16/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Jatim Siap Tingkatkan Kerjasama dengan China

Jatim Siap Tingkatkan Kerjasama dengan ChinaSurabaya, KabarGress.com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur H. Akhmad Sukardi mengatakan, Jatim siap meningkatkan kerjasama dengan China khususnya Provinsi Tianjin. Hal ini bisa dilihat  nilai investasi China di Jatim dari sebanyak 249 perusahaan pada tahun 2009-2013 total nilainya  sebesar 2.011,41 juta dollar AS dan mampu menyerap sebanyak 22.597 orang.

Saat menerima Ketua Parlemen Provinsi Tianjin Xiao Huaiyun beserta delegasi dagang di Ruang Kerjanya, Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya, Selasa (11/11) Sukardi menegaskan,  Tianjin telah menyediakan Exchange Center sebagai pusat promosi Trade, Tourism and Investment. Selain Tianjin, Jatim juga bekerjasama dengan beberapa provinsi di China antara lain Shanghai, Shandong, Guangxi dan Zhejiang.

Untuk Shanghai dan Shadong, kerjasama difokuskan pada pendidikan. Kerjasama ini, dimulai pada saat Chinadengan mengirimkan dua orang peserta untuk mengikuti pelatihan Bahasa Indonesia dan perikanan sertamempelajari budaya Jatim.

Sedangkan di Guangxi mengirimkan peserta untuk mengikuti Pameran China Asean Expo (CA-EXPO). “Beberapa waktu lalu, saat berkunjung ke Tianjin saya melihat perkembangan kota dan perdagangan yang tumbuh pesat. Kami siap untuk meningkatkan kerjasama dagang dan bisnis antara Jatim dengan Tianjin,” imbuhnya.

Ia menambahkan, hubungan yang terjalin antara Jatim dengan China sangat positif dan berkesinambungan. “Bahkan setiap Pemprov Jatim menggelar event, China selalu berpartisipasi untuk memeriahkannya. Semoga hubungan kerjasama ini membawa dampak positif bagi peningkatan investasi dan ekonomi kedua negara,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Parlemen Provinsi Tianjin Xiao Huaiyuan mengatakan, kunjungannya ke Jatim untuk membalas kunjungan kerja yang dilakukan oleh Sekdaprov Jatim pada saat di China. “Kami berharap hasil kunjungan ini bisa menghasilkan langkah positif guna peningkatan ekonomi kedua belah pihak,” imbuhnya.

Untuk meningkatkan hubungan yang baik secara terus menerus, Pemerintah Provinsi Tianjin akan meresmikan Exchange Centre sebagai pusat promosi dan pengenalan produk unggulan dari China. “Kami akan meresmikan Exchange Centre Tianjin di Jatim berlokasi di Margorejo No. 420-421 Surabaya guna menonjolkan berbagai produk agar peningkatan ekonomi bisa terus hidup,” pungkasnya. (eri)