03/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Danrem 081/DSJ Ikut Latihan Renang Dasar Militer

Danrem 081-DSJ Ikut Latihan Renang Dasar MiliterMadiun, KabarGress.com – Dalam pelaksanaan minggu militer bulan Oktober 2014, Korem 081/DSJ melaksanakan latihan renang dasar militer yang merupakan salah satu materi dalam kegiatan minggu militer setiap bulan pada minggu terakhir, kegiatan tersebut wajib diikuti oleh seluruh Prajurit Korem 081/DSJ. Yang pelaksanaanya dilaksanakan di Kolam Renang Kosala Tirta Lanud Iswahjudi. Dalam kegiatan itu Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Czi M. Reza Utama juga melaksanakan latihan renang militer yang diikuti juga oleh para Kasi dan Pasi Rem 081/DSJ. Jum’at pagi (31/10).

Kegiatan renang dasar militer ini dilaksanakan untuk mengetahui dan menguji kemampuan serta ketangkasan renang dasar militer juga sebagai evaluasi secara individu bagi prajurit Korem 081/DSJ. Sebelum pelaksanaan renang terlebih dahulu diawali senam pemanasan ,kemudian masing-masing anggota diharuskan turun ke kolam renang, selanjutnya secara bergiliran melaksanakan renang Militer.

Dalam pengarahanya Komandan Korem menyampaikan bahwa Renang militer merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan bagi para prajurit yang harus dimiliki, dari tingkat dasar sampai tingkat lanjutan dan wajib mampu melaksanakan dengan gaya dada. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya memelihara dan meningkatkan kemampuan jasmani prajurit Korem 081/DSJ, terutama kemampuan renang militer.

Selain itu, renang militer juga merupakan salah satu Kegiatan yang terus ditingkatkan di satuan-satuan, Sehingga seluruh personil memiliki  keterampilan dan ketangkasan yang harus dimiliki karena hal tersebut merupakan tuntutan dan salah satu program kebijakan TNI AD dalam membentuk dan membina setiap prajurit, dengan tujuan agar tetap memiliki kemampuan dasar militer  agar terampil dalam gerakan militer dasar. Sasaran yang diharapkan dari latihan renang militer adalah diperolehnya keterampilan renang militer secara individu dalam rangka mendukung tugas pokok TNI pada umumnya dan renang militer juga  merupakan salah satu persyaratan bagi prajurit untuk Kenaikan Pangkat (UKP) serta untuk mengikuti seleksi segala macam Pendidikan Pengembangan Umum. (eri)