03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Hj Fatma Saifullah Yusuf Dilantik Jadi Ketua Pengprov Perwosi Jatim

Hj Fatma Saifullah Yusuf Dilantik Jadi Ketua Pengprov Perwosi JatimSurabaya, KabarGress.com – ​Ny. Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf dilantik menjadi Ketua Pengurus Provinsi Pengprov) Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Jatim masa bakti 2014 – 2018.Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PP. Perwosi Ny Devi Luhut Panjaitan di Gedung BappeprovJatim, Kamis (6/11).

​Sebagai ketua yang baru dilantik Ny Hj Fatma Saifullah Yusuf mengatakan, setengah dari jumlah penduduk di Jatim adalah kaum perempuan. Jumlah penduduk perempuan yang sangat besar ini apabila digarap dengan baik akan menjadi potensi yang sangat besar khususnya untuk mengembangkan bibit olah raga bagi kaum wanita dan anak-anak.

​Isteri Wakil Gubernur Jatim ini mengajak Pengprov dan pengurus Perwosi Kab/ Kota se Jatim untuk bekerja sama, berkoordinasi, bahu membahu membantu dan membimbing para wanita dalam meningkatkan kecintaan berolah raga, memasyarakatkan olah raga, serta mengolahragakan masyarakat, khususnya kaum wanita dan anak-anak perempuan.

​Supaya perempuan cinta olah raga, maka pengurus perwosi harus dapat mengajak masyarakat luas membiasakan diri berolah raga, terutama yang sifatnya fundan menyehatkan. “Marilah kita mulai dari diri sendiri membuat agenda kegiatan olah raga yang rutin bersama keluarga, lalu mengajak teman, tetangga, berkembang ke masyarakat mengadakan senam pagi, jalan sehat/ bersepeda  bersama. Hal itu tentu selain membuat badan sehat dan bugar dapat menjadi  pribadi yang sehat baik jasmani maupun rohani,” ajaknya.

Sementara itu Gus Ipul mengatakan,, olah raga sangat penting kaitannya dengan hidup sehat. Dalam program Kementerian kesehatan masuk dalam program promotif dan preventif. Hal ini kalau dilakukan jauh lebih baik daripada kuratif, karena kalau sudah sakit biayanya lebih mahal. Maka, diharapkan Perwosi membantu pemerintah untuk ikut dalam kegiatan promotif dan preventif.

​Perwosi dengan segala keterbatasannya tetap semangatmelakukan pengabdian dengan ikhlas. Karena Perwosi tidak sendirian, merupakan bagian dari berbagai institusi yang terlibat dalam bidang keolahragaan, termasuk KONI. “Terus lakukan hal-hal yang bisa dilakukan, termasuk menyadarkan suaminya supaya senang berolah raga. Selain itu, Perwosi bisa memanfaatkan moment car freeday untuk melakukan kegiatannya,” tambahnya.

​ Ketua Umum PP. Perwosi Ny Devi Luhut Panjaitanmengatakan, perwosi tidak membina atlet, tapi sebetulnya memberi semangat pada ibu-ibu dan anak-anak perempuan untuk menjadi mencintai olah raga dan melakukan kegiatan olah raga, juga  mendorong supaya ibu-ibu rajin berolah raga. Hal itu dimaksudkan bila ibu-ibu sehat, suaminya sehat, anak-anak juga sehat, maka itulah yang bisa disumbangkan kepada negara.

​Olah raga tidak hanya untuk orang yang bertubuh sehat, tapi juga bagi para difable. Emmang olah raga satu-satunya wadah yang dapat mempersatukan semua bangsa, suku, tanpa melihat agama apapun, bahkan dari negeri manapun.

​Kedepan, program perwosi ingin menggabungkan budaya dengan olah raga. Ternyata di Indonesia hampir semua kegiatan menari mengandung nilai olah raga aerobic. Hal ini bisa menajdi suatu ide/ gagasan untuk menggerakkan ibu-ibu di daerah untuk melakukan tarian yang juga merupakan olah raga bagi kaum perempuan. Karena banyak perempuan tidak suka berolah raga tapi suka menari. Maka, tarian itu sudah menyehatkan dan mempunyai nilai aerobic.

​Perwosi juga harus mewaspadi bahaya obesitas. Oleh karena itu PP Perwosi menciptakan senam kebugaran untuk anak Indonesia, sekarang sedang digodog oleh tiga dokter olah raga dan ahli gizi. “Banyak yang bisa dilakukan ibu-ibu pengurus Perwosi untuk masyarakat, sekecil apapun yang kita lakukan sudah mempengaruhi masyarakat sekitar untuk menjadi lebih sehat. Dan itulah yang dapat disumbangkan kepada negara tercinta,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu hadir Dra Hj Nina Soekarwo, Msi selaku Pelindung Pengprov Perwosi Jatim, Pengurus Kab/ Kota Perwosi se Jatim, Ketua Dharma Wanita Persatuan prov Jatim Ny Hj Chaerani Yuliati Akhmad Sukardi, S.Sos, Kepala Dispora Prov Jatim Sugeng Riyono, Wakil Ketua PP Perwosi, dan lain-lain. (eri)