuat progress atau program kelanjutan agar kedepan dapat jauh lebih baik.

Lebih lanjut dikatakan, lomba yang diadakan kali ini lebih difokuskan pada upaya penurunan AKI dan AKB  utamanya di daerah yang AKI atau AKBnya tinggi. Sebetulnya AKI Jatim sudah ada penurunan  yakni  sebanyak 642 ibu meninggal tahun kemarin, saat ini turun menjadi 440 orang ibu meninggal se Jatim. Penurunan ini bisa  dilakukan karena adanya pendampingan dari ibu-ibu PKK  Dasa Wisma dengan sukarela dan ikhlas bekerja membatu bidan untuk memberikan  pendampingan pada ibu hamil beresiko tinggi. Jumlahnya lumayan banyak yakni sekitar 740 orang ibu hamil beresiko tinggi, tapi Alhamdulillah dengan pendampingan ibu-ibu PKK tersebut akhirnya mereka bisa melahirkan dengan selamat dan merekapun langsung ikut KB.

Ditempat yang sama Kadis Kesehatan prov. Jatim dr. Harsono mengatakan, sepelik apapun masalahnya kalau PKK turun tangan dan langsung ke lapangan sudah dapat dipastikan masalahnya pasti bisa diatasi dan ditangani sampai tuntas.  Karena dengan turun tangan melalui posyandu maka 10 macam penyakit akan dapat teratasi dan dicegah yakni lewat imunisasi.

Begitu juga, dengan melakukan pendampingan  baik itu pendampingan PAUD ataupun pendampingan pada ibu hamil beresiko tinggi maka hasilnya bisa dirasakan dan diacungi jempol. Pendampingan ibu hamil beresiko tinggi AKI bisa diturunkan, begitu juga pendampingan pada PAUD, maka tumbuh kembang anak melejit naik dengan fantastic.” Untuk itu, PKK adalah penggerak yang luar biasa karena hanya dengan posyandu saja sudah bisa menyelesaikan beberapa masalah yang ada di masyarakat. Kalau posyandu beres dan PKKnya kompak dunia pasti berseri dan sejahtera, karena dengan PKK sudah selesai segala masalah,” terangnya. (eri)

Leave a Reply


*