15/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Laksda TNI Darojatim Sosok Tegas dan Bersahaja

Laksda TNI Darojatim Sosok Tegas dan BersahajaSurabaya, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo mengungkapkan, Panglima Armada Timur, Laksda TNI Darojatim adalah sosok yang tegas dan bersahaja namun mencintai pertemanan dan persaudaraan di dalam setiap menjalankan tugas negara.

“Kami merasa, hubungan persaudaraan yang terjalin sangat dekat. Beliau memiliki Soft Power  dan mampu menempatkan pertemanan dan persaudaraan yang sangat dekat sehingga kerjasama dengan Pemprov Jatim berjalan harmonis dan bersinergi,” ungkapnya dalam sambutan Pisah Sambut Pangarmatim, di KRI Bung Tomo, Dermaga Ujung Surabaya, Senin (10/11) malam.

Menurutnya,  kepergian Laksda TNI Darojatim untuk bertugas ke tempat lain diyakini tidak akan lama. Meskipun melaksanakan tugas di Jakarta namun pemikirian, ide, konsep dan gagasan masih dibutuhkan bagi kemajuan Armada Angkatan Laut (AL) di Jatim.

Kepada Calon Pangarmatim yang baru, Laksda TNI Ari Sembiring, Pakde Karwo menjelaskan, masyarakat Jatim adalah masyarakat yang plural dengan berbagai karakter yang beraneka ragam.

Secara kultur masyarakat Jatim tidak ada perbedaan dengan suku batak asal Laksda TNI Ari Sembiring. Di Jatim ada kultur arek, mataraman dan madura dan disekitar Armatim juga ada kampung ambon dan bugis. “Kami merasakan hubungan TNI-Polri terjalin positif,” imbuhnya.

Sinergitas ini menyebabkan situasi dan kondisi Jatim terus aman dan nyaman. “TNI-Polri di Jatim hubungannya sangat  rukun sehingga memberikan contoh positif bagi kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya.

Demikian juga, Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim menilai Laksda TNI Darojatim adalah sosok yang mudah akrab dan dapat mengatasi berbagai masalah sekaligus menciptakan rasa aman bagi masyarakat Jatim khususnya di daerah laut. “Laksda TNI Darojatim adalah orang hebat yang meninggalkan inovasi dan kreatifitas yang berkesan bagi Jatim terutama untuk kemajuan Armatim,” ujarnya disambut tepuk tangan dari seluruh undangan yang hadir.

Laksda TNI Darojatim dalam sambutan perpisahan mengatakan, selama memimpin Armatim kebersamaannya terjalin dengan baik antara TNI AL, AU dan AD. Salah satu contoh yang disampaikan dengan digelarnya  latihan gabungan (Latgab) TNI Full Power  yang  puncaknya digelar pada peringatan HUT TNI. “Ini menunjukkan dan melaporkan kepada masyarakat bahwa kemampuan TNI tidak kalah dengan negara lain,” ujarnya

Ia meminta maaf kepada seluruh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Jatim yang telah setengah tahun bersama sama melakukan kegiatan dan menjalankan tugas. “Kami berusaha menjalankan tugas dengan baik,  terkoordinir dan mengendalikannya bersama-sama untuk menjadikan Jatim lebih baik dan dikenal nasional maupun international. Yakinlah, meskipun saya bertugas di luar Jatim namun hati saya  masih tertinggal di Jatim,” ujarnya.

Sementara Calon Pangarmatim, Laksda TNI Ari Sembiring berjanji akan  terus belajar dan meminta nasehat kepada senior demi kemajuan Armatim. “Dalam menjalankan tugas di Jatim, kami mohon bimibingan dan arahan. Kami perlu belajar banyak dalam mengabdikan diri bagi masyarakat, karena kami masih butuh nasehat yang positif” pungkasnya. (eri)