29/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Penghargaan WISE Prize for Education 2014 Dianugerahkan kepada Ann Cotton

2014_wise_prize_for_education_sliderDoha, Qatar, KabarGress.Com – Ann Cotton, OBE, Pendiri dan Ketua Campaign for Female Education (Camfed), dinobatkan sebagai pemenang WISE Prize for Education untuk tahun 2014. Ann Cotton mempelopori sebuah model yang telah diakui secara internasional untuk pendidikan anak perempuan, di mana hal ini telah menempatkan pendidikan sebagai jantung pembangunan di Afrika.

WISE Prize for Education disampaikan oleh Yang Mulia Sheikha Moza binti Nasser, Ketua Qatar Foundation, pada saat Pembukaan Plenary Session KTT World Innovation Summit for Education (WISE) ke-enam di Doha, Qatar, yang dihadiri oleh lebih dari 1.500 ahli di berbagai bidang dan berasal dari sekitar 100 negara di dunia.

“Dengan mengenali dedikasi pelopor pendidikan yang murni dan menampilkan inovasi mereka, tujuan untuk WISE Prize for Education adalah untuk meningkatkan status pendidikan secara global. Para pemenang penghargaan WISE Prize for Education adalah contoh dari apa yang dapat diwujudkan. Dengan merayakan prestasi mereka, kami berharap dapat memberi inspirasi jutaan entrepreneur sosial, penggerak dan inovator dibidang pendidikan yang memberikan solusi yang mulai dari satu anak, satu desa dan satu kota, “kata Yang Mulia Sheikha Moza binti Nasser.

Selama lebih dari dua dekade, Ann Cotton telah menfokuskan diri pada peningkatan kesempatan bagi anak-anak yang berada di garis bawah pendidikan. Komitmen Ann Cotton kepada pendidikan anak perempuan di kawasan sub-Sahara Afrika mulai pada tahun 1991, ketika dia menyadari bahwa kemiskinan, dibandingkan dengan hambatan budaya, adalah alasan utama rendahnya tingkat pendaftaran sekolah anak perempuan di daerah pedesaan.

Ann Cotton memahami bahwa jika anak perempuan dapat dididik dengan dukungan dari komunitas mereka, mereka bisa diberdayakan untuk membentuk masa depan mereka sendiri dan membantu mengangkat komunitas mereka keluar dari kemiskinan.

Pada tahun 1993, Ann Cotton mendirikan Camfed untuk memberikan dukungan finansial, sosial dan struktural bagi anak perempuan mulai dari sekolah dasar hingga menengah, perguruan tinggi dan seterusnya, serta pelatihan ICT, kesehatan dan bisnis untuk wanita muda. Pendekatan organisasi yang unik dan holistik mematahkan lingkaran setan dari kemiskinan, pernikahan anak, tingkat kelahiran yang tinggi dan tingginya tingkat penularan HIV/AIDS melalui kemitraan yang erat dengan semua konstituen yang memiliki kewenangan atas pendidikan dan pilihan hidup seorang gadis.

Salah satu hasil yang paling efektif dan inovatif dari kegiatan Camfed adalah Cama, sebuah jaringan lulusan Camfed yang unik dari seluruh kawasan pan-Afrika yang memiliki anggota sebanyak 24.436 orang, dimana sebagian besar dari mereka memilih untuk mendidik dan menjadi mentor bagi generasi baru dari siswa Camfed. Hasil dari program pendidikan inovatif Camfed ini telah memberi manfaat kepada lebih dari 3 juta anak di Zimbabwe, Zambia, Ghana, Tanzania, dan Malawi, serta telah diterapkan di 5.085 sekolah mitra di 115 pedesaan. WISE Prize for Education didirikan pada tahun 2011 untuk meningkatkan status pendidikan dengan memberikan kehormatan yang sama dengan bidang-bidang lain dimana penghargaan internasional telah ada, seperti sastra, perdamaian, dan ekonomi. Para pemenang penghargaaan WISE Prize for Education menerima penghargaan sebesar US$ 500.000 dan medali emas yang dicetak secara khusus.

Saat memberikan ucapan selamat kepada pemenang WISE Prize for Education tahun 2014, Yang Mulia Sheikh Abdulla bin Ali Al-Thani, Ph.D., Ketua WISE, mengatakan, “Ann Cotton telah mendedikasikan hidupnya untuk meningkatkan pendidikan anak perempuan dan pemberdayaan perempuan muda di kawasan sub-Sahara Afrika. Dia telah menciptakan model pendidikan yang sukses dan tidak hanya menguntungkan jutaan anak-anak dari daerah yang paling miskin tetapi juga akhirnya seluruh masyarakat “.

Ann Cotton mengatakan,”Saya merasa terhormat untuk bergabung dengan para inovator di bidang pendidikan seperti Vicky Colbert, Dr. Madhav Chavan, dan Sir Fazle Hasan Abed sebagai pemenang WISE Prize for Education keempat. Saya menerima penghargaan ini atas nama satu juta anak perempuan di mana Camfed berkomitmen untuk memberi dukungan terhadap pendidikan menengah dalam lima tahun ke depan – satu juta anak perempuan dimana kemiskinan telah merampas kepercayaan diri dan hak mereka, serta mereka yang belum tahu transformasi mengagumkan yang menanti mereka.” (ro)