14/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Pangdam V/BRW Terima Duplikat Piagam Gelar Pahlawan Nasional

Pangdam V BRW Terima Duplikat Piagam Gelar Pahlawan NasionalSurabaya, KabarGress.Com – Duplikat piagam gelar pahlawan nasional yang di anugerahkan oleh presiden RI kepada Alm. Bapak HR. Mohamad Mangoendiprodjo diserahkan kepada keluarga besar Kodam V/Brawijaya yang diwakili oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko, S.Sos. Piagam gelar pahlawan nasional tersebut diserahkan oleh Bapak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Prof.Dr.Ir. Indroyono Soesilo, M.Sc pada hari Jum’at (14/11) di Aula Kodam V/Brawijaya.

Mayjen TNI Eko Wiratmoko, S.Sos dalam amanatnyamenyampaikan bahwa penganugerahan gelar pahlawan nasional ini akan menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi keluarga besar Kodam V/Brawijaya karena beliau adalah prajurit Brawijaya yang saat itu masih bernama Komandemen III Jawa Timur. Lebih dari itu, penganugerahan gelar pahlawan nasional ini juga akan menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi generasi penerus prajurit Kodam V/ Brawijaya untuk terus memberikan pengabdian terbaik sekaligus melanjutkan cita-cita perjuangan beliau yaitu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan serta terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salah satu Inspirasi penting yang harus kami petik dan warisi dari Almarhum HR. Muhamad Mangoendiprodjo adalah komitmen pengabdian beliau sebagai prajurit profesional yang terus berfikir dan berbuat hanya untuk kepentingan bangsa dan negara. Terkait dengan hal itu, sangat penting bagi kami untuk terus menggelorakan semangat pengabdian seperti yang beliau tunjukkan dengan menanamkan dalam sifat dan sikap bagi setiap prajurit TNI khususnya Kodam V/Brawijaya bahwa satu-satunya yang ada dalam fikiran dan tindakan prajurit adalah mengabdi dan terus mengabdi hanya kepada kepentingan Bangsa dan Negara, sekalipun harus mengorbankan jiwa dan raga.

Di akhir amanatnya Pangdam V/Brawijaya ataskeluarga besar Kodam V/brawijaya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada bapak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman atas penyampaian petikan piagam gelar pahlawan nasional kepada salah satu putra terbaik Kodam V/Brawijaya bahkan juga putra terbaik bangsa dan Negara ini. Kami bangga karena pengabdian beliau telah diakui oleh Negara dan tentu saja seluruh rakyat Indonesia. Semogamasa-masa pengabdian beliau dapat terus dikenang dan dijadikan rujukan bagi seluruh generasi penerus bangsa khususnya tentang komitmen kepahlawan dan pengabdian kepada bangsa di masa kini dan seterusnya. (eri)