03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Acara Tradisi Penerimaan dan Laporan Korps Pejabat Baru Kasdam V/Brawijaya

2. Pemasangan Badge Kodam V Brawijaya oleh PangdamSurabaya, KabarGress.Com – Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko pada hari Senin (03/11) menerima pejabat baru Brigadir Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.DA sebagai Kasdam V/Brawijaya bertempat di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya.

Pada acara sebelumnya Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Asma’i telah melaksanakan sertijab Selasa (30/9), Brigjend TNI Asma’i yang sekarang telah berpangkat Mayjend TNI diberi kepercayaan Pimpinan Angkatan Darat menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kasad, Sedangkan untuk Brigadir Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.DA sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Presiden RI.

Pangdam dalam amanatnya mengatakan selaku Pangdam V/ Brawijaya dan atas nama seluruh warga Kodam V/Brawijaya mengucapkan selamat datang dan selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan untuk mengemban amanah tugas sebagai Kasdam V/Brawijaya. Sejalan dengan hal itu, mulai hari ini, secara resmi Brigadir Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.DA telah menjadi bagian dari Keluarga Besar Kodam V/Brawijaya.

Penting untuk dipahami bersama, acara tradisi ini dimaksudkan untuk terus menyegarkan pemahaman kita tentang hakekat dan makna pengabdian bagi setiap prajurit Brawijaya. Nama Brawijaya diambil dari dinasti pada masa kerajaan Majapahit yang telah berhasil mempersatukan wilayah nusantara dan menjadikan Majapahit sebagai kerajaan yang sangat disegani dimasanya.

Awalan Bra atau Bhre pada nama Brawijaya, mengandung arti Agung, suatu gelar kehormatan yang diberikan kepada seorang pemuda ksatria, pendiri (negara) kerajaan Majapahit bernama Wijaya. Hal itulah yang menjadi identitas prajurit Brawijaya, yang pada hakekatnya adalah sosok prajurit yang sikap dan cara bertindaknya dilandasi oleh nilai-nilai kejuangan, kepahlawanan dan keprajuritan dari raja Brawijaya yang luhur, patriotik serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Masih dalam amanatnya Pangdam menyampaikan bahwa kepribadian yang diwarisi dari semangat Brawijaya itu mendorong dan memberi inspirasi bagi setiap Prajurit Brawijaya untuk selalu memberikan yang terbaik bagi kepentingan rakyat.

Dengan dilandasi oleh rasa tanggung jawab dan kerelaan untuk berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, serta keyakinan yang kokoh atas keagungan dan kebesaran Tuhan YME, sebagaimana yang tercermin dalam kepribadian raja Brawijaya.

Atas dasar itulah, maka Kodam V/Brawijaya memiliki sesanti dan semboyan “Bhirawa Anoraga”. Sesanti dan semboyan yang mengandung arti Gagah Perkasa Tetapi Rendah Hati Diakhir amanatnya Jenderal Bintang Dua ini berharap makna dan isi dari sesanti inilah yang harus dapat kita amalkan pada pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sehari-hari. Saya percaya bahwa Brigadir Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.DA dan kita semua yang hadir disini memahami akan hakekat makna dan arti dari simbol perjuangan dan pesan moral yang menjadi landasan setiap prajurit Kodam V/Brawijaya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian kepada Negara, Bangsa dan tanah air tercinta. (eri)

Teks foto: Pemasangan Badge Kodam V/Brawijaya oleh Pangdam.