22/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Wisudawan Adalah Orang Sukses di Bidangnya

Wisudawan Adalah Orang Sukses di BidangnyaSurabaya, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusufmengatakan, lulusan sarjana dari perguruan tinggi atau wisudawanmerupakan orang sukses yang telah mampu meraih prestasi tinggi dalam menempuh pendidikan sehingga ilmu yang didapat bisa diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat serta di dunia kerja.

“Wisudawan/Wisudawati adalah orang sukses meraih ilmu pada pendidikan tinggi sekaligus orang yang nantinya akan sukses di dunia kerja sesuai dengan kompetensi dan kemampuan di bidangnya,” ungkapnya pada saat memberikan motivasi kepada wisudawan/wisudawati Sarjana dan Diploma III PGRI Adi Buana, di Aula PGRI Adi Buana Jl. Menanggal Surabaya, Sabtu (15/11).

Ia mengatakan, wisudawan adalah orang pintar yang ilmunya dapat memberikan sumbangsih bagi pembangunan. Gagasanmaupun ide dari wisudawan sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara. “Saya sangat mengapresiasi dan berusaha hadir jika diundang pada acara wisudawan setiap kampus di Jatim. Karenasetiap rumusan kebijakan dari pemerintah terdapat ide dan gagasan cemerlang dari para mahasiswa,” terangnya.

Gus Ipul sapaan akrabnya sangat mengapresiasiwisudawan/wisudawati yang telah meraih ilmu dan lulus tepat waktu. Mereka adalah orang yang telah memiliki ilmu yang cukup dibidangnya. Dengan ilmu yang dimiliki, banyak peran bisa diambil di tengah-tengah masyarakat.

Harus diakui, peran pemerintah masih kurang di dalam menciptakan lapangan pekerjaan secara luas. Untuk itu, hadirnyalulusan ini akan memberikan dampak positif bagi pembangunan di Jatim. “Saya yakin, keberadaan Universitas PGRI Adi Buana yangsukses mencetak lulusan tenaga pendidik dan bersertifikasi profesiini dapat berperan penting membantu pemerintah didalammerumuskan kebijakan pendidikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor PGRI Adibuana Surabaya Drs. H. Sutijono MM ingin mengajak wisudawan/wisudawati memahami konteks wisuda. Wisuda jangan diartikan telah berakhir segala-galanya. Akan tetapi, harus direnungkan, difahami baik secara ontologis, epistimologis dan aksiogis.

Ia menjelaskan, hakikat dari wisuda adalah suatu permulaan awal dari proses kehidupan yang panjang. Ibarat matahari terbityang sinarnya mulai memberikan kehangatan untuk berkarya dalam perubahan dan kemartabatan.

Diharapkan, wisudawan/wisudawati dapat menstimulan eksistensi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menjadi perguruan tinggi yang mampu menghasilkan kader bangsa yang berperilaku keilmuan, profesional dan berjiwa kewirausahaan berbasis riset.

Wisuda kali ini, berhasil meluluskan 1600 wisudawan/wisudawati yang terdiri dari 67 orang lulusan Program Diploma III, dan sebanyak 1.533 orang lulusan program sarjana. (eri)