22/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul: Seluruh Rakyat Jatim Harus Sehat

Gus IpulSurabaya, KabarGress.com – “Saya ingin seluruh rakyat Jatim harus sehat. Saya ingin seluruh  rakyat  Jatim, siapapun tanpa terkecuali, kalau sakit tidak perlu lagi memikirkan biaya. Tidak ada gunanya orang yang sukses tapi sakit-sakitan,”. Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Gus Ipul ketika membuka pameran kesehatan di Jatim yaitu East Java Healthy Festival 2014, di Atrium Grand City Mall Jl Walikota Mustadjab surabaya, Rabu (29/10).

Menurutnya, kesehatan bagi seluruh rakyat Jatimsangat penting, oleh karena itu seluruh masyarakat harus mendapatkan biaya pengobatan, maka BPJS merupakan revolusi pelayanan bidang kesehatan. Namun, dari Jumlah penduduk Jatim sebesar 39 juta jiwa, yang Penerima Bantuan Iuran Pemerintah sebanyak 14 juta jiwa lebih, masih sekitar 25 juta jiwa lebih yang belum tercover BPJS.

Pameran ini mendidik masyarakat agar mengetahui cara mendapatkan pelayanan kesehatan yang benar.Dijelaskan, tingkatan pelayanan kesehatan ada primer, sekunder dan tertier. “Maka kalau sakit yang ringan sepertu batuk pilek, jangan langsung ke RS Dr. Soetomo, supaya antrian tidak terlalu panjang

Gus Ipul minta para penyedia jasa layanan menerapkan pelayanan yang profesional, sehingga pasien dan keluarganya merasa yakin mendapatkan layanan yang terbaik.

“Saya bangga atas perkembangan rumah sakit di Jatim, dokter juga mau bekerja keras untuk meningkatkan ilmunya, berusaha memberikan masukan pemprov, sehingga keputusan kebijakan Jatim sesuai dengan harapan masyarakat,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Prov Jatim dr. Harsono mengatakan, Pameran kesehatan yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini untuk meningkatkan derajad kesehatan masyarakat dengan memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

“Informasi diberikan terus menerus agar masyarakat semakin mengetahui, mengerti dan mampu mengatasi kesehatan  yang dihadapinya. Memang, kegiatan preventif dan promotif menjadi pilar kegiatan kesehatan, namun  tidak menghindarkan kuratif dan rehabilitatif,” ujarnya.

Pameran berlangsung tgl 29 Oktober s/d 2 Nopember ini diikuti 44 institusi kesehatan, seperti rumah sakit, klinik medis, klinik kecantikan dan makanan kesehatan, alat kesehatan berbagai lembaga dan yayasan yang berbuhungan dengan kesehatan.

​Kegiatan ini diharapkan bermanfaat secara langsung bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis, seperti cek osteophorosis, cek gula darah, cektekanan darah, operasi bibir sumbing, pemeriksaan mata, pup smear, konsultasi dengan dokter spesialis. Selain itu juga ada acara Seminar “Kesehatan Reproduksi Remaja”,dance for life,  Lomba Stand Up Coemdy “Health & Laugh” .

Acara pembukaan dihadiri Ketua Dharma wanita Persatuan Provinsi Jatim Hj Chaerani Juliati Akhmad Sukardi, S.Sos, pengurus TP-PKK Provinsi Jatim, Kepala Dinkes Jatim, Kepala Perhimpunan rumah sakit se Indonesia (PERSI) daerah Jatim, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Prov Jatim. (eri)