14/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Mahasiswa Ubaya Ciptakan Alat Bantu Penderita Cerebral Palsy

Mahasiswa Ubaya Ciptakan Alat Bantu Penderita Cerebral PalsySurabaya, KabarGress.Com – Meningkatnya jumlah anak penyandang Cerebral Palsy di Indonesia 1-5 per 1000 jumlah kelahiran hidup setiap tahunnya menjadi keprihatinan tersendiri bagi Rido Satria Wijaya. Mahasiswa Desain Manajemen Produk Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya) ini mendesain produk alat bantu penunjang aktivitas dan terapi bagi anak penyandang Cerebral Palsy. Produk bernama Mobility Aid for Cerebral Palsy (Mai-CP) dirilis pada Selasa, 28 Oktober 2014 pukul 12.00-14.00 di Seminar Room Gedung International Village Lantai II Kampus II Ubaya Tenggilis Jalan Kalirungkut Surabaya. Hadir pula penderita Cerebral Palsy dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Fajar Harapan Surabaya sebagai user produk ini.

Cerebral Palsy merupakan suatu kelainan yang terjadi pada otak yang mengakibatkan kelainan pada fungsi gerak, bentuk tubuh dan koordinasi, psikologis dan kognitif sehingga mempengaruhi aktivitas seseorang. Umumnya, penderita mengalami kaku otot pada bagian tubuh tertentu sesuai dengan tingkat keparahannya. Selama ini, alat bantu untuk penderita Cerebral Palsy masih terbatas pada kursi roda. Kini, Mai-CP hadir dengan konsep desain easy and tough. Dengan ukuran 104 cm x 48 cm x 65 cm, anak penyandang Cerebral Palsy pada tingkat keparahan ringan dan sedang dapat terbantu aktivitasnya.

“Anak laki-laki mapun perempuan dapat menggunakan alat ini. Usianya dibatasi pada rentang 9-16 tahun dengan berat badan maksimal 60 kg,” ujar Rido.

Pengoperasian produk ini dilakukan dengan cara duduk dan berdiri. Dengan alat ini, penyandang Cerebral Palsy yang mengalami keterbatasan, terutama terbatas pada geraknya ketika beraktivitas dapat terbantu sehingga dapat berpindah tempat lebih mandiri.

“Namun penggunaan produk ini masih memerlukan pengawasan dan pendampingan orangtua. Karena bagaimanapun dukungan dan perhatian orangtua tetap menjadi kunci perkembangan anak,” sahut Rido menegaskan. (ro)