03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Minta Mengurus Orang Sakit Harus dengan Hati

Pakde Karwo Minta Mengurus Orang Sakit Harus dengan HatiSurabaya, KabarGress.com – Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo mengajak semua pihak yang bergerak di bidang jasa dan pelayanan masyarakat selalu meningkatkan pelayanan dan pengabdiannya dengan baik.Ajakan itu disampaikan saat melepas mlaku bareng dalam rangka memperingatiHarlah ke-76 RSUD Dr. Soetomo, di Halaman RSUD. Dr. Soetomo, Surabaya, Jumat (7/11).

Ajakan tersebut, dikhususkan kepada lembaga rumkit (rumah sakit) yang melayani masyarakat selama 24 jam.“Khususnya pengelola rumkit  harus memberikan kemudahan dan kenikmatan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, tim medis harus memiliki teamwork agar mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pintanya

Kunci dari pelayanan, menurut Pakde Karwo sapaan akrabnya memberikan pelayanan terbaik harus dengan hati. Hal ini memberikan efek positif saat menjalankan tugas. “ Ini merupakan manifestasi kemanusiaan. Semua harus bekerja dengan ikhlas dalam mengurus orang sakit,” jelasnya.

Selain dipengaruhi oleh tenaga medis juga sarana dan prasarana guna menunjang dan memaksimalkan pelayanan pasien. Kedua hal tersebut saling berkaitanagar tidak terjadi ketimpangan.

Salah satu wujud peningkatan sarana prasarana di RSUD Dr. Soetomo telah diresmikan empat fasilitas yang siap digunakan. Seperti fasilitas pelayanan diagnostik terintegrasi, radiomedik instalasi rawat darurat, pembangunan gedung parkir A, gedung instalasi rawat jalan.

“Untuk pembangunan gedung parkir A merupakan salah satu temuan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bahwa pelayanan parkir di RSUD. Dr. Soetomo kurang bagus. Oleh sebab itu, dengan beroperasinya gedung, diharapkan masyarakat yang berobat di RSUD Dr. Soetomo merasa nyaman tanpa dibingungkan masalah tempat parkir, “ tegasnya.

Pakde Karwo mengusulkan, agar pembangunan sarana dan prasarana di rumkit terus dilakukan secara berkelanjutan. Tentunya, pembangunan lebih dikedepankan dalam urusan IT. Karena penggunakan IT, akan mempermudah kerja dalam proses pelayanan. “Tidak bisa dipungkiri perkembangan zaman menjadikan IT sebagai tool, apalagi menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dimana IT akan menjadi bagian didalamnya,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD. Dr. Soetomo, dr. Dodo Anondo, MPH menambahkan, saat ini RSUD. Dr. Soetomo merupakan satu-satunya RSUD kelas A di Indonesia yang telah memperoleh akreditasi paripurna. “Pada tahun 2015 nanti, kami mengusulkan agar mengikuti akreditasi internasional, sehingga RSUD Dr. Soetomo bisa bersaing dalam pelayanan dengan rumkit di luar negeri,” ujarnya. (eri/ro)

Teks foto: Gubernur Jawa Timur, Pakde Karwo bersama Direktur RSUD. Dr. Soetomo, dr. Dodo Anondo, MPH, di tengah-tengah acara mlaku bareng dalam rangka memperingati Harlah ke-76 RSUD Dr. Soetomo, di Halaman RSUD. Dr. Soetomo, Surabaya, Jumat (7/11).