29/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Pagelaran Seni Padang Rembulan Ajang Bangun Karakter Bangsa

Gus Ipul Bagikan Sepeda Lipat Kepada Siswa-siswi Yang Beruntung Pada Festival Padang Rembulan di Stadion Kab BangkalanBangkalan, KabarGress.Com – Pageleran seni padang rembulan ajang membangun karekter bangsa khususnya pelajar dan pemuda sebagai generasi penerus. Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs.H. Saifullah Yusuf sebelum membuka Pergelaran Padang Rembulan di Stadion Bhangkalan Sabtu malam (8/10)

Dikatakan Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim ini, pemerintah berupaya untuk membangun sumber daya manusia yang berkarakter dan berbudaya yang dimulai dari usia dini (anak-anak) melalui pendidikan non formal yakni berkesenian. Siapa yang mencintai dan melestarikan budayanya maka akan terbentuk generasi muda yang mencintai bangsa dan negaranya.

Tambahnya, selain upaya tersebut, pagelaran ini sebagai upaya memberikan ruang dan kesempatan bagi generasi muda untuk unjuk kebolehan di berbagai kegiatan berkesenian. Harapannya para pelajar dapat menunjukan hasil kreasi seni dan budaya.

“Kesempatan yang telah diberikan pemerintah ini akan membuat mereka pelajar dapat lebih bersemangat dalam berapresiasi, sehingga upaya untuk melestarikan, mempertahankan seni-seni yang ada di Jawa Timur dapat terwujud,” katanya.

Lanjutnya, pergelaran seni ini merupakan wujud sinergitas antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pemkab Bangkalan sekaligus memeriahkan Hari Jadi Provinsi Jatim ke 69. Disinilah tugas pemerintah untuk menemukan strategi kedepan bahwa pelajar merupakan generasi penerus dalam mempertahankan seni tradisi dari perkembangan kebudayaan yang semakin mengglobal.

“Dibutuhkan peran semua orang termasuk guru dan pelajar tergerak untuk mengenal dan akhirnya kembali mencintai berbagai seni tradisional, karena kita ketahui tantangan dalam melestarikan seni dan budaya tradisi semakin berat,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Gus Ipul berharap kepada seluruh pelajar, guru serta masyarakat yang hadir di stadion bangkalan diharapkan agar dapat memotivasi kepada anak-anak untuk berapresiasi dalam mengemban seni budaya yang ada di Nusantara.

Di kesempatan sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jatim Dr.Harun, M.Si, mengungkapkan bahwa festival “Padang Rembulan” setiap tahunnya secara bergantian diselenggarakan oleh UPT Dikbangkes pada setiap kabupaten/kota di Jawa Timur. Pihaknya sangat berterima kasih kepada Bupati Bangkalan yang telah mendukung terselenggaranya acara ini dengan baik di Stadion Bangkalan.

“Sasaran pagelaran ini adalah pengajar, pelajar dan masyarakat yang bertujuan membentuk karakter bangsa generasi muda di Kabupaten Bangkalan,” tuturnya.

Pegelaran ini menampilkan karya seni musik, tari dan suara. Juga ditampilkan band pelajar, karawitan oleh SDN Kraton 4 Bangkalan, Paduan Suara dari SMKN Bangkalan, Band Pelajar SMAN 1 Bangkalan, Karawitan oleh SDN Kraton 4 Bangkalan. Tari Karapan sapi, tari Oncom, Tambayu dan tari Surabaya. Pagelaran juga dimeriahkan drama Tari Kelesap yang diperankan pelajar SMAN 2 Bangkalan. (eri)